Homeforum.majelisrasulullah.orgumum – 2006/10/07 04:00

umum – 2006/10/07 04:00

forum.majelisrasulullah.org 0 0 likes 18 views share

pencari umum – 2006/10/07 04:00 assalamu^alaikom habib munzir. ana dari
kota singa mau bertanya……………… sempena kita berada di
bulan mubarak ni. ana ingin bertanya adakah benar di yaman
hadramaut sana … di akhir hari jumaat di bulan ramadan di adakan
solat kadak berjamaah. sekian terima kasih

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:umum – 2006/10/08 06:19 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemegahan Nuzululqur^an semoga menaungi hari hari anda,

selamat datang di website para pecinta Rasulullah saw,

wahai saudaraku di S^pore, betul di wilayah ^Inat di Hadramaut
Yaman pada setiap jumat terakhir bulan ramadhan diadakan Qadha
(kadak) shalat berjamaah.
hal ini dilakukan berdasarkan fatwa Imam Abubakar bin Salim
Fakhrulwujud rahimahullah, seorang Imam besar dan Muhaddits yg
termashur bahkan dari murid muridnya pun banyak pula yg menjadi
Imam terkemuka,
syarat seorang menjadi Imam adalah harus lebih dahulu menjadi
Mufti, lalu Al hafidh, barulah Imam,
seorang Mufti adalah orang yg sudah mempelajari sekecil2 kecilnya
masalah dari 4 Madzhab, ia mestilah hafal ratusan kitab pembahasan
masing masing Madzhab, lalu baru ia mencapai derajat Al hafidh,
yaitu hafal sepuluh ribu hadits dengan hukum sanan dan hukum
matannya. barulah setelah itu ia mencapai derajat Imam, seperti
imam Ahmad bin Hanbal yg hafal 1 juta hadits dengan sanad dan
matan.

lalu Al Imam Abubakar bin Salim pun seorang yg mempunyai banyak
murid yg sudah menjadi Imam pula, beliau berfatwa untuk
mengumpulkan orang beramai ramai men Qadha shalat wajib di akhir
bulan ramadhan, dan perbuatan ini adalah Bid;^ah hasanah, karena
barangkali diantara muslimin ada yg pernah lupa / batal shalatnya
tanpa ia ketahui, maka boleh boleh saja seseorang meng qadha
shalatnya yg lalu, maka Imam ini mengumpulkan muridnya untuk
melakukan hal itu di akhir jumat di bulan ramadhan selepas shalat
Jumat.
perbuatan ini Bid^ah hasanah, karena tidak bertentangan dengan
syariah dan membawa maslahat pada muslimin. mengenai dalil Bid^ah
hasanah anda dapat merujuk Shahih Muslim hadits no.10017.

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

pencari Re:umum – 2006/10/09 01:59 Alhamdulilah habib munzir. akan ana
pratikkan apa yg di suruh dan di pandang baik oleh al imam abu
bakar salim tu. ana bertanya kerana ana nak kan kepastian kerana
mau beramal sempena di bulan mubarak ni.dan Alhamdulilah diayah
diayah wahabi/salafi tidak menular jauh di kota singa ni,
barkahnya almarhum al habib muhammad sallem al attas, almarhum
syeikh umar al khatib dan jugak almarhum waliyullah habib noh al
habsyi dan lain lain nya.
ana mau bertanya mengenai keadaan maqamnya org yg sampai ke maqam
“hal”.apa kah itu yg di namakan maqam “hal”? contoh al habib ali
di batu pahat sana.beliau di katakan dalam keadaan “hal” begitu
juga al habib abdul qadir as seqqaf di jeddah sana.terima kasih.

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:umum – 2006/10/09 05:51 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Nuzululqur^an semoga menerangi hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan, saya sering pergi s^pore, wahabiy banyak
pula disana, Ka masjid Siglap, dan banyak lagi, tapi Government
tak beri kesempatan wahabiy meluas, semoga s^pore terus terjaga
dari fitnah, amiin.

mengenai ” Haal” artinya dalam bahasa adalah keadaan, suatu
istilah kaum sufi untuk menggelari orang orang yg shalih ketika
mereka terlupakan dari urusan duniawi, misalnya kita melihat
seorang ahli ma^rifah billah, seorang shalih, tiba tiba tanpa
sebab ia menangis, atau ia minum tiba tiba ia menangis, ketika
ditanya ia menjawab bahwa ia rindu pada Allah swt, hal hal aneh
seperti ini disebut haal, sesuatu yg meluap dari kekhusyu^annya
hingga tak dapat dibendung.
namun bukan perbuatan orang yg tidak waras dan keluar dari batas
batas akal yg normal, itu pembahasan berbeda pula.

misalnya orang lain sedang ingat dengan orang yg ia cintai, ia
lupa makan dan minum, nah.. bila hal ini terjadi pada seseorang
kepada Allah atau rasul saw, maka ini dinamakan Haal, oleh sebab
itu para ahli Ma^rifah seperti Hb Ali bin Jakfar Alaydrus yg di
wilayah Batupahat Johor bahru itu digelari sohibul haal. demikian
juga banyak para wali lainnya.

haal bukanlah Maqam, maqam berarti derajat, dan haal adalah suatu
gejolak yg timbul dari gelora mahabbatullah atau mahabbaturrasul
saw atau khauf minallah.

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

pencari Re:umum – 2006/10/18 17:26 Assalamu^alaikom habib munzir.
Alhamdulilah akan jawapan yg di berikan…….sempena di akhir
akhir ramadan ni di mana rasululllah melaksanakan akan ibadah
iktiqaf di masjid… itu sudah termaktub dalam kitab kitab
hadis…ana cuma mau bertanya akan amalan amalan khas yg di
amalkan oleh al ^alamah habib umar bin hafidz ….boleh habib
mendetailkan amalan amalan habib umar alhafidz.terima kasih habib.
Moga kira nya dapat habib ke kota singa lagi insyallah. Pernah
satu kali ketika habib memberi ceramah di masjid isti^far dahulu.
tiba tiba ketika menceritakan hal kewafatan nabi ….terhenti
habib menjelaskannya lalu di ikuti ngan tangisan dan
doa…….sedangkan ketika tu belum lagi tamat ceramah nya
habib?…….. subhanallahhhh……..beruntung kami ketika tu
habib.moga kira nya Allah mengabulkan doa doa tersebut.amin ya
rabbal alamin.

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:umum – 2006/10/20 01:47 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan malam malam terakhir ramadhan semoga melimpah
kepada anda dan keluarga,

banyak sekali kebiasaan Guru Mulia kita habibana Umar bi Hafidh di
sepuluh hari terakhir ini, namun yg paling mencolok adalah
memperbanyak bacaan Alqur^an para santrinya, khususnya saat
tarawih, biasanya beliau membaca 1 hingga 2 juz setiap tarawih,
namun 10 hari terakhir ramadhan bisa mencapai 3-4 juz setiap
malamnya, dan beliau menambah dengan membangkitkan semangat
muslimin dengan ceramah ceramahnya dan penyebaran santri santrinya
ke masjid2 diluar kota untuk mengingatkan muslimin agar lebih giat
lagi.
penyebaran santri ini sudah berjalan setiap bulannya, namun di
bulan ramadhan dijalankan beberapa kali, dan pada 10 hari terakhir
penyebaran dakwah dilakukan setiap hari.

salam sejahtera untuk anda dari singapura, sampaikan salam pada
Syeikh Shuhaimiy Fauzi, Imam masjid agung Al Istighfar s^pore.

wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

pencari Re:umum – 2006/10/31 18:05 assalamu^alaikom habib munzir. selamat
berlebaran.moga kiranya amalan kita di sepanjang ramadan mendapat
keredaan nya . insyallah amin ya rabbal ^alamin.
habib bagaimana me istiqamahkan sesuatu amalan sunnah yg
routine.sudah berapa kali ana yg lemah ni mencuba, walaupun
perkara yg mudah dan sedikit jumlahnya. tapi tetap jugak tidak
berjaya.kira nya dapat habib memberi sedikit tatacara dan jugak
mendoakan ana yg lemah dan berdosa ni.soalan ni agak gampang
nampaknya tapi inilah penyakit kebanyakkan org org sekarang –
tidak konsistant dalam beramal.terima kasih.

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:umum – 2006/11/02 01:25 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Semoga Limpahan Rahmat Nya selalu melimpah pada anda dan keluarga,

mengenai Istiqomah (berkesinambungan dalam pengamalan suatu
ibadah) merupakan amalan yg paling sulit diamalkan, namun kita
terus berusaha dan berjihad untuk bertahan, salah satu caranya
adalah dengan lebih memahami kemuliaan kemuliaan amal itu, sering
terjadi memang iman kita berubah ubah, naik dan turun, maka saat
iman kita sedang menurun maka kita membatasi pada hal hal yg
wajib, dan bila iman kita mulai membaik maka bolehlah kita meng
Qadha amal amal sunnah yg telah diringgalkan.

wallahu a^lam

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

pencari Re:umum – 2006/11/09 13:41 assalamu^alaikom habib munzir…..
alfehah untuk allahyarham habib anis bin alwi bin ali habsyi.moga
di tempatkan bersama para pencinta nabi muhammad saw. sering dia
ke kota singa…. teringat ana kisah kitab “rihlah ayahanda beliau
al habib alwi berjumpa habib abu bakar asseqaf gresik.”
ana mau bertanya tentang mimpi salah seorg habaib.(lupa nama
beliau) -kata nya rasulullah mendatangi dalam mimpinya dan
memberitau sekiranya rindu kepada nabi, pandang tatap lah wajah
habib abu bakar gresik.
ketika berjumpa habib abu bakar gresik ,habib alwi duduk
berhadapan dan menatap wajah habib abu bakar.satu pengajaran
kepada kepada kita smua.. apa yg di maksudkan pandang wajah habib
abu bakar seqqaf gresik? mohon kiranya habib munzir dapat
menjelaskannya. terima kasih. ana ada menyimpan gambar habib abu
bakar gresik di saku untuk tatapan.hehehehe.

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:umum – 2006/11/11 11:12 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan Anugerah Nya semoga selalu membahagiakan hari hari anda,

mengenai ucapan itu, adalah melampiaskan kerinduan kepada orang yg
dekat kepada Allah swt, karena disaat itu tokoh terkemuka dari
Ahli makrifah billah adalah Alhabib Abubakar Assegaf (gresik),
maka bila rindu pada Rasul saw baiknya kita memangdang wajah orang
yg kita kenal sangat denkat dengan Allah swt.

ini adalah ungkapan Mahabbah dan cinta, sebagaimana tawassul Umar
bin khattab ra pada Abbas bin Abdulmuttalib ra (paman Nabi saw)
untuk turunnya hujan, Umar ra berdoa : “Wahai Allah, kami telah
bertawassul kepada Nabi Mu Muhammad saw, dan kau turunkan hujan,
maka kini kami bertawassul pada Paman beliau saw yg melihat beliau
saw maka turunkanlah hujan” maka hujanpun turun (shahih Bukhari).

demikian pula ketika Asma binti Abubakar shiddiq ra menjadikan
pakaian / jubah Rasul saw sebagai obat, bila ada yg sakit maka ia
merendam baju Rasul saw itu di air lalu meminumkan air itu pada yg
sakit. (shahih Bukhari)
fahamlah kita bahwa baju tak punya kemuliaan apa apa, namun baju
yg telah bersentuhan dengan tubuh sang Nabi saw membawa
keberkahan, maka jauh lebih lagi hati dan sanubari yg terang
benderang dengan cahaya Rasul saw dan Alqur^an, tentu lebih
membawa keberkahan daripada baju dan pakaian.

ini menunjukkan bahwa keberkahan Rasul saw dilimpahkan pada orang
orang mulia sesudah beliau, demikian pula Alhabib Alhabrul Ummah
Abubakar Asssegaf.

demikian pula wajah wajah para wali lainnya, tentunya mereka bisa
kita jadikan pelampiasan kerinduan kita pada Rasul saw, karena
mereka lah para pewaris Rasul saw.

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

pencari Re:umum – 2006/12/03 15:55 Assalamu^alaikom habib munzir. Moga
dalam keadaan sihat hendaknya.InsyaAllah.
Alhamdulilah.Terima kasih akan jawapan yg menarik yang telah di
jawap oleh habib mengenai isu syuhud, mahabbah,kecintaan pada
wajah dan hati yang telah mendapat mahabah dari Rasulullah .
(contoh Alhabib Abu Bakar Habsyi Gresik).
Ana telah mendengar ceramah habib mengenai habib Alattas Habsyi
yang menyuruh akan anak kepada muridnya mengantikan perbuatan
maksiat kepada meraikan maulid setiap minggu.Dan dengan barkah
maulid itu, ayahanda nya yg telah kembali ke rahmatillah mendapat
keselamatan.Subhanallah. Ana sering saban tahun melakukan upacara
maulid dan tahlilan arwahan ibu ana.
Persoalannya: boleh habib menceritakan kisah kisah berbagai bagai
faedah ,barkah,karamah yang di perolehi setelah mengadakan maulid
ini? Kerana tidak ada atau sedikit kitab yang menceritakan akan
keberkatan maulid. Biasanya dari mulut seorang aulia^ kepada
seseorang yang lain. contoh seperti katakata Alhabib Attas Habshi
tadi. Dengan penjelasan habib nanti moga dapat memantapkan dan
bersemangat lagi untuk sering bermaulid. insyaAllah.terima kasih.

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:umum – 2006/12/05 08:19 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Allah semoga selalu membuat terang benderangnya
hari hari anda,

banyak sekali kejadian mulia maulid Nabi saw,

diantaranya diriwayatkan oleh Abbas bin Abdulmuttalib ra (paman
Nabi saw), ia bermimpi bahwa Abulahab diringankan siksanya setiap
hari senin karena pernah gembira dengan hari kelahiran Rasul saw,
karena Abu Lahab saat Rasul saw lahir ia membebaskan budaknya
tsuwaibah demi kegembiraannya menyambut kelahiran Nabi saw.
atas perbuatan itu Allah ringankan siksanya setiap senin. (shahih
Bukhari)

dan masih banyak lagi riwayat mulia tentang orang yg gembira dg
kelahiran Nabi saw

wallahu a^lam

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=1398

© http://carauntuk.com/umum-20061007-0400

Sponsor 2

Leave a Reply