forum.majelisrasulullah.org

umur saya 19 tahun, yang ingin saya tanyakan sekiranya sunnah-sunnah apa saja yang rasul ajarkan untuk para pemuda seperti saya ?

 

sunnah rasulullah SAW – 2012/01/07 01:11Assalmu'alaikum 

Habib saya mau tanya.
saya seorang mahasiswa, umur saya 19 tahun, yang ingin saya tanyakan sekiranya sunnah-sunnah apa saja yang rasul ajarkan untuk para pemuda seperti saya ?
terima kasih atas jawabannya.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:sunnah rasulullah SAW – 2012/01/07 12:09Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan

untuk anda saudaraku tercinta, Admin II akan membantu menampilkannya untuk anda

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:sunnah rasulullah SAW – 2012/01/07 22:10Guru Mulia Habiban Munzir almusawa mengajarkan banyak amalan sunnah, berikut amalan yang kami kutip dari forum tanya jawab juga rujukan dari Buku Budi Pekerti Rasulullah SAW (Imam At-Tirmidzi) banyak terdapat sunnah Rasulullah saw di dalamnya, saudaraku bisa mendapatkannya di Kios Nabawi : 

1. Bersiwak disunnahkan dalam sebelum memulai segala hal, yaitu saat sebelum takbiratul ihram, dan sebelum wudhu pun disunnahkan, sebelum membaca Alqur'an pun disunnahkan, dan ia sunnah dalam segala hal.

dijelaskan oleh Imam Ghazali bahwa disunnahkan bersiwak memulai dari tengah jajaran gigi atas, lalu menggosokkan siwak kekanan sampai ujung barisan gigi kanan atas, lalu turun ke barisan gigi kanan bawah, lalu digosokkan pada barisan gigi bawah ketengah, lalu naik lagi ke barisan gigi atas dan digosokkan ke kiri sampai ujung barisan gigi kiri atas, lalu turun ke ujung barisan gigi kiri bawah, lalu digosokkan ketengah barisan gigi bawah.

demikian diulang 3X.
siwak mesti selalu dibersihkan,

bahkan sebagian orang mengganti siwaknya seminggu sekali, ada yg bahkan menggantinya setiap 3 hari atau setiap hari.

namun sunnahnya untuk selalu dibasuh saat berwudhu, dan boleh kapan saja untuk selalu dibersihkan, sebagian orang menaruh siwaknya dimalam hari pada saat mereka tidur, siwaknya ditaruh di gelas berisi air,demi menjaga siwaknya selalu lembab dan segar hingga tidak kering.

2. Shalat witir 3 rakaat di akhir malam, dua rakaat lalu satu rakaat, Habibana Munzir jika melakukan ini beliau memanjangkannya, memanjangkan rukuk dan terutama sujud.. memuaskan diri selama lamanya bersujud untuk berduaan dengan Allah dalam kemesraan dan kerinduan.

pada rakaat pertama beliau padukan niat witir, hajat, taubat, sunnat wudhu dalam dua rakaat itu.

dan rakaat yg satu adalah utk witirnya,

rakaat pertama membaca Sabbihismarabbikal a'la, lalu boleh kalau mau ditambah lainnya, dan pada rakaat kedua dua ayat terakhir Albaqarah, dan boleh ditambah surat lainnya, dan pada rakaat terakhir adalah al ikhlas dan muawwidzatain, dan boleh ditambah jika mau, demikian terwayatkan banyak riwayat shahih surat surat yg dianjurkan Rasul saw dibaca di saat shalat malam.

selepas itu maka berdzikirlah menanti adzan subuh.

Aisyah r.a berkata :
“Sesungguhnya Rasulullah saw. Melaksanakan shalat di malam hari sebelas rakaat. Beliau lakukan shalat witir (ganjil) satu rakaat Apabila beliau selesai melakukan shalat itu, Beliau berbaring dengan lambung kanannya di sebelah bawah”.
(Sunan Tirmidzi, Bab “Shalat”, Hadits no 420, juga terdapat dalam Shahih Bukhari, Shahih Muslim)

3. Shaum hari senin dan kamis,
Habibana mengatakan bahwa di hari senin dan kamis itu pintu sorga terbuka, dan pada hari itu pula naiknya amal kehadapan Allah, dan pada hari itu pula Allah memaafkan semua dosa hamba Nya kecuali mereka yg menyembah selain Allah dan mereka yg bermusuhan.

demikian diriwayatkan dalam hadits riwayat shahih Ibn Hibban, Ahaditsulmukhtar, Tirmidziy dll, dan bahkan dalam Ahadistulmukhtar dg sanad hasan bahwa diriwayatkan Rasul saw berpuasa di hari senin dan kamis.

hikmahnya adalah hari itu hari naiknya amal kepada Allah swt maka Rasul saw senang ketika amalnya naik kepada Allah sedang beliau dalam keadaan puasa.

Aisyah r.a Berkata : 
“Nabi SAW bersungguh-sungguh Mengamalkan Shaum hari senin dan hari kamis” 
(Sunan Tirmidzi, Hadits no.745)

Atau yang lebih ringan lagi Shaum 1 bulan 3 kali, sebagaiman hadits berikut :

Yazid ar-Risyk bercerita :
“Aku mendengar Mu’adzah berkata : ‘aku bertanya kepada Aisyah r.a : ‘apakah Rasulullah saw shaum tiga hari pada setiap bulan?’
‘Aisyah r.a menjawab : ‘betul !’
Aku bertanya lagi : ‘pada hari apa saja beliau shaum?’
Ia menjawab : ‘Beliau tidak menentukan hari-hari untuk shaum’

(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Daud, dari Syu’bah, yang bersumber dari Yazid ar-Risyk)

4. dzikir Subhanallahi wabihamdih, bacalah 100X setiap pagi dalam keadaan suci, dzikir ini disarankan oleh Nabi saw sebagaimana sabda beliau saew : Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100X setiap harinya maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih dilautan (Shahih Bukhari)

dan sabda Rasulullah SAW : "Kalimat yg paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih"(Shahih Muslim)

dzikir ini mencerahkan wajah, menenangkan hati, menyejukkan jiwa, dan membuka banyak kemudahan,

5. Bershalawat kepada Rasulullah saw, 

“ALLAHUMMA SHALLI ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD NABIYYIL UMMIY, WA ALA ALIHI WA SHAHBIHI WASALLAM”
boleh membacanya kapan saja dan berapa saja tanpa batas waktu dan jumlah.

Firman Allah SWT dalam surat Al Ahzab ayat. 56 :
‘‘Sesungguhnya Allah beserta para malaikatnya senantiasa bersholawat untuk Nabi SAW. Hai orang-orang yang beriman bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan padanya (Nabi Muhammad SAW.)” .

Nabi Muhammad SAW bersabda :
''Ya benar, telah datang kepadaku seorang pendatang dari Allah SWT kemudian berkata : barang siapa diantara ummatmu membaca Sholawat kepadamu satu kali, maka sebab bacaan Sholawat tadi Allah SWT menuliskan baginya 10 kebaikan, dan mengangkat derajatnya 10 tingkatan, dan Allah SWT membalas sholawat kepadanya sepadan dengan sholawat yang ia baca ".

6. sebagai amalan tambahan, perbanyaklah Istifghfar dan kalimat “Laa ilaha illallah”, setiap sekian kali misalnya 100X sempurnakan dengan “Muhammad Rasulullah saw”, 

7. perbanyaklah membaca Alqur'an, karena ia adalah surat cinta dan lamaran cinta Allah swt kepada kita, semua isinya mengarahkan kita agar jauh dari kemurkaan Allah dan menjadi hamba yg diiridhoi dan dicintai Allah swt

semoga Allah swt meluhurkan setiap nafas kita dengan cahaya istiqamah, dan selalu dibimbing untuk mudah mencapai tangga tangga keluhuran istiqamah, dan wafat dalam keadaan istiqamah, dan berkumpul dihari kiamat bersama ahlul istiqamah. Amin Allahumma amin

sumber

© http://carauntuk.com/umur-saya-19-tahun-yang-ingin-saya-tanyakan-sekiranya-sunnah-sunnah-apa-saja-yang-rasul-ajarkan-untuk-para-pemuda-seperti-saya

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close