forum.majelisrasulullah.org

Sanad adalah untaian periwayat suatu ilmu, atau dzikir, atau hadits, misalnya hadits ini kudengar dari “guruku si fulan, dari gurunya, Kyai fulan, dari.. dari…dari..”. nah untaian periwayat itu disebut sanad.

hadis – 2007/03/08 02:03assalamualaikum wr.wb
puji sarta syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yg telah memberikan kita nikmat yang banyak dan tak terhitung.
Shalawat serta salam selalu tercurah limpah kepada Nabi Muhammad dan keluarga serta sahabatnya mudah -mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya.Amin
Habib ana mau tanya:
1.Apakah arti Sanad ?
2.Apakah arti Matan ?
Sebelumnya saya pernah belajar tentang itu tapi saya kurang mengerti.Saya mohon penjelasan dari habib.
Terima kasih atas jawaban habib dan saya mohon maaf kalo kata – kata saya ada yang salah.
mudah-mudahan jawaban habib bermanfaat untuk saya .Amin
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:hadis – 2007/03/08 10:23Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

 

Cahaya keberkahan dan anugerah Nya semoga selalu melimpah pada anda dan keluarga,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. Sanad adalah untaian periwayat suatu ilmu, atau dzikir, atau hadits, misalnya hadits ini kudengar dari “guruku si fulan, dari gurunya, Kyai fulan, dari.. dari…dari..”. nah untaian periwayat itu disebut sanad.

2. Matan adalah untaian / rangkaian kalimat, misalnya sabda Nabi saw : “agama adalah nasihat”, nah rangkaian kalimat itu disebut matan.

Demikian saudaraku yg kumuliakan,

Wallahu a’lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:hadis – 2007/03/14 03:36Assalamualaikum wr.wb

 

puji syukur kita panjatkan ke pada Allah SWT yg sampai pada saat ini kita masih di berikan nimat yg banyak dan tak terhitung,shalawat serta salam semoga tercurah limpah kepada manusia yg sempurna dalam segala hal Nabi besar kita,Nabi Muhammad SAW serta keluarga dan para sahabatnya.
Habib Munzir yg saya cintai dan saya hormati mudah-mudahan Allah SWT selalu meberikan Nimat sehat,panjang umur serta di berikan ilmu yang banyak dan bermafaat untuk kami yg bodoh ini.
Habib saya mau tanya masalah Hadis yang pertama Tentang Niat.

1. Dari Amirul Mu’minin, (Abu Hafsh atau Umar bin Khottob rodiyallohu’anhu) dia berkata: ”Aku pernah mendengar Rosululloh shollallohu’alaihi wassalam bersabda: ’Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya. Oleh karena itu, barangsiapa yang berhijrah karena Alloh dan Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Alloh dan Rosul-Nya. Dan barangsiapa yang berhijrah karena (untuk mendapatkan) dunia atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya itu kepada apa yang menjadi tujuannya (niatnya).’” (Diriwayatkan oleh dua imam ahli hadits; Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrohim bin Mughiroh bin Bardizbah Al-Bukhori dan Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusairy An-Naisabury di dalam kedua kitab mereka yang merupakan kitab paling shahih diantara kitab-kitab hadits)[
Imam Ahmad rahimahullah berkata: “Ada Tiga hadits yang merupakan poros agama, yaitu hadits Úmar, hadits Aísyah, dan hadits Nu’man bin Basyir.”
yang mau saya tanya kan apa maksud dari perkataan Imam Ahmad rahimahullah tersebut ?
2. sahkah sholat kita bila kita bermakmum pada orang yang tidak seakidah dgn kita misalnya wahabi!
kalo tidak sah bagimana cara saya untuk menghindari dari mereka sebab di tmpat saya bekerja bnayk orang yg tak seakidah dgn saya dan mereka yg menguasai musolah di tempat saya dan biasanye mereka itu yg jadi imam sholat?
terimakasih atas jawaban habib mudah mudahan bermanfaat untuk say dan untuk yang lainnye. Amin

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:hadis – 2007/03/14 13:15Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

 

Limpahan kasih sayang Nya dan Rahmat Nya swt semoga selalu berhembus pada hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan, 
1. yg dimaksud Imam Ahmad adalah tiga hadits yg kesemuanya ada pada kitab Arba'in Nawawiy :
a. hadits no.2 riwayat Umar bin Khattab ra mengenai rukun Islam, rukun Iman dan rukun Ihsan dan tanda hari kiamat, riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

b. hadits no.5 riwayat ummulmukminin Aisyah ra, hadits menjelaskan mengenai larangan menambahkan ajaran baru yg bertentangan dg syariah islam, riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

c. hadits no 6 dari Nukman bin Basyir ra yg menjelaskan bahwa yg halal telah jelas dan yg haram telah jelas dan diantaranya adalah yg syubhat, dan ada penjelasan lain mengenai kemuliaan hati diantara seluruh tubuh, riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim..

maaf saudaraku saya tak menuliskan ketiga hadits itu dg lengkap karena cukup panjang, namun ringkasnya Imam Ahmad berpendapat bahwa Intisari syariah islam bersumber pada tiga hadits itu, namun masih banyak [endapat para Imam lainnya.

2. bermakmum dg yg berlainan Madzhab adalah ikhtilaf ulama, namun bermakmum pada wahabi sah hukumnya karena mereka hanyalah orang yg dangkal pemahaman syariahnya, terkecuali bila mereka terlalu sering memusyrikkan orang orang muslim, maka sebaiknya anda mencari imam lain, rasanya segan bila di catatan amal shalat kita adalah bermakmum pada seorang yg memusyrikkan orang orang muslim.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

sumber

© http://carauntuk.com/sanad-adalah-untaian-periwayat-suatu-ilmu-atau-dzikir-atau-hadits-misalnya-hadits-ini-kudengar-dari-guruku-si-fulan-dari-gurunya-kyai-fulan-dari-daridari-nah-unta

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close