abdullahmario Kiblat dan makanan di shanghai – 2007/08/18 11:52
Assalamualaikum

Dear Habib Munsyir yang penuh ilmu dan selalu tersenyum
…namun belum pernah ada kesempatan tegur sapa dan untuk rekan
semuanya , mohon masukan dan advisenya utk case gue dibawah ini

gue tempo hari july19-july 28 ke kantor pusat dishanghai/china
sendirian dari kantor jakarta …sampai di shanghai dihotelnya
ga ada tanda2 kiblat …ga ada tempat bertanya sama petugas
hotel karena ga ada muslimnya..trus gue sholat aja…trus
dikamar sebelum sholat sambil baca doa Ya Allah ,hamba hanya
menyembah kepada-Mu dimana pun wajah hamba ini hamba hadapkan
kan dan hamba hanya bersujud kepada-Mu karena tiada tuhan yang
berhak disembah kecuali Engkau Ya Allah dan hamba bersaksi
bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan-Mu …hal ini terus gue
lakuin sewaktu ingin sholat walau itu di provinsi2 china
lainnya….disana bib gue nga sholat jumat 2 kali disana karena
ga ada mesjidnya..yang jelas nga nyari..susah nyarinya

case yang laennya .. gue bingung sama makanan2nya disana …
boleh dibilang disana 99% makanannya ga halal, walaupun gue
udah pilih ayam ,sapi,sayuran ..tapi tetep aja ga yakin
masaknya pake minyak yang halal..trus ada lagi bib..disana itu
kalo ayam itu asalnya bukan dipotong tapi cuma dicekek gitu
aja…tapi trus bib sambil baca Bismillah…ya gue makan aja
daging yang menurut agama kita diperbolehkan dimakan…pernah
satu kali gue ke propinsi Liaoning (daerah benxi-Utara china)
mau makan di buffet disebuah hotel..gue sempet nanya
nanya…ini apa itu apa…trus krn ga tau lagi ..gue ambil aja
nasi goreng …didalam nasi goreng itu ada daging yg ga halal
..trus tanya ke kokinya..ini apa ..dia bilang ini daging pork
..ya udah batal deh…balik kemeja sama rekan2 lainnya…tiba
tiba ada 1 orang koki bilang ..apakah anda muslim…gue jawab
iya gue muslim..trus dia bilang kamu bisa makan kare ayam..saya
bilang bisa tapi minyaknya jangan pork yah..dia bilang iya dont
worry jangan khawatir …gue seneng banget bib..ada juga orang
china yang perhatian ama gue disana..akhirnya gue berdoa supaya
koki tersebut dapet hidayah islam dari Allah ,amin

sebenarnya masih banyak bib ,pertanyaan2 tentang fiqih ini
selama saya di shanghai tapi nanti aja ya bib kalo

Mohon petunjuknya bib dan doa kan gue bib supaya kelakuan gue
diampuni sama Allah SWT selama gue disana

Wassalam

Thanks & Best Regards
Abdullah Mario Kodoatie

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:Kiblat dan makanan di shanghai – 2007/08/19 03:45 Alaikumsalam
warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Bulan Rasulullah saw ini semoga selalu menerangi
hari hari anda dalam kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
Kiblat anda dengan ijtihad itu benar, anda tak perlu mengulang
shalatnya, kecuali bila diketahui dg jelas bahwa kiblat anda itu
salah arah maka wajib qadha,

saran saya anda membeli kompas yg anda buku petunjuknya, karena
memang sangat penting sekali, sayapun sering bepergian keluar kota
atau keluar negeri, dan sering terjebak dalam suatu keadaan yg tak
mungkin saya bertanya arah kiblat,

misalnya di pesawat dimana saya terjebak waktu subuh, tak mungkin
di jamak taqdim atau ta^khir, dan cuaca subuh telah terlihat,
kemana saya harus bertanya?, pramugari2 itu hanya geleng2 dan tak
tahu dan tak mau tahu,

maka saya membeli kompas dg petunjuknya, habis deh.., lewat deh
semua keraguan, dan memang tampaknya tidak penting, tapi bila kita
dalam perjalanan dan terjebak spt itu kita akan sangat senang dan
lega sbb adanya kompas,

saya sarankan bagi anda dan rekan2 yg sering mengadakanm safar
perjalanan untuk membawa kompas kemanapun kita pergi,

mengenai makanan, saran saya anda memilih makanan berupa ikan
laut, jangan ayam. sapi atau lainnya,

pilihlah ikan, tapi jangan pakai lemak pork itu lho.. misalnya
Ikan bakar dg nasi, dan yah.. anggap aja diet, banyakin makan buah
deh.. he..he..he..

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a lam

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

abdullah99 Re:Kiblat dan makanan di shanghai – 2007/08/19 07:14
Assalamulaikum

Noted with thanks for your advise and appreciated this bib

Wassalam

Best Regards

Abdullah MK

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:Kiblat dan makanan di shanghai – 2007/08/20 04:57
hayyakumullah.. Allah menyambut anda dengan segala Anugerah Nya
swt.. amiin

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=6361

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here