Home forum.majelisrasulullah.org bagaimana hukumnya kalau suami pernah ucapkan kata cerai dengan emosi apakah sudah...

bagaimana hukumnya kalau suami pernah ucapkan kata cerai dengan emosi apakah sudah jatuh talak satu ?

- Advertisement -
Advertisements
Talak (cerai) – 2007/09/23 23:16Assalamualaikum Wr Wb
Saya mau tahu bagaimana hukumnya jika seorang suami mengucapkan kata cerai 1 kali, dan apa yg harus kita lakukan sebagai pasangan suami istri apabila setelah itu sisuami ingin minta maaf dan meralat kata-katanya. Juga bagaimana hukumnya dengan talak 2 dan 3 yg sudah terucapkan, saya juga ingin minta tolong dijelaskan, atas jawabannya diucapkan terima kasih.
Wassalam
I mah
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Talak (cerai) – 2007/09/24 07:32maaf habib munzir, pertanyaan saya kurang lengkap. yg ingin sy tanyakan bgmn hukumnya kalau suami pernah ucapkan kata cerai dgn emosi apakah sudah jatuh talak satu ? kalau sdh talak satu apakah harus pisah ranjang? kalau mau rujuk apa wajib melakukan nikah ulang lagi? terima kasih. Wassalam.
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Talak (cerai) – 2007/09/24 12:25Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

 

Cahaya Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

Saudariku yg kumuliakan,
kata "cerai", yg diucapkannya itu ia niatkan untuk apa kah?, sebab dalam syariah kita mengenal talak 1, talak 2, dan talak 3, kalau cerai maka umumnya yg dimaksud adalah firaq, yaitu perpisahan, yaitu talak 3,

nah, maka ditanyakan pada sang suami apakah ia saat mengucap cerai itu meniatkan talak 1 atau firaq (talak 3/percerian), jika niatnya cerai maka jadilah talak 3, jika maksudnya talak rujuk (talak 1 atau dua) maka ia bisa kembali lagi tanpa akad nikah baru.

jika sudah dimaksud talak tiga maka ia tak bisa kembali lagi dengan akad nikah atau dengan cara apapun kecuali sang istri telah menikah dg pria lain dan bersetubuh, lalu bercerai, lalu barulah bisa kembali padanya.

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Advertisements
//graizoah.com/afu.php?zoneid=3526959
Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Talak (cerai) – 2007/09/24 15:44Ass.Wr.Wb Habib, maaf habib saya jadi ganggu terus. ini menyambung pertanyaan saya ttg talak, sebenarnya ini adlh masalah adik ipar saya(istri) dia malu mo tanya sendiri jd dia minta tolong saya tanyakan kpd yg lebih tahu. asal mulanya dari kantor mereka satu kantor dgn saya, didepan mata saya mereka bercanda mulut lama kelamaan yg suami membuka aib istri didepan saya nah yg istri sdh memperingatkan bahwa itu dilarang oleh islam tp suami gak percaya / gak mau kalah, entah kenapa si istri akhirnya keceplosan bicara ya udah kita cerai aja. nah si suami rupanya gak terima dgn kata2 istri jd dia balik emosi jg bicara begini ya udah kalau memang kita mo cerai pulang aja kamu sana maksudnya pulang ke periok rmh ortu yg istri. nah kalau menurut yg istri dia cuma bercanda bicara cerai tsb, yg suami kan gak pulang ke rumah krn masih ada kerjaan sih katanya. si istri berusaha utk suaminya memaafkan jd si istri ngesms sm suaminya tp apa balasan dr suami katanya sih kata2nya menyakitkan dan menusuk hati. si istri bingung apa yg hrs dia lakukan? apakah dia hrs pulang ke rmh ortunya sesuai kata suaminya ataukah apa yg hrs diperbuatnya? Tolong minta jalan keluarnya ya habib. Kalau menurut saya sbg kakak tertua memang mereka sdh sering bertengkar mulut gak ada yg mo kalah apalagi suaminya egoisnya tinggi sekali gak gampang menerima maaf apalagi dr istri, kalau istrinya bicara yg suami hanya diam membisu tanpa komentar apa2 pdhal kan istri jg butuh pendapat suami benar kan habib? yg namanya kita berumah tangga kan harus ada keterbukaan kejujuran kepercayaan dan saling bisa menerima pendapat / nasehat dr masing2 pasangan. Terima kasih Habib maaf panjang sekali pertanyaannya, Wassalam.
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Talak (cerai) – 2007/09/25 05:31Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

 

Cahaya Rahmat Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

Saudariku yg kumuliakan,
menurut pendapat saya maka suami itu tak niat cerai talak tiga, cuma marah saja, 

dalam menyelesaikan masalah ini agar istri menghubungi orang tuanya atau walinya yg menyambungkan dg keluarga suami, diselesaikan dg jelas, suami harus bertanggungjawab, kalau talak 1 maka nafkah masih dari suami, dan maskan (tempat tinggal) harus dari suami, kalau suami menyruhnya pulang maka kewajiban suami mengantarnya kerumah orang tuanya atau diatur kepulangannya, 

ini perlu penyelesaian dari fihak wali,agar suami tak semena mena.

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© https://carauntuk.com/bagaimana-hukumnya-kalau-suami-pernah-ucapkan-kata-cerai-dengan-emosi-apakah-sudah-jatuh-talak-satu

- Advertisement -
cu.adminhttp://carauntuk.com
Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe

Must Read

Etika aktivis – 2009/07/20

Forum Majelis RasulullahPUJILaje Etika aktivis - 2009/07/20 01:45 Alhamdulillah....sekian lama nunggu dapat juga. ASSALAMU ALAIKUM warahmatullahi wabarakatuh Habibana...
- Advertisement -

dua pilihan – 2009/07/20

Forum Majelis Rasulullahahmadputra dua pilihan - 2009/07/20 01:40 assalamualaikum wr. wb. maaf habibuna saya bertanya lagi, saya berkerja d...

Bisa melihat Jin –

Forum Majelis RasulullahDODYFIRDAUS Bisa melihat Jin - 2009/07/19 18:44 Assalamu ^alaikum Wr. Wb. Semoga rahmat Allah selalu tercurah kepada...

Apakah benar setiap Habib

Forum Majelis RasulullahDODYFIRDAUS Apakah benar setiap Habib adalah keturunan Rasulul - 2009/07/19 18:40 Assalamu ^alaikum Wr. Wb. Semoga...

Related News

Etika aktivis – 2009/07/20

Forum Majelis RasulullahPUJILaje Etika aktivis - 2009/07/20 01:45 Alhamdulillah....sekian lama nunggu dapat juga. ASSALAMU ALAIKUM warahmatullahi wabarakatuh Habibana...

dua pilihan – 2009/07/20

Forum Majelis Rasulullahahmadputra dua pilihan - 2009/07/20 01:40 assalamualaikum wr. wb. maaf habibuna saya bertanya lagi, saya berkerja d...

Bisa melihat Jin –

Forum Majelis RasulullahDODYFIRDAUS Bisa melihat Jin - 2009/07/19 18:44 Assalamu ^alaikum Wr. Wb. Semoga rahmat Allah selalu tercurah kepada...

Apakah benar setiap Habib

Forum Majelis RasulullahDODYFIRDAUS Apakah benar setiap Habib adalah keturunan Rasulul - 2009/07/19 18:40 Assalamu ^alaikum Wr. Wb. Semoga...

Bantuan Admin – 2009/07/19

Forum Majelis RasulullahFaqihAlMuqaddam Bantuan Admin - 2009/07/19 16:44 Assalaamualaikum Wr. Wb. Admin Yth.Mohon bantuannya...
- Advertisement -

46 COMMENTS

46
Leave a Reply

avatar
34 Comment threads
12 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
30 Comment authors
DenyimeyRestunur isnaani Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
dwi
Guest
dwi

assalamualaikum habib…saya mautanya ketika suami saya marah terhadap saya dgn masalah yg sepele tp dy selalu di besar2kan ,,,terlontar dr mulut dy dg ucapan perceraian.seperti: aku cereaikan kamu.aku cr pengganti kamu.apakah ucapan yg dilontarkan itu sah menurut agama?

trimakasih

abdul mohni
Guest
abdul mohni

Assalamualaikum,Wr,Wb Habib Mohon Maaf saya mau bertanya tentang Talak. saya dengan istri kemaren bertengkar mulut…..samapi akhirnya istri saya bertanya kepada saya bagaimana kalau kita pisah dengan baik2 saja. saya kaget dengan kata2 istri saya itu……saya milih membisau tidak mnjawab dengan maksud agar saya tidak samapai mngatakan kata cerai dan berusaha mendinginkan pikiran. akan tetapi belum sampai dingin pikiran saya besoknya saya bertengkar lagi dengan istri saya dean saya sangat emosi sampai saya melontarkan kata2 kita cerai….waku itu istri mngatakan talak 3….dan saya tanpa mengerti arti kata talak 3 dengan emosi saya mnjawab “ya”. padahal saya tidak tahu apa arti talak… Read more »

pypy
Guest
pypy

assalamualaikum…
maaf mau bertanya,misal sang istri smsn dengan seorang lelaki mesra dan istri stiap kali d tanya suami marah,suami pun emosi dan memukul nya dan menyuruh nya pulang karna lagi emosi,sang istri pun pulang,,suami minta maaf sampai memohon,sampai d rumah orang tua nya sang istri meminta cerai beberapa kali kata cerai dan sang suami tidak mau cerai…. bagaimana kah itu jalan kluar nya…….bagaimana hukum nya

rahma
Guest
rahma

Ass abi jika suami sudah 5x menalak saya apakah hukumnya haram untuk melakukan hubngan intim mohon di jelaskan harus seperti apa..

abi
Guest

Ass…..

juliana
Guest
juliana

Ass saya mau tanya habib apa kah suami yg sering mengucap kata pisah dan cerai sering diaucapkan,apa itu udah jatuh talak apa kita hrus pisah ranjang apa kita harus ngomong dengan baik2 ama suami kita habib apa bnr2 yg dia ucapkan itu pgn cerai ?
makasi habib wasalam

widi
Guest

asalam pak ustadz ,saya punya masalah dirumah tangga,istri saya sitiap marah selalu minta segah (minta diantarkan ke orang tuanya) trus pas suatu hari istri saya marah lagi trus saya ga tahan dengan ucapannya sampai2 saya mengucapkan pingin kumpul dua piah untuk mengantar ke inginan istri yang tiap kali marah pingin di segah,dan saya sampai keluar kata2 sekarang saya siap mengantan kamu ke orang tua kamu,trus istri saya ngomong kamu mau talak saya ? iya soalnya saya ga tahan dengan sikap kamu pingin pisah trus. gimana hukumnya kalau gitu : apabila sekarang istri minta maaf dan ingin merubah sikapnya,apakah harus ke… Read more »

Aldi
Guest
Aldi

Pak ustad saya mau tanya …apabila seorang suami mengucapkan kata cerai didalam hati tanpa sepengetahuan istri ..apa hukumnya..apakah talak itu sah atau tidak sah

ayu
Guest
ayu

Maaf pak ustaz.. saya mau tanya. Apa sih artinya talak segah.. saya kurang paham..

rijal
Guest
rijal

assala mualaikum saya mau tanya dlu saya pernah talak 1 sm istri sy tp dia gk mau talak satu mintanya talak 3 akhirnya sy ucapkan talak 3 tp di hati saya tetap satu atau 2,,tp kami sampai skrg masih kumpul seperti dl lg apakah km ini sdh jatuh talak 3,mohon bantuannya pak ustad,,wasalamualaikum..

fitria
Guest
fitria

Assalmualaikum.wr.wb
Saya seorang yg istri yg d talak 1 oleh suami yg sdang emosi.sya tinggal d rmh orang tsa saya.suami pun tinggal d rmh orang tuany.1minggu kmudian suami ngajak rujuk dan saya pun mau.suami sdh blg ke keluarga saya tp blm bcra ke keluargany.stiap saya mnt untuk bcara sm ibuny suami sya selalu blg blm saatny.
Yg ingin saya tanyakan
1.apakah sah rujuk kami
2.apakah orang tua laki2 hrs tau kami rujuk
3.apakah boleh stlh rujuk kmi tetep tinggal masing2 krn suami blm blg kepada ibuny
4.apa yg hrs sya lakukan apabila orangtua dan kluarga suami tdk menyetujui kami rujuk
Trma ksh atas jawabanny
Wassalamualaikum

nevy
Guest
nevy

Asalam mualaikum wr.wb maaf ustaz saya mau tanya ,saya ada pertengkaran sama suami saya tiba2 suami saya mau menyentuh saya tp saya menolak hingga suami saya bilang kmu mau cerai tanpa sadar saya bilang iya. Dan ke esokan harinya saya paksa dia untuk menulis surat cerai dan dia pun menulisnya atas nama dia mencerai kan di tulisannya nama saya tp surat itu hanya sampai di situ tidak di teruskan lg. Tiba2 kita adu mulut lg dan saya buat dia lebih emosi , sehingga dia bilang sekarang saya sudah tidak ragu lagi untuk menceraikan kmu.maaf ustaz saya mau tanya setelah peristiwa… Read more »

Aulia
Guest

Comment pak.. seandai nya suami tidak tau hukum nya mengucap kan kata cerai apa itu sah.. ketika suami tiba” marah trus mengata kan cerai.. antara sadar atau tidak.. tp saya sadar apa yang saya kata kan.. apa itu sah.. se ingat saya saya sudah mengatakan lebih dari 3 kali

riza
Guest
riza

Nama saya riza,saya bertengkar dgn suami dia sudah ber kali kali mengucapkan kata cerai . skrang sya tinggal d rmah org tua saya apa dan org tua saya pun sudah mengetahui hal ini jika kami ingin rujuk kembali bagai mna hukum nya

siti nur aliyah
Guest
siti nur aliyah

assalamualaikum habib, saya sti nur aliyah, saya mau tanya, suami saya sudah mengatakan talak satu dan dia sudah mengatakan hubungan kita cukup sampai sini saja, kalu memang mau rujuk kita nikah lagi, dan kami dalam keadaan sama sama ada di luar negri, jika suami berkata begitu apakah kita sudah sah bercerai, sedangkan sebelum suami mengatakan talak suami sempat menyetubuhi saya dulu tp dalam keadaan marah dan emosi. dan saya juga gak mau di ceraikan. Dan apakah boleh jika sya di kembalikan ke org tua saya melalui org tua suami saya, bukan suami saya sendiri yang mengembalikan saya, sedangkan saya juga… Read more »

tina
Guest
tina

Assallammuallaik wr wb .
Saya mau tanya habib bagaimana klo suami menggucap kan kata talak dengan keada’an marah dan saksi hxa satu orng dan yg mendengar it/saksi tdk berkenan jd saksi .ap hukum nya klo begtu habib? Mohon penjelasn nya . Sekian terimaks
Wassallam

Ami
Guest
Ami

Bagaimana cara log in nya.. ada yang mw saya tanyakan

Ami
Guest
Ami

Assalamualaikum … Habib saya mw tanya , saya dan suami baru menikah 3 bulan… Dan pada 2 minggu pertama sampai 1 bulan setengah kami sering bertengkar karna saya sering menolak dia untuk melayani kewajiban sebagai istri karena saya capek bekerja dan belum terbiasa melakukan hal itu sehingga saya serenig menolaknya…hingga pada akhirnya dia kesal dan marah tanpa sadar mengucapkan kata kita cerai saja kalo saya tidak bisa melayaninya apakah itu termsuk talak satu habib? Terus sampai sudah 4 kali tanpa sadar dan kesal dia berucap sepwrti itu tpi kata katanya tidak tegas habib… tapi setiap kali habis bertengkar dia langsung… Read more »

Ami
Guest
Ami

Assalamualaikum … Habib saya mw tanya , saya dan suami baru menikah 3 bulan… Dan pada 2 minggu pertama sampai 1 bulan setengah kami sering bertengkar karna saya sering menolak dia untuk melayani kewajiban sebagai istri karena saya capek bekerja dan belum terbiasa melakukan hal itu sehingga saya serenig menolaknya…hingga pada akhirnya dia kesal dan marah tanpa sadar mengucapkan kata kita cerai saja kalo saya tidak bisa melayaninya apakah itu termsuk talak satu habib? Terus sampai sudah 4 kali tanpa sadar dan kesal dia berucap sepwrti itu tpi kata katanya tidak tegas habib… tapi setiap kali habis bertengkar dia langsung… Read more »

kumala
Guest
kumala

Assalamualaikum

Saya mau tanya apa hukumx jika suami berkata cerai samapi 3x dengan keadaan marah

Lailatul alawiyah
Guest
Lailatul alawiyah

Assalamualaikum wr.wb
Saya mau bertanya, apakah hukum nya buat suami saya yang menyatakan kata cerai melalui sms ke saya dan orang tua saya?
Namun,beberapa hari kemudian suami saya mengajak saya berhubungan badan, dan mengatakan bahwa dia menyesal dengan perkataan nya. Pertanyaan saya:
1. Apakah talak tersebut sudah jatuh ?
2. Apa yang harus suami saya lakukan agar dapat bersama saya kembali seperti semula setelah kata cerai diucapkan?
3. Bagaimana sifat orang tua terhadap masalah ini? Karena cerita diatas suami saya juga sms org tua saya (mertua nya), apakah orang tua saya punya kewajiban untuk melarang saya kembali dengan suami saya?

Terima kasih
Wassalamu’alaikum wr.wb

Lailatul alawiyah
Guest
Lailatul alawiyah

Assalamualaikum wr.wb
Saya mau bertanya, apakah hukum nya buat suami saya yang menyatakan kata cerai melalui sms ke saya dan orang tua saya?
Namun,beberapa hari kemudian suami saya mengajak saya berhubungan badan, dan mengatakan bahwa dia menyesal dengan perkataan nya. Pertanyaan saya:
1. Apakah talak tersebut sudah jatuh ?
2. Apa yang harus suami saya lakukan agar dapat bersama saya kembali seperti semula setelah kata cerai diucapkan?
3. Bagaimana sifat orang tua terhadap masalah ini? Karena cerita diatas suami saya juga sms org tua saya (mertua nya), apakah orang tua saya punya kewajiban untuk melarang saya kembali dengan suami saya?
Terima kasih
Wassalamu’alaikum wr.wb

Ratna
Guest
Ratna

Assalamu’alaikum

Saya mau bertanya apakah jika seorang suami marah sampai menangis dan mengucapkan kalimat cerai berkali kali pada seorang istri karna kesalah pahaman suami yang mengira istrinya berselingkuh dengan pria lain apakah itu sudah jatuh talak??
Dan jika sudah apakah suami istri tersebut harus berpisah??
Dan jika ingin rujuk bagaimana habib adakah penjelasan untuk pertanyaan saya??

Wassalsmu’alaikum

rani
Guest
rani

Assalamu,alaikum

rani
Guest
rani

Assalamu,alaikum
saya mau bertanya seorang suami sering kali mengucap talak pada istrinya kalo lagi sedang brantem
trus suami meminta rujuk lagi kepada istrinya
dan kalo suami sedang marang lagi dia sllu mengucap kata cerai dan talak dengan tegas
apa kah masih boleh tnggl serumah??
mohon penjelasan nya???

waasala,mualaikum

siti
Guest
siti

Ass.astahfillahhal’azim,,,,saya seorang istri yg setiap berantem dihp/lewat sms sama suami slalu ditalak/cerai.tp klo udah pulang ketemu satu rumah seakan2 biasa saja,,minta diladenin selayak’y suami istri(suami sya merantau klo pulang sbln sekali).hukun’y bagai mana pak ust?
Mohon penjelasan’y..trimakasih

fira
Guest
fira

assalamuaykum wr.wb..
habib saya mau tanya, suatu waktu saya menemukan sms suami dengan wanita lain, saya curiga dan marah-marah, suami membantahnya bilang itu hanya sms biasa. saya marah2 dan suami naik pitam dia memukul dan bilang cerai.. tapi setelah itu dia bagai tersadar minta maaf karena memukul dan bilang terlalu bodoh kita bertengkar hanya karena orang lain dan bertanya bagaikan tersadar dia bilang apa td.. bagaimana ya habib.. ini bukan yang pertama nya suami berucap itu, tp selalu karena saya yang memancing kemarahan nya dengan tuduhan2 saya. suami bilang dia gak tahu apa yang disebutnya.. bagaimana ya habib.. mohon jawabannya

Mia
Guest
Mia

Assalamualaikum ustad , saya mau bertanya mengenai kata ucapan cerai .,jika seorang suami mengucapkan kata-kata jika kamu tidak nurut saya ceraikan kamu.apakah itu sudah termasuk jatuhnya talak 1( pertama )

ani
Guest
ani

bagaimana hukum nya jika suami bilang sebaiknya kita Berbercerai….
trus suami bilang ceraikan saya….
dan dia bilang lagi kalau kita cerai ak mints uang pengganti membatumu bikin rumah buat masa depan anakku

nur isna
Guest
nur isna

Assalamualaikum ustadz sya mau bertanya bgaimna hukumnya jika suami sdah berkata bahwa dia sdh bercerai dg istrinya ttapi istrinya tdaktahuu dan sang suami berkata cerai itu kpd orang lain apakah hukumnya jatuh mnjdi talak atau tidak

Restu
Guest
Restu

Assalamualaikum wr wb Pak ustadz saya mau tanya: 1. Apakah jika kita hanya mengucapkan satu kata yaitu “talak” kepada istri itu sudah jatuh talak? Tetapi maksud sebenarnya bukan untuk mentalak istri, sebagai contoh jika seorang suami sedang menjelaskan maksud dari ayat yang terdapat di dalam al quran seperti “ayat ini sedang menjelaskan talak”, di dalam kalimat tersebut terdapat kata “talak”, apakah pada saat itu talak sudah jatuh kepada istri?, jika iya, lalu bagaimana cara yang baik untuk menjelaskan mengenai masalah talak kepada istri? Ataukah talak jatuh kepada istri jika suami mengatakan kalimat yang jika di artikan tidak lain dan tidak… Read more »

imey
Guest
imey

Pak ustadz saya mw tanya. Jika seorang suami mengucapkan kata cerai 1 kali kpda istrinya saat emosi nya yg sedang berlebihan atau memuncak, dn ucapannya itu secara spontan, serta tidak ada niat untuk bercerai, ia juga menyatakan masih keberatan jika berpisah dgn istrinya. Bagaimana hukumnya dan akibatnya ? Dan bagaimana jika ingin memperbaikinya lagi? Terimakasih

Deny
Guest
Deny

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh habib,saya ingin bertanya jika seorang istri berzina dan ahirnya sang suami mengucapkan cerai atau mengucapkan talak,apakah suami tsb harus rujuk karna istri benar benar minta maaf dan ingin bertobat. Jika ingin rujuk perlukah nikah kembali seperti prosesi pernikahan pada umumnya. Terima kasih.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh