Homeforum.majelisrasulullah.orgsholat sunah rawatib ghoiru mua’kad qobliyah ashar

sholat sunah rawatib ghoiru mua’kad qobliyah ashar

forum.majelisrasulullah.org Comments Off on sholat sunah rawatib ghoiru mua’kad qobliyah ashar 0 likes 105 views share

keanurivai qobliyah ashar – 2007/02/23 03:41 assalamualaikum ya habib.
nama saya ahmad rivai. saya ingin menanyakan tentang sholat sunah
rawatib ghoiru mua^kad qobliyah ashar yang berjumlah 4 rokaat.
saya ragu ragu menjalankan sholat sunah tersebut karena kurang
mengerti bagaimana melaksanakan nya yang benar :

1.apakah sholat tersebut dikerjakan dengan 2 rakaat salam ditambah
2 rokaat lagi dan salam atau…
2.apakah sholat tersebut dikerjakan dengan 4 rokaat langsung dan
ditutup dengan salam akhir atau…
3. apakah sholat tersebut dikerjakan dengan dengan 4 rokaat
langsung dan di setiap dua rokaatnya dengan tasyahud awal, dan
dilanjutkan sampai 4 rokaat..

terima kasih atas jawabannya. mudah mudahan tidak ada keraguan
lagi untuk saya dalam mengerjakan sholat sunah ini.

wassalmualaikum ya habib

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/02/23 04:57 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Limpahan kebahagiaan semoga selalu menerangi hari hari anda dan
keluarga,

saudaraku yg kumuliakan,

cara yg benar adalah dua diantara tiga cara yg anda sampaikan,
yaitu boleh dengan satu salam, dan boleh dg dua salam, dan yg
lebih shahih riwayatnya adalah yg lebih banyak dipilih oleh para
Ulama kita adalah dg dua salam

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

keanurivai Re:qobliyah ashar – 2007/02/25 19:10 syukron atas jawabannya. ya
habib

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/02/26 19:26 Baarakallahufiikum.. Limpahan
keberkahan atas anda dan keluarga.

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

Ipoenk Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 04:11 Assalamualaikum..afwan ya
habibana, ana pernah mendapat keterangan bahwa yang disebut sholat
qobliyah itu harus ada badiyahnya, begitu juga sebaliknya. Seperti
qobliyah dan badiyahnya zhuhur, maghrib dan isya. Sedangkan subuh
karena tidak ada badiyahnya maka sholat sunat sebelum subuh
disebut sholat fajr, dan begitu pula ashar, karena tidak ada
badiyahnya maka sholat sunat sebelum ashar disebut sholat sunat
ashar. Jadi niatnya “usholli sunnatal ashri”. Apakah benar
keterangan2 yang saya dapat tsb ya habibana? Jazakumullahu khairal
jaza

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 05:58 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Rahmat dan keridhoan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari
anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
tidak demikian, tidak semua shalat fardhu mesti ada qabliyah dan
ba^diyah nya, dan mengenai shalat fajar itu adalah shalat subuh,
dan qabliyah subuh adalah qabliyah fajar,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dala kebahagiaan selalu,

Wallahu a lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

ventura1982 Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 07:16 Assalaamu^alaikum
Warahmatullahi Wabarakaatuh….

Habib yang saya mulyakan….

Menyambung saudara Ipung, lalu bagaimana seharusnya lafal niat
dalam mengerjakan shalat sunah sebelum ashar dan sebelum shubuh,
memang saya sendiri dapat dari guru saya seperti apa yang
disampaikan saudara ipung.

Bila sholat sunah sebelum Ashar lafadznya ” Usholli Sunnatal
Ashri rak^ataini lillahi ta^ala ”

Bila sholat sunah sebelum shubuh lafadznya ” Usholli Sunnatas
Shubhi rak^ataini lillahi ta^ala”

menurut guru saya setiap sholat yang tidak ada ba^diyahnya maka
tak ada qobliyahnya, maksud dari perkataan ini bukan tidak ada
sholatnya tapi dari lafal niatnya tidak di dzohirkan seperti
pelaksanaan sholat sunah yang lainnya ( Maghrib,Isya,Dzuhur).

Demikian bib,
terima kasih atas perhatiannya, dan mohon maaf bila ada kata²
yang kurang berkenan.

Wassalam

Hartono – Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 18:25 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Cahaya Kebahagiaan dan Kelembutan Nya swt semoga selalu menerangi
hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Mengenai lafadh niat ini anda boleh menggunakan Qabliyyat Ashr,
boleh sunnatal Ashr, boleh Qablal Ashr, dan pada subuh boleh
Qabliyyatal Fajr, boleh Qablal fajr, boleh sunnatalfajr,

Kesemuanya sah, dan bila anda lihat di segenap hadits yg
meriwayatkan shalat sunnah rawatib tak satupun yg mengatakan
kalimat Qabliyyah atau Ba diyah , lafadh itu muncul dari
Ijtihad ulama saja

Dan sayapun bingung darimana munculnya pemahaman fajar dan subuh
itu berbeda?, sayapun dulunya seperti itu, tapi ketika saya ke
Yaman dan berhadapan dengan puluhan para Ulama besar dan para
mufti disana, dimana guru guru fiqih di negeri kita ini sampai
kesana ketika di test ternyata hanya mendapatkan kelas terendah
dalam ilmu fiqih, bahkan seorang teman saya yg sudah mengajar
kitab Mughnil Muhtaj dan Al Iqna , sampai disana ketika di test
dengan pertanyaan sebutkan rukun shalat?, kapan diwajibkannya
shalat?, apa arti kalimat shalat?, ia bungkam saja, maka Guru guru
mulia itu hanya tersenyum dan maka teman saya itu mesti mulai dari
kelas terendah bersama anak anak usia 7-10 tahun..

Dan disana shalat subuh adalah shalat fajr, sunnah subuh/qabliyah
subuh adalah sunnat fajr/qabliyat fajr, demikian pula di Makkah
dan Madinah, lalu saya bingung dari fatwa mana pula subuh dan
fajar itu berbeda?, coba anda tanyakan pada guru anda, darimana
sumber yg mengatakan subuh dan fajar itu berbeda.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

trimulyadi Re:qobliyah ashar – 2007/08/08 09:54 Assalaamu^alaikum
Warahmatullahi Wabarakaatuh.

keberkahan solawat semoga selalu mengiringi habib

bib mau tanya nih —–> selain solat sunnah asar dan subuh, tanpa
lafad qobliyah dan ba^diyahpun berarti tetap sah?

“satu niat” di kerjakan sebelum dan sesudah niatnya sama

usolli sunnatal zduhri rok^ataini lillahita^ala—–> “buat
sebelum ma sesudah”

gpp kan bib?

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

ventura1982 Re:qobliyah ashar – 2007/08/08 23:44 munzir tulis:
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Kebahagiaan dan Kelembutan Nya swt semoga selalu menerangi
hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Mengenai lafadh niat ini anda boleh menggunakan Qabliyyat Ashr,
boleh sunnatal Ashr, boleh Qablal Ashr, dan pada subuh boleh
Qabliyyatal Fajr, boleh Qablal fajr, boleh sunnatalfajr,

Kesemuanya sah, dan bila anda lihat di segenap hadits yg
meriwayatkan shalat sunnah rawatib tak satupun yg mengatakan
kalimat Qabliyyah atau Ba diyah , lafadh itu muncul dari
Ijtihad ulama saja

Dan sayapun bingung darimana munculnya pemahaman fajar dan subuh
itu berbeda?, sayapun dulunya seperti itu, tapi ketika saya ke
Yaman dan berhadapan dengan puluhan para Ulama besar dan para
mufti disana, dimana guru guru fiqih di negeri kita ini sampai
kesana ketika di test ternyata hanya mendapatkan kelas terendah
dalam ilmu fiqih, bahkan seorang teman saya yg sudah mengajar
kitab Mughnil Muhtaj dan Al Iqna , sampai disana ketika di test
dengan pertanyaan sebutkan rukun shalat?, kapan diwajibkannya
shalat?, apa arti kalimat shalat?, ia bungkam saja, maka Guru
guru mulia itu hanya tersenyum dan maka teman saya itu mesti
mulai dari kelas terendah bersama anak anak usia 7-10 tahun..

Dan disana shalat subuh adalah shalat fajr, sunnah subuh/qabliyah
subuh adalah sunnat fajr/qabliyat fajr, demikian pula di Makkah
dan Madinah, lalu saya bingung dari fatwa mana pula subuh dan
fajar itu berbeda?, coba anda tanyakan pada guru anda, darimana
sumber yg mengatakan subuh dan fajar itu berbeda.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan
selalu,

Wallahu a lam

Assalaamu^alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh….

Habib Munzir yang saya mulyakan, semoga habib senantiasa
diberikan kesehatan oleh Alloh Subhanahu Wata^ala

Saya sependapat dengan jawaban habib bahwa sholat shubuh itu sama
dengan sholat fajr, yang saya tanyakan kemarin adalah lafal
niatnya saja, dan menurut saya habib telah menjelaskannya secara
jelas.

lalu yang menjadi pertanyaan saya apakah semua guru² kita di
Indonesia ini selalu semuanya seperti itu bila belajar di yaman
(red: Selalu mendapat kelas terendah dalam hal belajarnya)
seperti yang habib sampaikan?

Sebab saya sangat kagum dengan salah seorang ulama di Jakarta
yang walaupun beliau tidak mengenyam pendidikan di timur tengah
tapi mengenai ilmunya diakui oleh para ulama di Jakarta, Beliau
adalah Al-Maghfurlah Hadratu Syaikh Buya Kh Muhammad Syafii
Hadzami.

Sebelumnya maaf apabila pertanyaan saya kurang berkenan, disini
saya hanya ingin mengetahui apakah setiap guru dari Indonesia itu
selalu seperti itu keadaannya bila menuntut ilmu di Timur Tengah
?

Wassalam

Hartono – Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/08/10 14:31 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Kebahagiaan Abadi dan kesejukan jiwa semoga selalu terlimpah pada
anda dan keluarga,

Saudaraku yg kumuliakan,
saya kira anda salah faham, yg saya maksud adalah guru guru fiqih,
bukan Guru besar sekelas KH Syafii hadzamiy,

agar lebih jelas adalah seperti ini, metode belajar disana adalah
dihafal, bila anda sudah mengkhatamkan kitab safinah berarti
difahami disana bahwa anda telah hafal kitab safinah, bila anda
telah khatam zubad berarti telah hafal zubad, bila telah khatam
Minhaj berarti telah mentahqiq setiap kalimat2nya dg Tahqiq yg
matang,

inilah kelebihan para fuqaha mereka, lain di wilayah kita yg bila
khatam suatu kitab maka ditanya tentang salah satu pembahasannya
ia telah lupa.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a lam

mohon maaf jawaban terlambat, posisi saya di Tarim, Yaman

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

ventura1982 Re:qobliyah ashar – 2007/08/12 19:08 Terima kasih atas jawaban
habib atas pertanyaan saya
Dan maafkan saya apabila tidak memahami pernyataan habib
sebelumnya, itu dikarenakan karena pemahaman saya yang kurang.

Sekali lagi Terima kasih…..Alhamdulillahirobbila^lamiin.

dan mengenai Al-Maghfurlah KH Muhammad Syafi^i Hadzami apakah
habib pernah bertemu beliau semasa beliau ada dan bagaimana
menurut habib kepribadian beliau?

Saya sempat menyesal sebab waktu bertemu langsung dengan beliau
pada waktu jadwal Majelis Ta^lim beliau di Mesjid Al Ma^mur di
Tanah Abang, saya tidak sempat cium tangannya, sebab waktu itu
memang ngajinya sedang berjalan dan saya tidak mengikutinya
hingga akhir karena saya disitu hanya mengantar guru saya untuk
ngaji, beberapa hari kemudian saya dengar beliau telah pulang ke
rahmatullah, tapi setidaknya saya bisa berbahagia karena sudah
bertemu langsung dengan beliau.

Wassalamu^alaikum

Hartono – Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/08/13 23:37 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Bulan Rasulullah saw ini semoga selalu menerangi
hari hari anda dalam kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
saya beberapa kali jumpa beliau sebelum wafatnya, dan Guru Mulia
Alhafidh Al Musnid Alhabib Umar bin Hafidh pun pernah kunjung
silaturahmi pd beliau,

dan hingga kini kita ada majelis bulanan di pesantren beliau di
Gandaria,

Demikian saudaraku yg kumuliakan,

Wallahu a lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

Ipoenk Re:qobliyah ashar – 2007/10/03 16:05 Afwan ya habibi.. Kalau yang
dimaksud sholat fajar itu sholat subuh, maka maksud hadits:
“rak^ataa alfajri khairun minad dunya wa maa fiihaa” itu sholat
subuh atawa qabliyah subuh? Sekali lagi ana mohon maaf dan terima
kasih atas jawaban antum. Wassalamualaikum..

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:qobliyah ashar – 2007/10/04 09:48 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari
anda dengan kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
yg dimaksud Rak^atal fajar adalah Qabliyyah subuh. demikian
dijelaskan pada oleh Al Hafidh Imam Ibn Batthal rahimahullah dan
para muhaddits lainnya.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=2692

© http://carauntuk.com/sholat-sunah-rawatib-ghoiru-muakad-qobliyah-ashar

Sponsor 2