jump to navigation

sedangkan Rasul saw memperbolehkan suara riuh bila hal itu merupakan farah atau luapan kegembiraan muslimin,
August 16, 2014

Posted by cu.admin in : forum.majelisrasulullah.org , trackback
kembang api – 2007/04/22 09:17Assalamu'alaikum wr wb.

Semoga Allah SWT selalu memberikan nikmat sehat wal afiat untuk habib dan keluarga.

bib ana mau tanya nih. kemarin dirumah ana mengadakan maulid yang mana tepat dimalam 12 rabiul awwal ( di rumah bpk ana ( H. asro ) dan dihadiri begitu banyak jama'ah dari sekitar rumah dan jama'ah majelis rasulullah saw. dan peringatan maulidnya begitu sangat meriah sampai menyalakan kembang api. namun bib, ada kabar dari teman bapak ana bahwa ada beberapa tetangga ana yang bilang bahwa membakar kembang api pada saat maulid itu bid'ah. padahal bapak ana sebelumnya bilang dulu ke habib apakah boleh atau tidak membakar kembang api pada saat maulid dan habib memperbolehkan karena setahun sekali dan untuk lebih meriah namun kalau sering baru habib tidak memperbolehkan.

bagaimana tanggapan habib dengan tetangga ana yang menyebutkan bahwa maulid yang kami selenggarakan dengan membakar kembang api itu bid'ah? kalau iya atau tidak tolong habib sertakan penjelasannya dengan hadist ya.

terima kasih ya habib ku yang tersayang.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:kembang api – 2007/04/22 16:54Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan kebahagiaan dan rahmat Nya swt semoga selalu tercurah pada anda dan keluarga,

saudaraku Muhammad Syafii yg kumuliakan,
mengenai ucapan seperti itu tentunya muncul dari ketidak fahaman mereka akan syariah, mereka menganggap hal yg mengganggu ketenangan mereka adalah dosa dan bid'ah, ,mereka lupa televisi dirumahnya pun bid'ah, siang dan malamnya dipenuhi hal hal yg bid'ah, namun mereka tak menghiraukannya, dan saat mereka terusik ketenangannya maka mereka mencari alasan untuk mengkontra hal itu dengan alasan bid'ah.

sedangkan Rasul saw memperbolehkan suara riuh bila hal itu merupakan farah atau luapan kegembiraan muslimin, seperti pernikahan, hari Ied, atau munasabah acara lainnya, hal ini telah diriwayatkan dalam shahihain Bukhari dan Muslim dan seluruh ulama ahlussunnah waljamaah mengakuinya.

hanya mereka yg tak mengerti hukum saja yg mengingkarinya dengan mencari cari alasan yg bukan pd tempatnya, saran saya tetangga yg seperti itu disantuni dg hadiah dan kiriman kue atau buah atau kelembutan lainnya maka ia akan berubah.

nah. saudaraku Muhammad syafii, semoga dalam kebahagiaan selalu,

salam takdhim untuk ayahanda Bpk Hj Asro dirumah,

wassalam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/sedangkan-rasul-saw-memperbolehkan-suara-riuh-bila-hal-itu-merupakan-farah-atau-luapan-kegembiraan-muslimin

Sponsor 2

Tags: