Sponsor 1

forum.majelisrasulullah.org

setiap ayat ada tafsir dan asbab nuzulnya, perlu dilihat hadits hadits pendukungnya, dan hal poligami ini bukan baru dibahas hari ini, telah disepakati oleh ribuan ulama dan Muhadditsin, mereka itu pakar hadits dan pakar syariah yg hafal ratusan ribu hadits rasul saw, bukan ulama masa kini yg melihat buku terjemah lalu berfatwa menentang sunnah

Mohon maaf – 2007/02/26 05:15Assalamu'alaikum Al habib Munzir, 

 

 

 

Pertama sekali terimalah permohonan maaf dari saya karena telah menyebarkan tulisan habib tentang "kehancuran sunnah" di sebuah forum diskusi internet. Adapun saya melakukannya karena merasa tidak rela jika sunnah Poligami dipermasalahkan, karena di forum tersebut saya melihat banyak anggota forum yg tidak bisa melihatnya sunnah poligami secara proporsional. 

 

Dan saya mohon petunjuk habib, apa yg seharusnya saya sampaikan jika mereka mempermasalahkan Poligami-nya, bukan Oknum pelaku poligami yg serampangan.karena sepertinya mereka tidak juga mau menerima apa yg telah habib tulis dalam artikel tentang "kehancuran Sunnah".

 

Maafkan saya

 

wassalam

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Mohon maaf – 2007/02/26 20:26Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

 

 

 

Limpahan kebahagiaan semoga selalu menaungi hari hari anda,

 

saudaraku yg kumuliakan, pengingkaran memang selalu muncul, karena dalam segala hal mestilah ada pro kontra, demikian pula dalam hukum hukum Allah swt.

 

bahkan keberadaan Allah swt pun masih ada yg memungkiri.

 

namun bisa kita jelaskan semampu kita atas penolakan penolakan mereka, kiranya kearah mana penolakan mereka?, bisa anda sampaikan?, saya akan berusaha menjawabnya,

 

namun bila itu akan membawa manfaat bagi mereka, bila tidak maka tak berguna kita memperpanjang perdebatan pada orang yg tak mau menerima kebenaran

 

demikian saudaraku yg kumuliakan,

 

wallahu a'lam

 

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

 

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

 

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Mohon maaf – 2007/02/26 21:03Al habib munzir yang dirahmati Alloh,
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena telah sudi memberikan tanggapan berikut penjelasan. memang, debat tentang poligami di forum diskusi tersebut tidak menemukan titik puncaknya walaupun tulisan Habib tentang Kehancuran Sunnah sudah saya pampang di forum. berikut saya kutipkan tanggapan salah seorangnya;

 

 

 

….akan tetapi..poligami bukan sunnah yg 'wajib' diikuti..bahkan Allah SWT sendiri mewahyukan lewat Nabi kita tercinta…di penghujung ayat yg mem"boleh"kan poligami..kurang lbh spt ini :

 

" tetapi jika engkau takut tidak bisa berbuat adil, maka nikahilah seorang saja. sesungguhnya yang demikian itu LEBIH DEKAT KEPADA TIDAK BERBUAT ANIAYA." juga.."HANAY SEDIKIT DI ANTARA KALIAN YANG MAMPU BERPOLIGAMI".

 

jangan bilang poligami adalah sunnah yang wajib diikuti…itu tuh..ada ayat dalam al-qur'an yang menentang pendpt poligami adalah sunnah yg 'wajib'…ternyata Allah Maha Adil…dan Maha Tahu kebanyakna laki2 itu spt apa..

 

jadi jgn menitikberatkan sunnah=poligami ..

 

dissagree 🙂

 

kenapa ?? karena kebanyakan laki2 tidak akan mampu. ( saya yakin bicara spt ini, krn ada tercantum dlm al-quran itu sendiri..). 

 

krn itu..saya tdiak setuju poligami di masyarakatkan..nantinya akan berdampak negatif !

 

Itu saja ya Habib sebagian kutipan tanggapan orang tersebut tentang tulisan Kehancuran Sunnah…
Saya menunggu tanggapan dari habib

 

Billahi taufiq walhidayah

 

Wassalamu'alaikum

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Mohon maaf – 2007/02/26 21:57Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

 

 

 

Limpahan keberkahan semoga selalu melimpah pada anda dan keluarga,

 

saudaraku, yg sunnah adalah bukan hal yg wajib.

 

poligami adalah sunnah dan bukan wajib, dan penafsiran rekan anda dengan membaca dhohir ayat dan menafsirkan tanpa ilmu adalah kesalahan yg nyata.

 

karena setiap ayat ada tafsir dan asbab nuzulnya, perlu dilihat hadits hadits pendukungnya, dan hal poligami ini bukan baru dibahas hari ini, telah disepakati oleh ribuan ulama dan Muhadditsin, mereka itu pakar hadits dan pakar syariah yg hafal ratusan ribu hadits rasul saw, bukan ulama masa kini yg melihat buku terjemah lalu berfatwa menentang sunnah.

 

bila kita menafsirkan alqur;an tanpa melihat hadits hadits pendukungnya maka dalam Alqur'an tak ada cara cara shalat, yg ada hanya perintah shalat, bahkan shalat itu disebutkan untuk "didirikan" padahal maknanya bukan hanya berdiri, tapi padanya ruku dan sujud, 

 

dalam Alqur'an tak pula disebutkan 5 waktu shalat, namun hadits yg menjelaskannya, dalam Alqur'an dikatakan semua orang akan masuk neraka, padahal tidak semua orang yg masuk neraka.

 

demikian pula dalam masalah poligami, tak mungkin orang melihat satu ayat lalu berfatwa menentang sunnah, padahal hadits menjelaskan sunnahnya poligami, padahal bila poligami ber efek buruk pada muslimin maka mustahil Allah memperbolehkannya.

 

ayat itu menjelaskan kebolehannya poligami, dan agar berhati hati bagi mereka yg ingin melakukannya.

 

ayat itu tidak mengharamkan poligami, tapi berupa himbauan agar berhati hati, tak satu huruf pun dalam ayat itu yg menandakan penafian / pelarangan, karena dalam hukum syariah pelarangan mestilah berupa perintah, bukan himbauan.

 

kiranya adakah satu ayat atau satu hadits yg mengharamkan poligami ?

 

salah satu hikmah poligami adalah jumlah wanita masa kini yg lebih banyak dari pria, adakah solusi untuk kaum wanita ini?, apakah membunuhnya?, atau membiarkannya berkeliaran merusak rumah tangga orang lain?, siapa yg akan menjaga dan membimbing merreka?, tunjukkan satu hukum logika untuk menangani jumlah wanita yg semakin banyak dari pria?.

 

siapa yg membuat jumlah wanita ini lebih banyak dari pria?, tentunya Allah swt.

 

lalu lihatlah solusi dari Allah yang maha mencipta, Dia swt memperbolehkan poligami. 
inilah jalan keluar satu satunya untuk mengatasi jumlah wanita yg lebih banyak dari pria.

 

semoga Allah swt memberikan keluasan sanubari pada saudara saudara kita agar termuliakan dengan mencintai sunnah, kita tidak mewajibkan poligami, tidak pula mengingkarinya, bagi yg ingin mengamalkannya maka syariah telah memperbolehkannya, bagi mereka yg takut tidak adil maka masih banyak sunnah yg lain yg menantinya,

 

namun semua pendapat siapapun tak mungkin kita menerimanya demi menafikan sunnah.

 

demikian saudaraku yg kumuliakan,

 

wallahu a'lam

sumber

© http://carauntuk.com/setiap-ayat-ada-tafsir-dan-asbab-nuzulnya-perlu-dilihat-hadits-hadits-pendukungnya-dan-hal-poligami-ini-bukan-baru-dibahas-hari-ini-telah-disepakati-oleh-ribuan-ulama-dan-muhadditsin-mereka-itu-pa

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker