ventura1982 Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/05/18 03:48
Assalaamu^alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh…

Habib Munzir yang saya muliakan, semoga habib dan keluarga serta
Majelis Rasulullah senantiasa mendapat rahmat dari Alloh
Subhanahu Wata^ala

Saya ingin menanyakan perihal orang sholat dimesjid yang orang
itu sudah tahu bahwa hasil pembangunan mesjid itu dari hasil uang
yang haram, bagaimana dihukumkan dengan sholatnya ?

Dan kebetulan untuk sholat ke mesjid lain cukup jauh jaraknya,
apakah lebih baik sholat dirumah saja ?

Wassalaamu^alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh

Hartono

Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/05/19 00:30
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kebahagiaan semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
mengenai hal itu bila benar benar kita ,emngetahui kesungguhan dg
yakin dan kesaksian bahwa masjid itu dibangun dengan uang haram
maka shalat ditempat itu tetap sah, namun shalat kita sangat jauh
untuk diterima oleh Allah swt.

sebaiknya anda mencari masjid lain walaupun jauh, dan kalau tak
memungkinkan maka shalat dirumah lebih baik daripada dimasjid yg
dibangun dengan uang haram

namun sekali lagi saya perjelas bahwa masjid yg dibangun dg uang
haram ini sangat langka, sebab mestilah anda benar benar meyakini
dan menyaksikan dan siap dimintai pertanggungjawaban kelak bahwa
masjid itu benar benar dibangun dg uang haram.

demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

ventura1982 Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/05/20 19:16
Assalaamu^alaikum Warahmatullohi Wabarakaatuh.

Habib Munzir yang saya muliakan, semoga habib senantiasa diberi
kesehatan…Amiin

Sebenarnya kejadiannya sudah lama sekali mungkin waktu mesjid itu
dibangun saya belum dilahirkan. jadi saya tidak menyaksikan
secara langsung proses dan penggalangan dana pada waktu itu, tapi
perlu diketahui bahwa daerah saya itu termasuk daerah hitam (
maaf ” tempat Prostitusi ),selama ini saya tidak mengetahui
sejarah terbangunnya mesjid ditempat saya itu, hingga suatu saat
tak sengaja waktu ngobrol dengan salah seorang teman saya dia
cerita tentang mesjid itu, awalnya sih saya nggak ambil pusing
sebab yang ngomong itu termasuk orang luar (dari luar daerah
saya), tapi belum lama ini ada yang cerita seperti itu lagi, nah
kalo yang ini saya baru pikirin sebab yang ngomong ini termasuk
orang lama daerah saya dan orang tuanya dia juga yang mewakafkan
tanahnya untuk dibangun mesjid.

Saya sebenernya sih kalo nggak dikasih tau ngga bakalan tau bib,
tapi karena saya udah tau jadi mesti gimana, masalah ini sih saya
ngga ceritain ke jamaah yang lain, sebab saya khawatir nanti
jamaah bisa syak untuk sholat di mesjid itu.tapi apabila saya
tidak kasih tau berdosakah saya, karena membiarkan saudara kita
sholat di mesjid itu ?

Tapi siapa yah… yang pantas untuk dimintai pertanggung
jawabannya mengenai keterangan sejarah mesjid itu, jika memang
jamaah sudah pada tau?

Dan bagaimana sebaiknya ? bila ingin membersihkan dari dampak
uang haramnya ? apakah mesjid itu harus dibongkar semua trus
dibangun kembali ?

kiranya demikian bib, terima kasih sebelumnya atas penjelasan
habib

Wassalam

Hartono – Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/05/23 16:24
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan rahmat dan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah
pada hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Mengenai hal itu selama tak ada dua orang yg bersaksi atas dg
ucapan jelas tentang pembangunan masjid dg uang haram maka masjid
itu tetap boleh dipakai shalat,

Anda tidak berdosa bila tak memberitahukannya, karena anda tak
memiliki kesaksian dari dua orang yg siap disumpah untuk itu.

Bila ada dua orang saksi yg siap bersumpah bahwa ia menyaksikan
masjid itu dibangun dengan uang haram maka terdapat beberapa
pendapat yg berbeda, sebagian fuqaha mengatakan agar masjid
dihancurkan karena sama saja dengan membangun masjid dg benda
najis, dan wakafnya dibatalkan oleh Qadhi / hakim lalu diwakafkan
kembali atas nama khalifah / hakim / muslimin lalu dibangun
kembali.

