hadiah pahala kepada si mati arsip 2008

0
         pencarian diatas.


   Helmi      hadiah pahala kepada si mati - 2008/02/08 23:19 Assalamualaikum ya habib.. ana
   Khawarizmi salah seorang pencinta MR dan habib.. ana orang awam yang keliru dengan
              pernyataan seorang ustaz dari singapura bernama rasul dahri. beliau menulis
              ini. ana harap dapat petunjuk dari habib berkenaan tuduhan2 yang ana rasa
              sangat biadap oleh orang yang menulis teks berikut.

              semoga habib dan keluarga serta pencinta MR sentiasa dilindungi allah swt.

              ----------------------------------------------------------------------------------------------------
              -----------

              MENGHADIAHKAN PAHALA BACAAN KEPADA SI MATI

              Jika dipertimbangkan mengikut logika akal, amalan membaca fatihah atau membaca
              ayat-ayat al-Quran kemudian menghadiahkan pahala bacaannya kepada si Mati
              (arwah), tentulah tidak ada salahnya, malah ia menggambarkan suatu perbuatan
              yang baik, bagus dan mulia. Begitu juga dengan membaca al-Quran dengan
              mengadakan kenduri arwah, tahlilan atau yasinan beramai-ramai atau
              berseorangan, sama ada yang dikhususkan di malam-malam tertentu, di hari-hari
              tertentu, di bulan-bulan tertentu atau di tempat-tempat tertentu seperti di
              atas kubur dan sebagainya, pastinya sekali pandang perbuatan ini adalah baik,
              malah menggambarkan pekerjaan terpuji kerana antara tujuannya ialah untuk
              menghapuskan dosa seseorang (roh orang mati) di samping mengirim pahala yang
              dibaca oleh orang yang ramai kepada si mati untuk mengurangkan penderitaannya.
              Namun, apabila dikembalikan kepada syara ia adalah perbuatan bid ah yang
              mungkar.

              Ada antara mereka (terutama pengemar kenduri arwah, yasinan, tahlilan dan
              selamatan) berhujjahkan hadis berikut untuk membolehkan membaca surah Yasin
              sama ada untuk menghapuskan dosa si Mati atau mengirim pahala bacaan tersebut
              kepada si Mati:

              مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ اَوْ اَحَدِهِمَا يَوْمَ الْجُمْعَةِ فَقَرَاَ يَس ، غُفِرَ لَهُ .

               Barangsiapa yang menziarahi kubur orang tuanya atau salah seorang dari
              keduanya pada hari Jumaat, kemudian membacakan surah Yasin, maka akan
              diampunkan dosanya".

              Hadis di atas ini adalah hadis batil, palsu atau tidak ada asal usulnya.
              Terdapat di dalam sanadnya seorang yang bernama 'Amar yang dikenali sebagai
              pemalsu hadis dan banyak meriwayatkan hadis-hadis yang batil. Imam Daraqutni
              rahimahullah berkata tentang 'Amar: "Amar adalah seorang pemalsu hadis". 4 [1]

              Terdapat beberapa ulama yang sezaman dengan Imam Syafie yang telah mengharamkan
              kenduri arwah, salah seorang dari mereka ialah sahabat Imam Syafie bernama Imam
              Muzani rahimahullah, beliau menolak pendapat mereka yang membolehkan kenduri
              arwah, malah beliau telah menfatwakan tentang pengharaman mengirim
              (menghadiahkan) pahala dari bacaan al-Quran untuk menyelamatkan orang mati
              sebagaimana yang diamalkan dalam majlis kenduri arwah, beliau berkata:

              فَاَعْلَمَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِثْلَ مَا اَعْلَمَ اللهُ مِنْ اَنَّ جِنَايَةَ كُلِّ امْرِئٍ عَلَيْهِ
              كَمَا اَنَّ عَمَلُهُ لَهُ لاَ لِغَيْرِهِ وَلاَ عَلَيْهِ.

              "Rasulullah sallallahu 'alaihi wa-sallam telah memberi tahu sebagaimana Allah
              memberi tahu: Bahawa dosa tiap-tiap orang adalah buat kecelakaan dirinya
              sendiri sebagaimana amalannya itu buat kebaikan dirinya sendiri bukan untuk
              kecelakaan orang lain".5 [1]

              Terdapat juga segolongan mereka yang berhujjahkan fatwa Syeikhul Islam Imam Ibn
              Taimiyah rahimahullah yang pernah membolehkan perbuatan mereka yang
              menghadiahkan pahala bacaan al-Quran kepada orang yang telah mati, tetapi pada
              kenyataannya Syeikhul Islam Ibn Taimiyah telah ruju  (menarik balik dan
              membatalkan fatwa beliau), yang mana beliau telah menegaskan:

               Bahawa bukan menjadi suatu kebiasaan bagi para Salaf as-Soleh apabila mereka
              mengerjakan solat-solat sunnah, berpuasa, haji dan membaca al-Quran lalu
              pahalanya dihadiahkan kepada orang yang telah mati 

              Penarikan semula Syeikhul Islam Ibn Taimiyah terhadap fatwa beliau yang pada
              asalnya membolehkan (menghadiahkan pahala bacaan al-Quran kepada si Mati)
              kemudian mengharamkannya, ianya boleh ditemui di dalam kitab Ali Abdul al-Kafi
              as-Subki  Takmilatul Majmu  - شرح مهذب تكملة المجموع jld. 10 hlm. 417.

              Di dalam kitab(الخازن الجمل) juz. 4 hlm. 236 dan di dalam kitab  Syarah Muslim 
              juz 1 hlm. 90. Imam an-Nawawi rahimahullah telah menjelaskan pendapat Imam
              as-Syafie tentang perbuatan yang diamalkan dalam majlis kenduri arwah iaitu
              pengiriman pahala kepada orang mati. Beliau berkata:

              وَاَمَّا قِرَاءَ ةُ الْقُرْآنِ فَالْمَشْهُوْرُ مِنْ مَذْهَبِ الشَّافِعِى اَنَّهُ لاَ تَصِلُ ثَوَابُهَا اِلَى الْمَيِّتِ.

               Adapun bacaan al-Quran maka yang masyhur dikalangan mazhab Syafie bahawa tidak
              sampai pahala bacaan yang dikirim kepada orang yang telah mati .

              Sekali lagi Imam an-Nawawi rahimahullah menjelaskan dalam kitab السبكي - تكملة
              المجموع ، شرح مهذب juz 10 hlm. 426 bahawa:

              وَاَمَّا قِرَاءَ ةُ الْقُرْآنِ وَجَعَلَ ثَوَابَهَا لِلْمَيِّتِ وَالصَّلاَةُ عَنْهُ وَنَحْوَهَا فَذَهَبَ الشَّافِعِي وَالجُمْهُوْرُ
              اَنَّهَا لاَ تَلْحَقُ الْمَيِّتَ ، وَكَرَّرَ ذَلِكَ فِى عِدَّةِ مَوَاضِعِ فِى شَرْحِ مُسْلِمِ.

               Adapun pembacaan al-Quran dan menghadiahkan pahalanya kepada orang mati,
              membayar solatnya dan sebagainya, maka menurut Imam Syafie dan jumhur ulama
              Syafie adalah tidak sampai kepada si Mati. Penjelasan seperti ini telah
              diulang-ulang (oleh Imam Muslim) dalam kitab syarah Muslim .

              Di dalam kitab الفتاوى الكبرى الفقهية Syeikh al-Haitami rahimahullah juga telah
              menjelaskan:

              اَلْمَيِّتُ لاَيُقْرَاُ عَلَى مَااَطْلَقَهُ الْمُتَقَدِّمُوْنَ مِنْ اَنَّ الْقِرَاءَ ةَ لاَ تصِلُهُ اَي الْمَيِّتَ لاَنَّ ثَوَابَهَا
              لِلْقَارِئ وَالثَّوَابُ عَلَى عَمَلِ لاَيُنْقَلُ عَنْ عَامِلِ ذَلِكَ الْعَمَلِ ، قَالَ تَعَالَى {وَاَنْ لَيْسَ للاِنْسَانِ
              اِلاَّ مَاسَعَى}.

               Mayat tidak boleh dibacakan al-Quran sebagaimana keterangan yang ditetapkan
              oleh orang-orang terdahulu, bahawa bacaan al-Quran pahalanya tidak sampai
              kepada si Mati, lantaran pahala bacaan hanya untuk si Pembaca. Pahala amalan
              pula tidak boleh dipindah-pindahkan dari si Pembuat berdasarkan firman Allah Ta
               ala: Dan manusia tidak memperolehi pahala kecuali dari amalan yang
              dikerjakannya sendiri .

              Ada yang berpendapat bahawa ayat 39 di surah an-Najm ini telah dan dimansuhkan
              oleh ayat 21 di surah ath-Thur. Imam Syaukani rahimahullah menolak pendapat ini
              dan beliau berkata:

              Adapun makna dari ayat: (Seseorang tidak akan mendapat melainkan atas usahanya
              sendiri). Lafaz dalam ayat ini termasuk umum yang mukhasas, oleh itu tidak
              tepat kalau ada yang berkata bahawa ayat ini telah dimansuhkan dalam urusan
              ini, kerana yang khas tidak boleh memansuhkan lafaz umum, tetapi hanya sebagai
              takhsisnya sahaja. Maka apabila ada dalil lain yang boleh menentukan bahawa
              seseorang memperolehi manfaat dari amal orang lain, maka dalil itu sebagai
              takhsisnya bukan sebagai nasikh serperti ayat yang terdapat di surah ath-Thur:
              (Kami akan hubungkan dengan mereka itu anak cucu mereka) .

              Namun apabila dibuka secara ilmiyah ruang agama untuk membincangkan, mengkaji
              dan meneliti semula amalan yang diperkatakan di atas, terbukti ia terlalu
              bertentangan dengan syara, malah termasuk dalam amalan atau perbuatan yang
              ditegah, diharamkan dan bid'ah. Benarnya kenyataan ini dapat dibuktikan apabila
              kita memahami kesemua hujjah-hujjah dan dalil-dalil syara yang dikemukakan oleh
              para ulama dari kalangan mazhab Syafie.

              Walaupun ada pendapat yang menyangka bahawa persoalan kenduri arwah, yasinan,
              tahlilan dan selamatan ini tidak perlu diungkit dan dibangkitkan lagi kerana
              (kononnya) ia telah lama diselesaikan oleh para ulama, namun perlu diketahui
              bahawa yang telah diselesaikan oleh para ulama terutamanya Imam Syafie dan para
              ulama yang bermazhab Syafie ialah tentang pengharaman dan bid ahnya amalan
              tersebut bukan sebaliknya. Pembuktian kenyataan ini dapat difahami dan
              dibuktikan melalui beberapa fatwa Imam Syafie dan para ulama as-Syafieyah
              sebagaimana yang telah di nukil di dalam tulisan ini.

              [1]. Lihat: كتاب الموضوعات Juz 3. hlm. 239. Dan Lihat: اعانة

              الطالبين Juz. 2. Hlm. 146.

              [2]. Lihat: هامش الام للشافعي Juz. 7. Hlm. 269.

                             | | ==========

   munzir     Re:hadiah pahala kepada si mati - 2008/02/09 02:08 Alaikumsalam
              warahmatullah wabarakatuh,
    
              Limpahan kebahagiaan dan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah
              pada hari hari anda,

              Saudaraku yg kumuliakan,
              hal ini sudah pernah saya jawab di forum ini, berikut jawaban saya :

              Hal itu merupakan pendapat orang orang yg kalap dan gerasa gerusu
              tanpa ilmu, kok ribut sekali dengan urusan orang yg mau bersedekah
              pada muslimin?,

              عن عائشة أن رجلا أتى النبي صلى الله عليه وسلم فقال ثم يا رسول الله
              إن أمي افتلتت نفسها ولم توص وأظنها لو تكلمت تصدقت أفلها أجر إن تصدقت
              عنها قال نعم

              Dari Aisyah ra bahwa sungguh telah datang seorang lelaki pada nabi
              saw seraya berkata : Wahai Rasulullah, sungguh ibuku telah meninggal
              mendadak sebelum berwasiat, kukira bila ia sempat bicara mestilah ia
              akan bersedekah, bolehkah aku bersedekah atas namanya?, Rasul saw
              menjawab :  Boleh  (Shahih Muslim hadits no.1004).

              Berkata Al Hafidh Al Imam Nawawi rahimahullah :

              وفي هذا الحديث أن الصدقة عن الميت تنفع الميت ويصله ثوابها وهو كذلك
              باجماع العلماء وكذا أجمعوا على وصول الدعاء

               Dan dalam hadits ini (hadits riwayat shahih muslim diatas)
              menjelaskan bahwa shadaqah untuk mayit bermanfaat bagi mayit, dan
              pahalanya disampaikan pada mayyit, demikian pula menurut Ijma
              (sepakat) para ulama, dan demikian pula mereka bersepakat atas
              sampainya doa doa  (syarh Imam Nawawi ala shahih muslim juz 7 hal
              90)

              Maka bila keluarga rumah duka menyediakan makanan dengan maksud
              bersedekah maka hal itu sunnah, apalagi bila diniatkan pahala
              sedekahnya untuk mayyit, demikian kebanyakan orang orang yg
              kematian, mereka menjamu tamu2 dengan sedekah yg pahalanya untuk si
              mayyit, maka hal ini sunnah.

              Lalu mana dalilnya yg mengharamkan makan dirumah duka?

              Mengenai ucapan para Imam itu, yg dimaksud adalah membuat jamuan
              khusus untuk mendatangkan tamu yg banyak, dan mereka tak
              mengharamkan itu :
              1. Ucapan Imam nawawi yg anda jelaskan itu, beliau mengatakannya
              tidak disukai (ghairu Mustahibbah), bukan haram, tapi orang wahabi
              mencapnya haram padahal Imam Nawawi mengatakan ghairu mustahibbah,
              berarti bukan hal yg dicintai, ini berarti hukumnya mubah, dan tidak
              sampai makruh apalagi haram, dan yg dimaksud adalah mengundang orang
              dengan mengadakan jamuan makanan, beda dengan tahlilan masa kini
              bukanlah jamuan makan, namun sekedar makanan ala kadarnya saja,
              bukan Jamuan, hal ini berbeda dalam syariah, jamuan adalah makan
              besar semacam pesta yg menyajikan bermacam makanan, ini tidak
              terjadi pada tahlilan manapun dimuka bumi, yg ada adalah sekedar
              besek atau sekantung kardus kecil berisi aqua dan kue kue atau nasi
              sederhana sekedar sedekah pada pengunjung, maka sedekah pada
              pengunjung hukumnya sunnah.

              2. Imam Ibnu Hajar Al Haitsamiy menjelaskan adalah :

              من جعل أهل الميت طعاما ليدعوا الناس إليه بدعة منكرة مكروهة

               mereka yg keluarga duka yg membuat makanan demi mengundang orang
              adalah hal Bid ah Munkarah yg makruh  (bukan haram)

              semoga anda mengerti bahasa, bahwa jauh beda dengan rumah duka yg
              menyuguhkan makanan untuk tamu yg mengucapkan bela sungkawa, jauh
              berbeda dengan membuat makanan demi mengundang orang agar datang, yg
              dilarang (Makruh) adalah membuat makanan untuk mengundang orang agar
              datang dan meramaikan rumah, lihat ucapan beliau, bid;ah buruk yg
              makruh.., bukan haram, jika haram maka ia akan menyebutnya : Bid ah
              munkarah muharramah, atau cukup dengan ucapan Bid ah mungkarah, maka
              itu sudah mengandung makna haram, tapi tambahan kalimat makruh,
              berarti memunculkan hukum sebagai penjelas bahwa hal itu bukan
              haram,

              Entahlah para wahabi itu bodoh dalam bahasa atau memang sengaja
              menyelewengkan makna, sebab keduanya sering mereka lakukan, yaitu
              bodoh atas syariah dan menyelewengkan makna.

              3. Ucapan Imam Ibnu Abidin Al-Hanafy menjelaskan  
              Ittikhadzuddhiyafah , ini maknanya  membuat perjamuan besar ,
              misalnya begini : Bupati menjadikan selamatan kemenangannya dalam
              pilkada dengan  Ittikhadzuddhiyafah  yaitu mengadakan perjamuan.
              Inilah yg dikatakan Makruh oleh Imam Ibn Abidin dan beliau tak
              mengatakannya haram, Inilah dangkalnya pemahaman orang orang wahabi
              yg membuat kebenaran diselewengkan.

              4. Imam Ad-Dasuqi Al-Maliki berkata berkumpulnya orang dalam
              hidangan makan makan dirumah mayit hukumnya Bid ah yg makruh. (Bukan
              haram tentunya), dan maksudnya pun sama dg ucapan diatas, yaitu
              mengumpulkan orang dengan jamuan makanan, namun beliau mengatakannya
              makruh, tidak sampai mengharamkannya.

              5. Syaikh An-Nawawi Al-Banteni rahimahullah menjelaskan adat
              istiadat baru berupa  Wahsyah  yaitu adat berkumpul dimalam pertama
              saat mayyit wafat dengan hidangan makanan macam macam, hal ini
              makruh, (bukan haram).

              dan mengenai ucapan secara keseluruhan, yg dimaksud makruh adalah
              sengaja membuat acara  jamuan makan  demi mengundang tamu tamu, ini
              yg ikhtilaf ulama antara mubah dan makruh, tapi kalau justru
              diniatkan sedekah dengan pahalanya untuk mayyit maka justru Nash
              Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diatas telah memperbolehkannya
              bahkan sunnah.

              Dan tentunya bila mereka (keluarga mayyit) meniatkan untuk sedekah
              yg pahalanya untuk mereka sendiripun maka tak ada pula yg
              memakruhkannya.

              Sebagaimana Rasul saw makan pula, karena asal dari pelarangan adalah
              memberatkan mayyit, namun masa kini bila anda hadir jenazah lalu
              mereka hidangkan makanan dan anda katakan haram (padahal hukumnya
              makruh) maka hal itu malah menghina dan membuat sedih keluarga yg
              wafat,

              lihat Akhlak Rasulullah saw, beliau tahu bahwa pembuatan makan makan
              di rumah duka adalah hal yg memberatkan keluarga duka, namun beliau
              mendatangi undangan istri almarhum dan makan bersama sahabatnya,
              kenapa?, tak mau mengecewakan keluarga duka, justru datang dan makan
              itu bila akan menghibur mereka maka perbuatlah!, itu sunnah Muhammad
              saw.

              Yg lebih baik adalah datang dan makan tanpa bermuka masam dan
              merengut sambil berkata haram..haram  dirumah duka (padahal makruh),
              tapi bawalah uang atau hadiah untuk membantu mereka.

              Sekali lagi saya jelaskan bahwa asal muasal pemakruhan adalah jika
              menyusahkan dan memberatkan mayyit, maka memberatkan dan menyusahkan
              mereka itulah yg makruh,

              dan pelarangan / pengharaman untuk tak menghidangkan makanan dirumah
              duka adalah menambah kesusahan keluargaduka, bagaimana tidak?, bila
              keluarga anda wafat lalu anda melihat orang banyak datang maka anda
              tak suguhkan apa2..?, datang dari Luar kota misalnya, dari bandara
              atau dari stasion luar kota datang dg lelah dan peluh demi hadir
              jenazah, lalu mereka dibiarkan tanpa seteguk airpun..???, tentunya
              hal ini sangat berat bagi mereka, dan akan sangat membuat mereka
              malu.

              Selama hal ini ada riwayat Rasul saw memakannya dan mendatangi
              undangan istri almarhum dan makan bersama sahabatnya, maka kita
              haram berfatwa mengharamkannya karena bertentangan dg sunnah Nabi
              saw, karena hal itu diperbuat oleh Rasul saw, namun kembali pada
              pokok permasalahan yaitu jangan memberatkan keluarga duka, bila
              memberatkannya maka makruh, dan jangan sok berfatwa bahwa hal itu
              haram.

              Akhir dari jawaban saya adalah : semestinya orang yg berhati suci
              dan menginginkan kebangkitan sunnah, mereka mengajak untuk
              bersedekah pada keluarga duka bila ada yg wafat di wilayahnya, namun
              sebagian dari kita ini bukan menghibur mereka yg kematian, malah
              mengangkat suara dg fatwa caci maki kepada muslimin yg ditimpa duka
              agar jangan memberi makan apa apa untuk tamunya, mereka sudah sedih
              dengan kematian maka ditambah harus bermuka tembok pula pada tamu
              tamunya tanpa menyuguhkan apapun, lalu fatwa makruh mereka rubah
              menjadi haram, jelas bertentangan dengan ucapan mereka sendiri yg
              berhujjah bahwa agama ini mudah, dan jangan dipersulit.

              Inilah dangkalnya pemahaman sebagian saudara saudara kita, mereka
              ribut mengharamkan hal hal yg makruh dan melupakan hal hal yg haram,
              yaitu menyakiti hati orang yg ditimpa duka.

              Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,
              maaf saya menjawab pertanyaan ini bukan diarahkan pada anda, namun
              pada mereka,

              mengenai ucapan Imam Nawawi itu makruh, mereka merubahnya menjadi
              haram, entah karena bodohnya atau karena liciknya, atau karena kedua
              duanya,

              demikian saudaraku yg kumuliakan,

              wallahu a'lam

              Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
              groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

              Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
              No rekening Majelis Rasulullah saw:
              Bank Syariah Mandiri
              Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
              No rek : 061-7121-494
              
                                  | | ==========

   munzir     Re:hadiah pahala kepada si mati - 2008/02/09 02:09 Dijelaskan bahwa
              yg dimaksud adat jahiliyyah ini adalah membuat jamuan besar, mereka
              menyembelih sapi atau kambing demi mengundang tamu setelah ada
              kematian, ini makruh hukumnya, namun beda dengan orang datang karena
              ingin menjenguk, lalu sohibulbait menyuguhi ala kadarnya, Bukan
              kebuli dan menyembelih kerbau, hanya besek sekedar hadiahan dan
              sedekah.

              baiklah jika sebagian saudara kita masih belum tenang dg riwayat
              shohibul Misykaat maka riwayat dibawah ini semoga dapat menenangkan
              mereka :

              dari Ahnaf bin Qeis ra berkata :  Ketika Umar ra ditusuk dan terluka
              parah, ia memerintahkan Shuhaib untuk membuat makanan untuk orang
              orang  (AL Hafidh Al Imam Ibn Hajar pd Mathalibul  Aliyah Juz 1 hal
              199 no.709, dan ia berkata sanadnya Hasan)

              dari Thaawus ra :  Sungguh mayyit tersulitkan di kubur selama 7
              hari, maka merupakan sebaiknya mereka memberi makan orang orang
              selama hari hari itu  (Diriwayatkan Oleh Al Hafidh Imam Ibn Hajar pd
              Mathalibul  Aliyah Juz 1 hal 199 dan berkata sanad nya Kuat)

              dan yg terbaik adalah membuat makanan dan jamuan untuk para tamu
              oleh tetangga, (bukan oleh keluarga mayyit), dan tidak ada larangan
              mengeluarkan dana biayanya dari harta keluarga mayyit karena tak ada
              larangannya, namun bukan keluarga mayyit yg memasak dan
              mengerjakannya, karena hal itulah yg makruh bagi mereka,

              mengenai pengadaan makanan dan jamuan makanan pada rumah duka telah
              kuat dalilnya sebagaimana sabda Rasul saw :  Buatlah untuk keluarga
              Jakfar makanan sungguh mereka telah ditimpa hal yg membuat mereka
              sibuk  (diriwayatkan oleh Al Imam Tirmidziy no.998 dg sanad hasan,
              dan di Shahih kan oleh Imam Hakim Juz 1/372)

              فلما احتضرعمر أمر صهيبا أن يصلي بالناس ثلاثة أيام ، وأمر أن يجعل
              للناس طعام فيطعموا حتى يستخلفوا إنسانا ، فلما رجعوا من الجنازة جئ
              بالطعام ووضعت الموائد ، فأمسك الناس عنها للحزن الذي هم فيه ، فقال
              العباس بن عبد المطلب : أيها الناس ! إن رسول الله صلى الله عليه وسلم
              قد مات فأكلنا بعده وشربنا ومات أبو بكر فأكلنا بعده وشربنا وإنه لابد
              من الاجل فكلوا من هذا الطعام ، ثم مد
              العباس يده فأكل ومد الناس أيديهم فأكلوا

              Ketika Umar ra terluka sebelum wafatnya, ia memerintahkan pada
              Shuhaib untuk memimpin shalat, dan memberi makan para tamu selama 3
              hari hingga mereka memilih seseorang, maka ketikan hidangan hidangan
              ditaruhkan, orang orang tak mau makan karena sedihnya, maka
              berkatalah Abbas bin Abdulmuttalib ra : Wahai hadirin.., sungguh
              telah wafat Rasulullah saw dan kita makan dan minum setelahnya, lalu
              wafat Abubakar ra dan kita makan dan minum sesudahnya, dan ajal itu
              adalah hal yg mesti, maka makanlah makanan ini..! , lalu beliau ra
              mengulurkan tangannya dan makan, maka orang orang pun mengulurkan
              tangannya masing masing dan makan.
              (Al fawaidussyahiir Li Abi Bakar Assyafii juz 1 hal 288, Kanzul
              ummaal fii sunanil aqwaal wal af al Juz 13 hal 309, Thabaqatul Kubra
              Li Ibn Sa d Juz 4 hal 29, Tarikh Dimasyq juz 26 hal 373, Al Makrifah
              wattaarikh Juz 1 hal 110)

              Kini saya ulas dengan kesimpulan :
              1. membuat jamuan untuk mengundang orang banyak dg masakan yg dibuat
              oleh keluarga mayyit hukumnya makruh, walaupun ada yg mengatakan
              haram namun Jumhur Imam dan Muhadditsin mengatakannya Makruh.

              2. membuat jamuan dengan niat sedekah hukumnya sunnah, tidak
              terkecuali ada kematian atau kelahiran atau apapun, juga hingga 7
              hari setelah wafatnya mayyit,

              3. membuat jamuan dengan tujuan sedekah dan pahalanya untuk mayyit
              hukumnya sunnah, sebagaimana riwayat Shahih Bukhari seorang wanita
              mengatakan pada Nabi saw bahwa ibuku wafat, dan apakah ibuku
              mendapat pahala bila aku bersedekah untuknya?, Rasul saw menjawab :
              Betul (Shahih Bukhari hadits no.1322), bukankah wanita ini
              mengeluarkan uangnya untuk bersedekah..?,

              4. menghidangkan makanan seadanya untuk tamu yg datang saat kematian
              adalah hal yg mubah, bukan makruh, misalnya sekedar teh, atau kopi
              sederhana.

              5. Sunnah Muakkadah bagi masyarakat dan keluarga tidak datang begitu
              saja dg tangan kosong, namun bawalah sesuatu, berupa buah, atau
              uang, atau makanan.

              6. makan makanan yg dihidangkan oleh mereka tidak haram, karena tak
              ada yg mengharamkannya, bahkan sebagaimana dalam Syarh Sunan Ibn
              Majah dijelaskan hal itu pernah dilakukan oleh Rasul saw,

              7. boleh saja jika keluarga mayyit membeli makanan dari luar atau
              ketring untuk menyambut tamu tamu, karena pelarangan akan hal itulah
              yg akan menyusahkan keluarga mayyit, yaitu memasak dan merepotkan
              mereka,

              Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
              groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

              Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
              No rekening Majelis Rasulullah saw:
              Bank Syariah Mandiri
              Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
              No rek : 061-7121-494
              
                                  | | ==========

   munzir     Re:hadiah pahala kepada si mati - 2008/02/09 02:10 Alaikumsalam
              warahmatullah wabarakatuh,
              Rahmat dan kesucian hari hari ramadhan semoga selalu menerangi hari
              hari anda,

              saudaraku yg kumuliakan,
              Pada hakikatnya majelis tahlil atau tahlilan adalah hanya nama atau
              sebutan untuk sebuah acara di dalam berdzikir dan berdoa atau
              bermunajat bersama. Yaitu berkumpulnya sejumlah orang untuk berdoa
              atau bermunajat kepada Allah SWT dengan cara membaca kalimat-kalimat
              thayyibah seperti tahmid, takbir, tahlil, tasbih, Asma ul husna,
              shalawat dan lain-lain.
              Maka sangat jelas bahwa majelis tahlil sama dengan majelis dzikir,
              hanya istilah atau namanya saja yang berbeda namun hakikatnya sama.
              Lalu bagaimana hukumnya mengadakan acara tahlilan atau dzikir dan
              berdoa bersama yang berkaitan dengan acara kematian untuk mendoakan
              dan memberikan hadiah pahala kepada orang yang telah meninggal dunia
              ? Dan apakah hal itu bermanfaat atau tersampaikan bagi si mayyit ?

              Menghadiahkan Fatihah, atau Yaasiin, atau dzikir, Tahlil, atau
              shadaqah, atau Qadha puasanya dan lain lain, itu semua sampai kepada
              Mayyit, dengan Nash yg Jelas dalam Shahih Muslim hadits no.1149,
              bahwa  seorang wanita bersedekah untuk Ibunya yg telah wafat dan
              diperbolehkan oleh Rasul saw , dan adapula riwayat Shahihain Bukhari
              dan Muslim bahwa  seorang sahabat menghajikan untuk Ibunya yg telah
              wafat , dan Rasulullah SAW pun menghadiahkan Sembelihan Beliau SAW
              saat Idul Adha untuk dirinya dan untuk ummatnya,  Wahai Allah
              terimalah sembelihan ini dari Muhammad dan keluarga Muhammad dan
              dari Ummat Muhammad  (Shahih Muslim hadits no.1967)

              dan hal ini (pengiriman amal untuk mayyit itu sampai kepada mayyit)
              merupakan Jumhur (kesepakatan) Ulama seluruh madzhab dan tak ada yg
              memungkirinya apalagi mengharamkannya, dan perselisihan pendapat
              hanya terdapat pada madzhab Imam Syafi i, bila si pembaca tak
              mengucapkan lafadz :  Kuhadiahkan , atau wahai Allah kuhadiahkan
              sedekah ini, atau dzikir ini, atau ayat ini.. , bila hal ini tidak
              disebutkan maka sebagian Ulama Syafi iy mengatakan pahalanya tak
              sampai.

              Jadi tak satupun ulama ikhtilaf dalam sampai atau tidaknya
              pengiriman amal untuk mayiit, tapi berikhtilaf adalah pd Lafadznya.
              Demikian pula Ibn Taimiyyah yg menyebutkan 21 hujjah (dua puluh satu
              dalil) tentang Intifa  min  amalilghair (mendapat manfaat dari amal
              selainnya). Mengenai ayat : "DAN TIADALAH BAGI SESEORANG KECUALI APA
              YG DIPERBUATNYA, maka Ibn Abbas ra menyatakan bahwa ayat ini telah
              mansukh dg ayat  DAN ORAN ORANG YG BERIMAN YG DIIKUTI KETURUNAN
              MEREKA DENGAN KEIMANAN ,

              Mengenai hadits yg mengatakan bahwa bila wafat keturunan adam, maka
              terputuslah amalnya terkecuali 3 (tiga), shadaqah Jariyah, Ilmu yg
              bermanfaat, dan anaknya yg berdoa untuknya, maka orang orang lain yg
              mengirim amal, dzikir dll untuknya ini jelas jelas bukanlah amal
              perbuatan si mayyit, karena Rasulullah SAW menjelaskan terputusnya
              amal si mayyit, bukan amal orang lain yg dihadiahkan untuk si
              mayyit, dan juga sebagai hujjah bahwa Allah memerintahkan di dalam
              Al Qur'an untuk mendoakan orang yg telah wafat : "WAHAI TUHAN KAMI
              AMPUNILAH DOSA-DOSA KAMI DAN BAGI SAUDARA-SAUDARA KAMI YG MENDAHULUI
              KAMI DALAM KEIMANAN", (QS Al Hasyr-10).

              Mengenai rangkuman tahlilan itu, tak satupun Ulama dan Imam Imam yg
              memungkirinya, siapa pula yg memungkiri muslimin berkumpul dan
              berdzikir?, hanya syaitan yg tak suka dengan dzikir.
              Didalam acara Tahlil itu terdapat ucapan Laa ilaah illallah, tasbih,
              shalawat, ayat qur an, dirangkai sedemikian rupa dalam satu paket dg
              tujuan agar semua orang awam bisa mengikutinya dengan mudah, ini
              sama saja dengan merangkum Al Qur an dalam disket atau CD, lalu
              ditambah pula bila ingin ayat Fulani, silahkan Klik awal ayat, bila
              anda ingin ayat azab, klik a, ayat rahmat klik b, maka ini semua
              dibuat buat untuk mempermudah muslimin terutama yg awam.
              Atau dikumpulkannya hadits Bukhari, Muslim, dan Kutubussittah, Alqur
               an dengan Tafsir Baghawi, Jalalain dan Ilmu Musthalah, Nahwu dll,
              dalam sebuah CD atau disket, atau sekumpulan kitab,

              bila mereka melarangnya maka mana dalilnya ?,

              munculkan satu dalil yg mengharamkan acara Tahlil?, (acara
              berkumpulnya muslimin untuk mendoakan yg wafat) tidak di Al Qur an,
              tidak pula di Hadits, tidak pula di Qaul Sahabat, tidak pula di
              kalam Imamulmadzahib, hanya mereka saja yg mengada ada dari
              kesempitan pemahamannya.

              Mengenai 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari, atau bahkan
              tiap hari, tak ada dalil yg melarangnya, itu adalah Bid ah hasanah
              yg sudah diperbolehkan oleh Rasulullah saw, justru kita perlu
              bertanya, ajaran muslimkah mereka yg melarang orang mengucapkan Laa
              ilaaha illallah?, siapa yg alergi dengan suara Laa ilaaha illallah
              kalau bukan Iblis dan pengikutnya ?, siapa yg membatasi orang
              mengucapkan Laa ilaaha illallah?, muslimkah?, semoga Allah memberi
              hidayah pada muslimin, tak ada larangan untuk menyebut Laa ilaaha
              illallah, tak pula ada larangan untuk melarang yg berdzikir pada
              hari ke 40, hari ke 100 atau kapanpun, pelarangan atas hal ini
              adalah kemungkaran yg nyata.

              Bila hal ini dikatakan merupakan adat orang hindu, maka bagaimana
              dengan computer, handphone, mikrofon, dan lainnya yg merupakan adat
              orang kafir, bahkan mimbar yg ada di masjid masjid pun adalah adat
              istiadat gereja, namun selama hal itu bermanfaat dan tak melanggar
              syariah maka boleh boleh saja mengikutinya, sebagaimana Rasul saw
              meniru adat yahudi yg berpuasa pada hari 10 muharram, (shahih
              Bukhari) bahwa Rasul saw menemukan orang yahudi puasa dihari 10
              muharram karena mereka tasyakkur atas selamatnya Musa as, dan Rasul
              saw bersabda : Kami lebih berhak dari kalian atas Musa as, lalu
              beliau saw memerintahkan muslimin agar berpuasa pula  (HR Shahih
              Bukhari hadits no.3726, 3727)

              Kita bisa melihat bagaimana para Huffadh dan para Imam imam mengirim
              hadiah pd Rasul saw :
                Berkata Imam Alhafidh Al Muhaddits Ali bin Almuwaffiq rahimahullah
              :  aku 60 kali melaksanakan haji dengan berjalan kaki, dan
              kuhadiahkan pahala dari itu 30 haji untuk Rasulullah saw .
                Berkata Al Imam Alhafidh Al Muhaddits Abul Abbas Muhammad bin
              Ishaq Atssaqafiy Assiraaj :  aku mengikuti Ali bin Almuwaffiq, aku
              lakukan 7X haji yg pahalanya untuk Rasulullah saw dan aku
              menyembelih Qurban 12.000 ekor untuk Rasulullah saw, dan aku
              khatamkan 12.000 kali khatam Alqur an untuk Rasulullah saw, dan
              kujadikan seluruh amalku untuk Rasulullah saw, ia adalah murid dari
              Imam Bukhari rahimahullah, dan ia memiliki 70 ribu masalah yg
              dijawab oleh Imam Malik, beliau lahir pada 218 H dan wafat pada 313H
                Berkata Al Imam Al Hafidh Abu Ishaq Almuzakkiy, aku mengikuti Abul
              Abbas dan aku haji pula 7X untuk rasulullah saw, dan aku
              mengkhatamkan Alqur an 700 kali khatam untuk Rasulullah saw. (Tarikh
              Baghdad Juz 12 hal 111).

              demikian saudaraku yg kumuliakan,

              Walillahittaufiq

              Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
              groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

              Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
              No rekening Majelis Rasulullah saw:
              Bank Syariah Mandiri
              Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
              No rek : 061-7121-494
              
                                  | | ==========

   munzir     Re:hadiah pahala kepada si mati - 2008/02/09 02:11 1. Ucapan Imam
              Nawawi dalam Syarah Nawawi Ala shahih Muslim Juz 1 hal 90
              menjelaskan :

              من أراد بر والديه فليتصدق عنهما فان الصدقة تصل الى الميت وينتفع بها
              بلا خلاف بين المسلمين وهذا هو الصواب وأما ما حكاه أقضى القضاة أبو
              الحسن الماوردى البصرى الفقيه
              الشافعى فى كتابه الحاوى عن بعض أصحاب الكلام من أن الميت لا يلحقه بعد
              موته ثواب فهو مذهب باطل قطعيا وخطأ بين مخالف لنصوص الكتاب والسنة
              واجماع الامة فلا التفات اليه ولا تعريج عليه وأما الصلاة والصوم فمذهب
              الشافعى وجماهير العلماء أنه لا يصل ثوابها الى الميت الا اذا كان
              الصوم واجبا على الميت فقضاه عنه وليه أو من أذن له الولي فان فيه
              قولين للشافعى أشهرهما عنه أنه لا يصلح وأصحهما ثم محققى متأخرى أصحابه
              أنه يصح وستأتى المسألة فى كتاب الصيام ان شاء الله تعالى
              وأما قراءة القرآن فالمشهور من مذهب الشافعى أنه لا يصل ثوابها الى
              الميت وقال بعض أصحابه يصل ثوابها الى الميت وذهب جماعات من العلماء
              الى أنه يصل الى الميت ثواب جميع العبادات من الصلاة والصوم والقراءة
              وغير ذلك وفى صحيح البخارى فى باب من مات وعليه نذر أن ابن عمر أمر من
              ماتت أمها وعليها صلاة أن تصلى عنها وحكى صاحب الحاوى عن عطاء بن أبى
              رباح واسحاق بن راهويه أنهما قالا بجواز الصلاة عن الميت وقال الشيخ
              أبو سعد عبد الله بن محمد بن هبة الله بن أبى عصرون من أصحابنا
              المتأخرين فى كتابه الانتصار الى اختيار هذا وقال الامام أبو محمد
              البغوى من أصحابنا فى كتابه التهذيب لا يبعد أن يطعم عن كل صلاة مد من
              طعام وكل هذه إذنه كمال ودليلهم القياس على الدعاء والصدقة والحج فانها
              تصل بالاجماع ودليل الشافعى وموافقيه قول الله تعالى وأن ليس للانسان
              الا ما سعى وقول النبى صلى الله عليه وسلم اذا مات ابن آدم انقطع عمله
              الا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له

              Berkata Imam Nawawi :  Barangsiapa yg ingin berbakti pada ayah
              ibunya maka ia boleh bersedekah atas nama mereka (kirim amal sedekah
              untuk mereka), dan sungguh pahala shadaqah itu sampai pada mayyit
              dan akan membawa manfaat atasnya tanpa ada ikhtilaf diantara
              muslimin, inilah pendapat terbaik, mengenai apa apa yg diceritakan
              pimpinan Qadhiy Abul Hasan Almawardiy Albashriy Alfaqiihi Assyafii
              mengenai ucapan beberapa Ahli Bicara (semacam wahabiy yg hanya bisa
              bicara tanpa ilmu) bahwa mayyit setelah wafatnya tak bisa menerima
              pahala, maka pemahaman ini Batil secara jelas dan kesalahan yg
              diperbuat oleh mereka yg mengingkari nash nash dari Alqur an dan
              Alhadits dan Ijma ummat ini, maka tak perlu ditolelir dan tak perlu
              diperdulikan.
              Namun mengenai pengiriman pahala shalat dan puasa, maka madzhab
              Syafii dan sebagian ulama mengatakannya tidak sampai kecuali shalat
              dan puasa yg wajib bagi mayyit, maka boleh di Qadha oleh wali nya
              atau orang lain yg diizinkan oleh walinya, maka dalam hal ini ada
              dua pendapat dalam Madzhab Syafii, yg lebih masyhur hal ini tak
              bisa, namun pendapat kedua yg lebih shahih mengatakan hal itu bisa,
              dan akan kuperjelas nanti di Bab Puasa Insya Allah Ta ala.

              Mengenai pahala Alqur an menurut pendapat yg masyhur dalam madzhab
              Syafii bahwa tak sampai pada mayyit, namun adapula pendapat dari
              sahabat sahabat Syafii yg mengatakannya sampai, dan sebagian besar
              ulama mengambil pendapat bahwa sampainya pahala semua macam ibadah,
              berupa shalat, puasa, bacaan Alqur an, ibadah dan yg lainnya,
              sebagaimana diriwayatkan dalam shahih Bukhari pada Bab :  
              Barangsiapa yg wafat dan atasnya nadzar  bahwa Ibn Umar
              memerintahkan seorang wanita yg wafat ibunya yg masih punya hutang
              shalat agar wanita itu membayar(meng qadha) shalatnya, dan
              dihikayatkan oleh Penulis kitab Al Hawiy, bahwa Atha bin Abi Ribah
              dan Ishaq bin Rahawayh bahwa mereka berdua mengatakan bolehnya
              shalat dikirim untuk mayyit,
              telah berkata Syeikh Abu Sa ad Abdullah bin Muhammad bin Hibatullah
              bin Abi Ishruun dari kalangan kita (berkata Imam nawawi dengan
              ucapan :  kalangan kita  maksudnya dari madzhab syafii) yg muta 
              akhir (dimasa Imam Nawawi) dalam kitabnya Al Intishar ilaa Ikhtiyar
              bahwa hal ini seperti ini. (sebagaimana pembahasan diatas), berkata
              Imam Abu Muhammad Al Baghawiy dari kalangan kita dalam kitabnya At
              Tahdzib : Tidak jauh bagi mereka untuk memberi satu Mudd untuk
              membayar satu shalat (shalat mayyit yg tertinggal) dan ini semua
              izinnya sempurna, dan dalil mereka adalah Qiyas atas Doa dan sedekah
              dan haji (sebagaimana riwayat hadist2 shahih) bahwa itu semua sampai
              dengan pendapat yg sepakat para ulama.
              Dan dalil Imam syafii adalah bahwa firman Allah :  dan tiadalah bagi
              setiap manusia kecuali amal perbuatannya sendiri  dan sabda Nabi saw
              :  Bila wafat keturunan adam maka terputus seluruh amalnya kecuali
              tiga, shadaqah Jariyah, atau ilmu yg bermanfaat, atau anak shalih yg
              mendoakannya . (Syarh Nawawi Ala Shahih Muslim Juz 1 hal 90)

              Maka jelaslah sudah bahwa Imam Nawawi menjelaskan dalam hal ini ada
              dua pendapat, dan yg lebih masyhur adalah yg mengatakan tak sampai,
              namun yg lebih shahih mengatakannya sampai,
              tentunya kita mesti memilih yg lebih shahih, bukan yg lebih masyhur,
              Imam nawawi menjelaskan bahwa yg shahih adalah yg mengatakan sampai,
              walaupun yg masyhur mengatakan tak sampai, berarti yg masyhur itu
              dhoif, dan yg shahih adalah yg mengatakan sampai.

              maka dari kesimpulannya Imam Nawawi menukil bahwa sebagian ulama
              syafii mengatakan semua pengiriman amal sampai.
              Inilah liciknya orang orang wahabi, mereka bersiasat dengan  gunting
              tambah , mereka menggunting gunting ucapan para imam lalu
              ditampilkan di web web, inilah bukti kelicikan mereka, Saya akan
              buktikan kelicikan mereka :

              2. Ucapan Imam Ibn katsir :

              وأن ليس للإنسان إلا ما سعى أي كما لا يحمل عليه وزر غيره كذلك لا يحصل
              من الأجر إلا ما كسب هو لنفسه ومن هذه الآية الكريمة استنبط الشافعي
              رحمه الله ومن اتبعه أن القراءة لا يصل إهداء ثوابها إلى الموتى لأنه
              ليس من عملهم ولا كسبهم ولهذا لم يندب إليه رسول الله صلى الله عليه
              وسلم أمته ولا حثهم عليه ولا أرشدهم إليه بنص ولا إيماءة ولم ينقل ذلك
              عن أحد من الصحابة رضي الله عنه ولو كان خيرا لسبقونا إليه وباب
              القربات يقتصر فيه على النصوص ولا يتصرف فيه بأنواع الأقيسة والآراء
              فأما الدعاء والصدقة فذاك مجمع على وصولهما ومنصوص من الشارع عليهما

              Berkata Imam Ibn Katsir :   Yakni sebagaimana dosa seseorang tidak
              dapat menimpa kepada orang lain, demikian juga manusia tidak dapat
              memperoleh pahala melainkan dari hasil amalanya sendiri, dan dari
              ayat yang mulin ini (ayat 39,Surah An-Najm) Imam Syaf i dan
              Ulama-ulama yang mengikutinya mengambil kesimpulan, bahwa bacaan
              yang pahalanya dikirimkan kepada mayit adalah tidak sampai, karena
              bukan dari hasil usahanya sendiri. Oleh karena itu Rosulullah
              shallallahu 'alayhi wa sallam tidak pernah menganjurkan umatnya
              untuk mengamalkan (pengiriman pahala melalui bacaan), dan tidak
              pernah memberikan bimbingan baik dengan nash maupun isyarat, dan
              tidak ada seorangpun (shahabat) yang mengamalkan perbuatan tersebut,
              jika amalan itu baik, tentu mereka lebih dahulu mengamalkanya,
              padalah amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah ta ala hanya
              terbatas yang ada nash-nashnya dalam al-Qur an dan as-Sunnah, dan
              tidak boleh dipalingkan dengan qiyas-qiyas dan pendapat-pendapat 

              Mereka memutusnya sampai disini, demikian kelicikan mereka, padahal
              kelanjutannya adalah :
               Namun mengenai doa dan sedekah maka hal itu sudah sepakat seluruh
              ulama atas sampainya, dan telah ada Nash nash yg jelas dari syariah
              yg menjelaskan keduanya  (Tafsir Imam Ibn Katsir juz 4 hal 259).

              nah. telah jelas bahwa tahlilan itu adalah doa, dan semua pengiriman
              amal itu dengan doa : "wahai Allah, sampaikanlah apa yg kami baca,
              dari.... dst, hadiah yg sampai, dan rahmat yg turun, dan keberkahan
              yg sempurna, kehadirat....."

              bukankah ini doa?, maka Imam Ibn Katsir telah menjelaskan mengenai
              doa dan sedekah maka tak ada yg memungkirinya.
              Lalu berkata pula Imam Nawawi :

              أن الصدقة عن الميت تنفع الميت ويصله ثوابها وهو كذلك باجماع العلماء
              وكذا أجمعوا على وصول الدعاء وقضاء الدين بالنصوص الواردة في الجميع
              ويصح الحج عن الميت اذا كان حج الاسلام وكذا اذا وصى بحج التطوع على
              الأصح عندنا واختلف العلماء في الصوم اذا مات وعليه صوم فالراجح جوازه
              عنه للأحاديث الصحيحة فيه
              والمشهور في مذهبنا أن قراءة القرآن لا يصله ثوابها وقال جماعة من
              أصحابنا يصله ثوابها وبه قال أحمد بن حنبل

               Sungguh sedekah untuk dikirimkan pada mayyit akan membawa manfaat
              bagi mayyit dan akan disampaikan padanya pahalanya, demikian ini
              pula menurut Ijma (sepakat) para ulama, demikian pula mereka telah
              sepakat atas sampainya doa doa, dan pembayaran hutang (untuk mayyit)
              dengan nash2 yg teriwayatkan masing masing, dan sah pula haji untuk
              mayyit bila haji muslim,
              demikian pula bila ia berwasiat untuk dihajikan dengan haji yg
              sunnah, demikian pendapat yg lebih shahih dalam madzhab kita
              (Syafii), namun berbeda pendapat para ulama mengenai puasa, dan yg
              lebih benar adalah yg membolehkannya sebagaimana hadits hadits
              shahih yg menjelaskannya,
              dan yg masyhur dikalangan madzhab kita bahwa bacaan Alqur an tidak
              sampai pada mayyit pahalanya, namun telah berpendapat sebagian dari
              ulama madzhab kita bahwa sampai pahalanya, dan Imam Ahmad bin Hanbal
              berpegang pada yg membolehkannya  (Syarh Imam Nawawi ala shahih
              Muslim Juz 7 hal 90)

              Dan dijelaskan pula dalam Almughniy :

              ولا بأس بالقراءة ثم القبر وقد روي عن أحمد أنه قال إذا دخلتم المقابر
              اقرؤوا آية الكرسي وثلاث مرار قل هو الله أحد الإخلاص ثم قال اللهم إن
              فضله لأهل المقابر وروي عنه أنه قال القراءة ثم القبر بدعة وروي ذلك عن
              هشيم قال أبو بكر نقل ذلك عن أحمد جماعة ثم رجع رجوعا أبان به عن نفسه
              فروى جماعة أن أحمد نهى ضريرا أن يقرأ ثم القبر وقال له إن القراءة ثم
              القبر بدعة فقال له محمد بن قدامة الجوهري يا أبا عبد الله ما تقول في
              مبشر فلهذا قال ثقة قال فأخبرني مبشر عن أبيه أنه أوصى إذا دفن يقرأ
              عنده بفاتحة البقرة وخاتمتها وقال سمعت ابن عمر يوصي بذلك قال أحمد بن
              حنبل فارجع فقل للرجل يقرأ

               Tidak ada larangannya membaca Alqur an dikuburan , dan telah
              diriwayatkan dari Ahmad bahwa bila kalian masuk pekuburan bacalah
              ayat alkursiy, lalu Al Ikhlas 3X, lalu katakanlah : Wahai Allah,
              sungguh pahalanya untuk ahli kubur .
              Dan diriwayatkan pula bahwa bacaan Alqur an di kuburan adalah Bid 
              ah, dan hal itu adalah ucapan Imam Ahmad bin hanbal, lalu muncul
              riwayat lain bahwa Imam Ahmad melarang keras hal itu, maka
              berkatalah padanya Muhammad bin Qudaamah : Wahai Abu Abdillah (nama
              panggilan Imam Ahmad), apa pendapatmu tentang Mubasyir (seorang
              perawi hadits), Imam Ahmad menjawab : Ia Tsiqah (kuat dan terpercaya
              riwayatnya), maka berkata Muhammad bin Qudaamah sungguh Mubasyir
              telah meriwayatkan padaku dari ayahnya bahwa bila wafat agar
              dibacakan awal surat Baqarah dan penutupnya, dan bahwa Ibn Umar
              berwasiat demikian pula! , maka berkata Imam Ahmad : katakana pada
              orang yg tadi kularang membaca ALqur an dikuburan agar ia terus
              membacanya lagi.. .
              (Al Mughniy Juz 2 hal : 225)

              Dan dikatakan dalam Syarh AL Kanz :

              وقال في شرح الكنز إن للإنسان أن يجعل ثواب عمله لغيره صلاة كان أو
              صوما أو حجا أو صدقة أو قراءة قرآن ذلك من جميع أنواع البر ويصل ذلك
              إلى الميت وينفعه ثم أهل السنة انتهى والمشهور من مذهب الشافعي وجماعة
              من أصحابه أنه لا يصل إلى الميت ثواب قراءة القرآن وذهب أحمد بن حنبل
              وجماعة من العلماء وجماعة من أصحاب الشافعي إلى أنه يصل كذا ذكره
              النووي في الأذكار وفي شرح المنهاج لابن النحوي لا يصل إلى الميت عندنا
              ثواب القراءة على المشهور والمختار الوصول إذا سأل الله إيصال ثواب
              قراءته وينبغي الجزم به لأنه دعاء فإذا جاز الدعاء للميت بما ليس
              للداعي فلأن يجوز بما هو له أولى ويبقى الأمر فيه موقوفا على استجابة
              الدعاء وهذا المعنى لا يختص بالقراءة بل يجري في سائر الأعمال والظاهر
              أن الدعاء متفق عليه أنه ينفع الميت والحي القريب والبعيد بوصية وغيرها
              وعلى ذلك أحاديث كثيرة

               sungguh boleh bagi seseorang untuk mengirim pahala amal kepada
              orang lain, shalat kah, atau puasa, atau haji, atau shadaqah, atau
              Bacaan Alqur an, dan seluruh amal ibadah lainnya, dan itu boleh
              untuk mayyit dan itu sudah disepakati dalam Ahlussunnah waljamaah.
              Namun hal yg terkenal bahwa Imam Syafii dan sebagian ulamanya
              mengatakan pahala pembacaan Alqur an tidak sampai, namun Imam Ahmad
              bin hanbal, dan kelompok besar dari para ulama, dan kelompok besar
              dari ulama syafii mengatakannya pahalanya sampai, demikian
              dijelaskan oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar,
              dan dijelaskan dalam Syarh Al Minhaj oleh Ibn Annahwiy :  tidak
              sampai pahala bacaan Alqur an dalam pendapat kami yg masyhur, dan
              maka sebaiknya adalah pasti sampai bila berdoa kepada Allah untuk
              memohon penyampaian pahalanya itu,
              dan selayaknya ia meyakini hal itu karena merupakan doa, karena bila
              dibolehkan doa tuk mayyit, maka menyertakan semua amal itu dalam doa
              tuk dikirmkan merupakan hal yg lebih baik, dan ini boleh tuk seluruh
              amal,
              dan doa itu sudah Muttafaq alaih (tak ada ikhtilaf) bahwa doa itu
              sampai dan bermanfaat pada mayyit bahkan pada yg hidup, keluarga
              dekat atau yg jauh, dengan wasiat atau tanpa wasiat, dan dalil ini
              dengan hadits yg sangat banyak  (Naylul Awthar lil Imam Assyaukaniy
              Juz 4 hal 142, Al majmu  Syarh Muhadzab lil Imam Nawawiy Juz 15 hal
              522).

              Kesimpulannya bahwa hal ini merupakan ikhtilaf ulama, ada yg
              mengatakan pengiriman amal pada mayyit sampai secara keseluruhan,
              ada yg mengatakan bahwa pengiriman bacaan Alqur an tidak sampai,
              namun kesemua itu bila dirangkul dalam doa kepada Allah untuk
              disampaikan maka tak ada ikhtilaf lagi.

              Dan kita semua dalam tahlilan itu pastilah ada ucapan : Allahumma
              awshil, tsawabaa maa qaraa naa minalqur anilkarim  dst (Wahai Allah,
              sampaikanlah pahala apa apa yg kami baca, dari alqur anulkarim dst).
              Maka jelaslah sudah bahwa Imam Syafii dan seluruh Imam Ahlussunnah
              waljamaah tak ada yg mengingkarinya dan tak adapula yg mengatakannya
              tak sampai.

              Dan sungguh hal yg lucu bila kalangan wahabi ini meracau dengan
              mengumpulkan dalil gunting sambung lalu menyuguhkan kita racun agar
              kita teracuni, jawaban saya yg pertama telah jelas bahwa banyak para
              Muhaddits dan Imam yg menghadiahkan pahala bacaan Alqur'annya pada
              rasul saw dll.

              demikian saudaraku yg kumuliakan,

              wallahu a'lam

              Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
              groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

              Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
              No rekening Majelis Rasulullah saw:
              Bank Syariah Mandiri
              Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
              No rek : 061-7121-494
              
                                  | | ==========

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=11640
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments