Cara Setup CasaOS: Sistem Cloud Personal Anda di Rumah

0
casaos_dee1f011_carauntukcom3

Pengantar

CasaOS merupakan sistem cloud personal yang elegan dan mudah digunakan, dirancang untuk mengubah perangkat Linux menjadi server personal yang fungsional. Dengan antarmuka web intuitif, CasaOS memudahkan pengelolaan berbagai aplikasi berbasis Docker, memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi mereka dari jarak jauh dan melakukan pemeliharaan server.

Instalasi CasaOS

Instalasi CasaOS dapat dilakukan menggunakan skrip instalasi satu baris yang memeriksa kompatibilitas sistem dengan CasaOS sebelum memulai pengunduhan dan pemasangan perangkat lunak yang diperlukan. Untuk memulai instalasi, buka Terminal dan jalankan perintah berikut:

curl -fsSL https://get.casaos.io | sudo bash

Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat alamat untuk mengakses dashboard CasaOS Anda.

Akses Antarmuka Web CasaOS

Setelah instalasi, untuk mulai menggunakan instance CasaOS Anda, buka browser internet Anda dan masukkan alamat yang ditampilkan setelah instalasi selesai. Di layar selamat datang CasaOS, pilih “Go” dan masukkan username dan password yang Anda inginkan. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke dashboard CasaOS.

Instalasi Aplikasi

CasaOS menyediakan App Store di mana Anda dapat memilih dari berbagai aplikasi populer seperti Jellyfin, Pi-hole, dan Home Assistant. Jika aplikasi yang diinginkan tidak tersedia di toko, Anda dapat mengonfigurasi dan meluncurkannya secara manual menggunakan Docker.

imac_c8968c6e_carauntukcom3

Metode 1: Dari App Store

  1. Buka antarmuka web CasaOS.
  2. Di bawah “App”, pilih “App Store”.
  3. Cari dan pilih aplikasi yang ingin Anda instal.
  4. Jika ingin menginstal dengan konfigurasi default, klik “Install”.
  5. Setelah instalasi selesai, aplikasi akan muncul di bawah bagian “App” di dashboard.

Metode 2: Setup Manual

  1. Dalam App Store, klik “Custom install” di sudut kanan atas.
  2. Isi data yang diperlukan untuk aplikasi yang ingin Anda instal.
  3. Klik “Install”.

Konfigurasi Akses Jarak Jauh dengan Meshnet

Setelah menginstal aplikasi yang diinginkan, Anda dapat melanjutkan dengan pengaturan Meshnet untuk mengakses server dari jarak jauh. Pertama-tama, instal NordVPN di server CasaOS Anda melalui terminal web. Setelah NordVPN terinstal, log in dan aktifkan Meshnet dengan perintah berikut:

nordvpn set meshnet on

Setelah Meshnet diaktifkan, Anda dapat mengakses dan menggunakan instance CasaOS Anda dan aplikasi yang di-host dari perangkat jarak jauh dengan bantuan Meshnet. Cukup masukkan nama Nord server CasaOS Anda di browser untuk mulai menggunakan aplikasi yang di-host.

Konfigurasi Berbagi Folder

Aplikasi “Files” di CasaOS menyediakan antarmuka sederhana untuk mengonfigurasi dan mengakses berbagi jaringan Samba. Ini memungkinkan Anda membuat folder dapat diakses melalui jaringan atau terhubung ke folder yang dibagi oleh perangkat lain.

Kesimpulan

CasaOS menawarkan solusi yang efisien dan mudah digunakan untuk menjalankan aplikasi self-hosted di perangkat Linux Anda. Dengan antarmuka yang intuitif dan dukungan untuk akses jarak jauh melalui Meshnet, CasaOS memungkinkan penggunaan yang fleksibel dan kontrol yang lebih besar atas data dan aplikasi Anda.


Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi:


*Catatan: Saat post ini dibuat saya belum mencoba secara langsung jika kamu ada pertanyaan silakan kirim komentar dan kita akan coba bersama-sama untuk di update kembali nanti…

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments