Gimana Memodifikasi File Hosts pada macOS

0
terminal_appli_carauntukcom3

Pengantar: Mengapa Mengedit File Hosts?

File hosts pada sebuah sistem operasi adalah file teks yang digunakan untuk memetakan nama host ke alamat IP. Ini memungkinkan pengguna untuk menguji server web secara lokal atau memblokir akses ke situs web tertentu dengan mengalihkan permintaan ke IP tertentu. Modifikasi file ini sangat berguna dalam banyak skenario, seperti pengembangan web, menghindari iklan, atau bahkan menguji situs sebelum DNS global terupdate.

Langkah-Langkah Mengedit File Hosts di macOS

Langkah 1: Membuka Terminal
Untuk memulai proses, Anda perlu membuka aplikasi Terminal. Anda dapat menemukannya dengan menggunakan Spotlight dengan mengetik “Terminal” atau melalui Finder di bawah folder Applications > Utilities.

Langkah 2: Menggunakan Nano untuk Mengedit File
File hosts terletak di /etc/hosts. Untuk mengedit file ini, gunakan editor teks yang disebut nano. Buka file dengan memasukkan perintah berikut di Terminal:

sudo nano /private/etc/hosts

Anda akan diminta memasukkan kata sandi administrator untuk melanjutkan.

Langkah 3: Menambahkan atau Mengubah Entri
Di dalam editor nano, Anda dapat menavigasi menggunakan arrow keys. Untuk menambahkan host baru, letakkan cursor di baris baru dan masukkan alamat IP yang diikuti oleh nama domain yang Anda inginkan untuk diarahkan ke IP tersebut. Misalnya:

102.54.94.97     contoh.com

Setelah selesai, simpan perubahan dengan menekan Control+O untuk menulis ulang ke file, tekan Enter untuk konfirmasi, dan Control+X untuk keluar dari editor.

Langkah 4: Membersihkan Cache DNS
Perubahan pada file hosts tidak akan efektif sampai cache DNS telah diperbarui. Di macOS, Anda dapat membersihkan cache DNS dengan perintah berikut di Terminal:

sudo killall -HUP mDNSResponder

Perintah ini akan mereset cache DNS dan memaksa sistem untuk membaca ulang file hosts yang telah diperbarui.

Tips Tambahan

  • Backup File Hosts: Sebelum melakukan perubahan, disarankan untuk membuat salinan file hosts asli. Anda dapat melakukannya dengan mengcopy file ke lokasi lain atau membuat duplikat dengan perintah:
  sudo cp /etc/hosts /etc/hosts.backup
  • Pemeliharaan: Jika Anda telah selesai menggunakan entri khusus di file hosts, disarankan untuk menghapus atau mengomentarikan baris tersebut untuk menghindari konflik jaringan di masa mendatang.

Kesimpulan

Memodifikasi file hosts pada macOS bisa sangat berguna untuk berbagai keperluan pengujian dan pemblokiran. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengelola cara sistem Anda menyelesaikan domain tertentu. Selalu pastikan untuk melakukan backup sebelum membuat perubahan dan bersihkan cache setelahnya untuk memastikan perubahan diterapkan dengan benar.

Sumber Tambahan

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi:

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments