elqornie Kenapa Nabi Khidir boleh membunuh? – 2011/05/25 17:10
Assalamu^alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Semoga Habib sekeluarga dan seluruh jama^ah MR selalu dalam
limpahan rahmat Allah swt.
Habiby wa Mursyidy wa Murobby Ruuhy, bagaimana kabar Habib
sekarang? Saya baca di website bahwa Habib dirawat di RS. Jika doa
saya dikabulkan Allah, saya ingin Habib sehat terus dan
penyakitnya tidak pernah kambuh lagi agar Habib bisa selalu
berdakwah membimbing umat.
Maaf saya mau tanya bib mumpung ada quota:
1. Tentang kisah Nabi Khidir yg membunuh anak kecil karena
khawatir jika anak itu sudah besar akan menyeret orang tuanya
menjadi kafir. Saya yakin semua Nabi ma^sum dan tidak mempunyai
dosa, tapi kenapa Nabi Khidir boleh membunuh dan tidak ditegur
oleh Allah sebagaimana nabi-nabi yg lain ketika melakukan
kesalahan, tapi justru malah kisah pembunuhannya diabadikan dalam
Al-Quran? Apa hikmah yg dapat diambil dari kisah pembunuhan
tersebut ya Habib?
2. Ketika Isra Mi^raj, Nabi Saw diajak keliling surga dan neraka.
Disitu Nabi diperlihatkan kenikmatan-kenikmatan surga bagi yg
beriman dan juga siksaan neraka bagi yg kufur. Yang ingin saya
tanyakan, apakah saat Nabi Saw Mi^raj, aktifitas surga & neraka
sudah berlangsung, atau yang Nabi lihat hanyalah gambaran masa
depan umat beliau di akhirat nanti?
3. Dalam hadis disebutkan bahwa semua doa terhalang antara langit
dan bumi sampai dibacakan shalawat. Jika misalnya kita berdoa
sebelum makan tapi kita tidak membaca shalawat, apakah doa yg kita
baca juga terhalang?
4. Jika ada seorang habib yg alim, selepas majelis beliau meminta
kepada jamaah untuk jangan ada yg bersalaman (mungkin karena
beliau tidak ingin didesak-desak jamaah). Namun karena saking
cintanya kepada habib tersebut maka kita tetap menyerobot agar
bisa bersalaman dengan beliau, apakah kita termasuk su^ul adab
karena tidak menuruti perkataan habib tersebut? Menurut Habib, apa
yg sebaiknya kita lakukan sebagai jamaah habib tersebut?
5. Apa yg membedakan antara nadzar, ^azam, dan janji. Apakah hanya
sighatnya? Jika seseorang berkata: Setiap hari Jumat saya akan
bersedekah 50 ribu (tanpa menyebutkan saya bernadzar…..), apakah
hal itu sudah termasuk nadzar? Dan apakah nadzar boleh dibatalkan
dengan sengaja (misalnya karena terlalu berat) sehingga kita lebih
memilih melaksanakan kafarat puasa 3 hari daripada melaksanakan
nadzar tersebut?
6. Untuk poin yg terakhir ini khusus untuk nasehat bagi diri saya,
sampaikan apapun yg terbesit dalam hati Habib untuk saya.
Mungkin itu saja dulu pertanyaan saya, mohon maaf karena selalu
merepotkan Habib.
Jazakumullahu ahsanal jaza.
Wassalamu^alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Salam rindu
↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓
munzir Re:Kenapa Nabi Khidir boleh membunuh? – 2011/05/26 22:36
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,
kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari
hari anda,
Saudaraku yg kumuliakan,
terimakasih atas doanya, sungguh tiada hadiah lebih agung dari
doa, Rasul saw bersabda: Tiadalah seorang muslim berdoa untuk
saudara muslimnya kecuali malaikat berkata : amin dan bagimu
seperti doamu pada saudaramu (Shahih Muslim)
1. saudaraku, penjelasannya sudah dijawab oleh Nabi khidir as
sendiri kepada Nabi Musa as, pada QS Al Kahfi ayat 82, ……….,
tiada kuperbuat itu dg keputusanku, itulah makna perbuatanku yg
kau tidak sabar akannya”.
dijelaskan bahwa Rasul saw bersabda : Jika Musa as bersabar maka
ia akan mendapatkan 1000 pintu rahasia takdir.
maka ayat2 kejadian itu mengandung penjelasan bagi kita banyaknya
takdir yg tampaknya buruk tapi justru itu yg terbaiik, dan bukan
berarti Nabi Khidir as lebih mulia dari Nabi Musa as, namun nabi
Musa as diberitahu ada yg mengetahui takdir lebih banyak darinya.
namun walau jutaan takdir diketahui nabi Khidir as, tetap Nabi
Musa lebih mulia darinya disisi Allah swt.
2. djelaskan oleh para imam kita bahwa hal itu adalah tayangan
untuk masa mendatang, sebagaimana nabi saw menberitahu kelak
dihari kiamat akan begini, begitu, aku akan menjadi pemberi
syafaat dll, menunjukkan Nabi saw banyak diberitahu hal hal dimasa
mendatang
3. makna hadits tsb aamun makhsush, umum tapi ada pengecualiannya,
dan lebih mengarah pada ummat agar banyak bershalawat, dan jangan
sampai ummat beliau saw membenci shalkawat atau meremehkannya,
maka ia terancam hadits diatas.
4. karena saya sendiri merasakan itu, maka sebenarnya saya yg
ingin menyalami mereka, tapi kejadian menjadi sebaliknya, orang2
terlalu banyak berdesakan, maka keinginan saya berbalik, menjadi
risau orang tua terjepit, atau anak kecil terinjak, dlsb.
kalau pribadi saya terhadap Guru Mulia, saya melihat sikon, jika
beliau tidak sedang kelelahan, dan sedang ingin / mengizinkan
menyalami, beliau yg akan mengulurkan tangan beliau, maka tentu
siapa yg tak tergiur dg uluran tangan itu,
namun jika sudah berdesakan banyak orang maka baiknya mundur atau
terlihat wajah beliau sedang tak berkenan disalami, mungkin
terburu2 dll, maka kita mundur.
5. Nadzar adalah janji pada Allah, Azam adalah niat yg sudah mulai
dikerjakan, misalnya niat mabuk, tapi dibatalkan, maka ia mendapat
pahala karena membatalkan niat buruknya, namun jika niat mabuk,
lalu membeli miras, dan menggenggamnya, lalu membatalkannya, itu
^azam, jika dilakukan terkema dosa besar, seperti pembunuh yg
tidak bermaksud membunuh, namun saat berkelahi lawannya mati, maka
berbeda dengan mebunuh dg direncakana, dosa yg kedua lebih besar.
janji, lebih luas dari nadzar., karena janji bisa janji pada
makhluk, maka ia dinamakan janji, jika janji pada Allah swt, maka
hal itu nadzar.
nadzar boleh dg sengaja dibatalkan, yaitu dengan melakukan
penebusnya berupa memberi makan 10 orang .dan perhitungan bahan
pokoknya 1 mudd tiap orangnya, yaitu sekitar 1 liter kurang
sedikit (12 mudd = 1- liter)
jika tak mampu, maka puasa 3 hari, jika tak mampu, maka tak wajib
ditunaikan,
perbanyaklah wudhu, jika mampu jadikan sebagian besar hari anda
dalam keadaan suci, jikat tak mampu maka setiap hadats ke toilet
maka berwudhulah, dan sempurnakan dg doa doanya saat wudhu, dan
sesuadaj wudhu.
maka kesucian akan selalu terbit fihati dan godaan syaitan akan
menjadi lemah.
Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
semoga sukses dg segala cita cita,
salam rindu
Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah
Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓
sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=26336