Pendapat lain mengatakan keberadaan masjid itu dirujuk kepada
hakim untuk memutuskannya apakah dibangun kembali atau di alih
fungsikan,
Dan masih ada lagi pendapat lainnya, maaf saya terburu buru
menjawab, pagi ini saya dalam perjalanan menuju bandara tujuan
Kualalumpur Malaysia, mohon doa.

wassalam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

ventura1982 Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/06/04 01:31
Assalaamu^alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh..

Semoga Habib senantiasa diberikan kesehatan oleh Alloh Subhanahu
Wata^ala

Habib Mundzir yang saya Mulyakan…

Maaf menyambung pertanyaan ini, Jika ada pertanyaan dari jamaah
yang lain, “kenapa ente jarang sholat jamaah dimesjid sekarang²
ini “? lalu sebaiknya saya jawabnya gimana bib? bila saya jawab
dengan jujur saya khawatir urusannya jadi panjang, jika saya
bohong juga salah.

Mohon nasehat dari Habib.

Syukron

Wassalammu^alaikum
Hartono – Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/06/04 05:49
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan Rahmat dan kebahagiaan semoga selalu tercurah pada hari
hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
kalau pribadi saya, saya akan terus shalat di masjid itu, malah
saya makin rajin shalat disitu, dan saya akan terus berdoa pada
Allah swt agar Allah mengampuni pewakaf itu, karena diapun saudara
saya, karena dia tidak menyembah selain Allah, dan dia mengakui
nabi Muhammad saw utusan Allah, dan tentunya kalau dia tahu bahwa
perbuatan dosanya itu akan membuahkan kemarahan Allah dan siksa
niscaya ia ta berbuat seperti itu..

ALLAHUMMAHDIY QAUMIY.. FA INNAHUM LAA YA^LAMUUN..

wahai Allah beri kaumku petunjuk, karena ia tidak tahu..

maka sayapun akan mendoakannya dengan Doa wahai Allah ampuni dia,
karena dia tidak mengetahui..

dan detik ini saya sedang berdoa kepada Allah tuk pengampunan
pewakaf masjid itu.. entah apa yg sedang menimpanya didalam kubur,
sungguh bila ia tahu keadaannya seperti itu maka ia tak akan
berbuat demikian..

dan Jiwa Akhlak yg kita warisi dari Rasul saw cenderung selalu
mendoakan pendosa dari ummat beliau saw.

nah saudaraku.. demikian saran saya.. semoga dalam kebahagiaan
selalu,

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

ventura1982 Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/06/04 19:45
Assalaamu^alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh…

Habib Mundzir yang saya mulyakan

Jazakumullah Khairan Katsiran atas nasehat yang habib berikan
kepada saya.

Bib….
Apakah hadist yang ke 30 dari hadist Al-Arba^in Annawawiyah itu
nyambung dengan masalah ini, Hadist yang diriwayatkan dari Abi
Tsa^labah Al Khusyanni Jurtsum ibni Nasirin Radhiallahu A^nhu
diakhir hadist itu Rasullalah Shallallahu ^alaihi wa aalihi
wasalam bersabda “Wasakata an asyyia^a rahmatallakum ghairu
nisyaanin falaa tabhasuu^anha” ( Dan Alloh diam atas segala
sesuatu itu merupakan rahmat bagimu, bukan Alloh lupa maka jangan
engkau membahasnya)…???

Maksud saya nyambung disini adalah bila ada sesuatu yang
mengganjal dihati bila sudah ada hukum yang tetap & jelas maka
jangan engkau mencari² sesuatu yang lain, karena itu merupakan
rahmat untuk kita dari Alloh Subhanahu Wata^ala.

Demikian bib mohon penjelasannya dari hadist tersebut diatas.

Maaf bib terus terang saya ini bukan jamaah Majelis Rasulallah
yang biasa hadir langsung setiap ada jadwal yang diadakan Majelis
Rasullalah, tapi mudah²an dengan silaturahim lewat forum ini saya
bisa dianggap sebagai jamaah dari Majelis Rasulallah dan mohon
kiranya habib merestuinya.

Saya sebenarnya ingin hadir dan langsung ketemu dengan habib,
tapi karena waktu kerja saya nggak tentu pulangnya jadi takut
nggak istiqomah bib… Mohon doanya bib agar saya selalu bisa
berkomunikasi dengan habib lewat forum ini.

Wassalaamu^alaikum

Hartono – Mangga Besar XIII

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:Sholat Dimesjid Hasil Uang Haram – 2007/06/05 02:16
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

betul saudaraku, hadits itu bisa dimaknakan demikian,

dan insya Allah kita akan segera bertemu.. nah saudaraku, semoga
dalam kebahagiaan selalu,

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=4209

© http://carauntuk.com/sholat-dimesjid-hasil-uang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here