jump to navigation

terputusnya shaf karena udzur syar’i, seperti tiang masjid, atau barang barang, atau lainnya maka tak mempengaruhi sahnya shalat, jamaahnya tetap sah.
July 28, 2014

Posted by cu.admin in : forum.majelisrasulullah.org , trackback
sedekah – 2007/04/13 10:19Assalamu'alaikum wr.wb

semoga habib Munzir dan keluarga selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam naungan Allah SWT. dan habib munzir selalu tetap semangat untuk membangkitkan rasa cinta kami kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

bib ana ada pertanyaan dan mohon dijawab ya.

ana pernah ditanya tentang sedekah oleh saudara ana. dia bertanya kepada ana " mana yang lebih utama bersedekah untuk pembangunan masjid atau bersedakah untuk pembangunan majlis ta'lim". Lalu ana menjawab dengan melihat mana yang lebih membutuhkan. namun dia bilang bahwa bersedekah untuk membangun majlis' ta'lim lebih utama dari pada bersedekah untuk pembangunan masjid karena dengan adanya majlis ta'limlah orang-orang pergi ke masjid dan menunaikan ibadah sholat. kemudian ana bertanya kepadanya " kenapa kalau mau menuntut ilmu agama tidak di masjid saja seperti jaman rasulullah saw yang mana mesjid sebagai pusat pengembangan agama islam?" lalu dia menjawab " kalau di masjid dikhawatirkan ada orang yang mengobrol tentang maksiat maksudnya yang negatif seperti ngomongin orang lain, ongomongin yang diluar dari pada agama dan itu dosa". 

bagaimana tanggapan dari habib tentang hal ini?

terus, bib apabila kita sholat berjama'ah, contohnya sholat jum'at dan ketika akan sholat namun shaf barisan sholatnya terputus karena beberapa hal seperti putus karena tempatnya basah akibat hujan, atau putus karena terhalang benda seperti motor, dlsb. apakah jama'ah yang shaf holat jum'atnya terputus karena hal diatas tidak sah sholatnya bib?

mohon maaf apabila pertanyaan ana terlalu panjang ya bib.

wassalam.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:sedekah – 2007/04/13 16:18Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Indahnya kehidupan semoga selalu menerangi hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
masjid lebih afdhal daripada majelis taklim, karena merupakan multi fungsi, 
majelis taklim tak pernah teriwayatkan dalam hadits Rasul saw bahwa Rasul saw membangun majelis taklim, namun telah banyak riwayat bahwa Rasul saw membangun masjid, demikian pula keutamaan masjid disebut di beberapa ayat dalam ALqur'an, dan majelis taklim tak pernah tersebutkan, maka sebaiknya memang taklim itu diadakan di masjid, namun disampingnya dibuatkan majelis taklim untuk kaum nisa yg sedang haid, umumnya masjid masjid kita sudah melakukan ini.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:sedekah – 2007/04/14 11:23afwan y habib. terima kasih atas jawabannya. namun masih ada satu pertanyaan lagi yang belum terjawab yaitu tentang terputusnya shaf dalam sholat berjama'ah.
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:sedekah – 2007/04/15 01:45he..he..he.. iya tuh.. maaf kemarin saya jawab terburu buru, lalu setelah saya disconnect dan turn off leptop dan meluncur ke majlis lalu saya ingat bahwa tadi kalau ngga salah ada yg tanya tentang saf yg terputus, lalu semalam saya cari cari di forum malah ngga ketemu ketemu, alhamdulillah anda mengingatkan, beribu maaf karena terlewat saya menjawabnya,

terputusnya shaf karena udzur syar'i, seperti tiang masjid, atau barang barang, atau lainnya maka tak mempengaruhi sahnya shalat, jamaahnya tetap sah. 

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/terputusnya-shaf-karena-udzur-syari-seperti-tiang-masjid-atau-barang-barang-atau-lainnya-maka-tak-mempengaruhi-sahnya-shalat-jamaahnya-tetap-sah

Sponsor 2

Tags: