Mulai dari Nol: Cara Menginstal Proxmox Backup Server pada Debian!

0
proxmox_carauntukcom3
Generator Image

Menginstal dan mengonfigurasi server bisa jadi rumit, tapi jangan khawatir! Saya akan membantu kamu melalui langkah-langkah manual untuk menginstal Proxmox Backup Server pada sistem Debian Bookworm. Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya.

Konfigurasi /etc/hosts

Pertama, kita perlu memastikan bahwa file /etc/hosts pada servermu terupdate dengan IP dan hostname yang benar. Ini penting agar sistem dapat mengenali host dan IP tanpa masalah.

sudo nano /etc/hosts

Tambahkan baris berikut ke dalam file /etc/hosts. Gantikan {{ 192.168.1.100 }} dengan IP servermu dan {{ vm_master }} dengan hostname dari servermu.

192.168.1.100 vm_master

Simpan dan tutup file tersebut.

Tambahkan Repositori Proxmox Backup Server

Langkah selanjutnya adalah menambahkan repositori Proxmox ke sistemmu. Ini akan memungkinkan kamu untuk menginstal dan memperbarui paket Proxmox dari sumber resmi mereka.

echo "deb [arch=amd64] http://download.proxmox.com/debian/pbs bookworm pbs-no-subscription" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/pbs-install-repo.list

Tambahkan Kunci Repositori

Setelah menambahkan repositori, kita perlu menambahkan kunci repositori ke sistem untuk memastikan keaslian paket yang akan kita instal.

wget http://download.proxmox.com/debian/proxmox-release-bookworm.gpg -O /etc/apt/trusted.gpg.d/proxmox-release-bookworm.gpg
sha512sum /etc/apt/trusted.gpg.d/proxmox-release-bookworm.gpg

Update dan Upgrade Sistem

Sebelum melanjutkan, update cache paket dan upgrade sistemmu untuk memastikan semua komponen sistem operasi sudah terbaru.

sudo apt update && sudo apt full-upgrade -y

Instalasi Proxmox Backup Server

Sekarang kita siap untuk menginstal Proxmox Backup Server dan beberapa paket tambahan yang diperlukan seperti postfix dan open-iscsi.

sudo apt install proxmox-backup-server postfix open-iscsi -y

Menghapus os-prober

Jika os-prober tidak diperlukan, kamu bisa menghapusnya. Ini bisa mencegah beberapa konflik potensial.

sudo apt remove os-prober -y

Reboot Sistem

Setelah semua instalasi selesai, lakukan reboot pada sistem untuk memastikan semua konfigurasi berjalan dengan benar.

sudo reboot

Menunggu Sistem Online

Setelah sistem reboot, tunggu hingga sistem kembali online. Ini akan memastikan bahwa servermu kembali aktif dan dapat diakses.

# Tidak ada command spesifik, ini hanya menunggu secara manual

Akses Web Interface

Setelah semuanya siap, kamu dapat mengakses web interface Proxmox Backup Server melalui browser.

URL: https://192.168.1.100:8007

Login menggunakan akun ‘root’ dan password yang sama dengan sistem Debian ini. Pastikan untuk mengamankan sistemmu dengan mengubah password default setelah masuk.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu seharusnya telah berhasil menginstal dan mengonfigurasi Proxmox Backup Server pada Debian Bookworm. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan konfigurasi keamanan sesuai kebutuhan untuk memastikan bahwa sistemmu berjalan aman dan efisien.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments