Homeforum.majelisrasulullah.orgriwayat tentang Taqdim dan Takhir adalah jelas berlandaskan hadits shahih

riwayat tentang Taqdim dan Takhir adalah jelas berlandaskan hadits shahih

forum.majelisrasulullah.org 0 0 likes 75 views share

aboued jama taqdim – 2008/05/01 16:53 salam rahmat Allah untuk habib dgn
kesehatan

habib munzir yg sy cintai
bebrapa hari lalu sy bertemu bpk tua yg bercakap2 dgn sy…hingga
dia menyampaikan pada sy bahwa jama^ taqdim, mengumpulkan shalat d
awal waktu…tidak berlandaskan hadist shahih…tp dhoif…dia
mengajak sy untuk tidak melakukan shalat jama taqdim

sy d beri buku bacaan, yg memang memperlihatkan ayat-ayat
Al-Quraan yg bertentangan dengan tidak shalat bila belum datang
waktunya…

mhn petunjuk habib yg lebih sy percayai tt syariah islam

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose=

munzir Re:jama taqdim – 2008/05/03 13:45 Alaikumsalam warahmatullah
wabarakatuh,

Rahmat dan kelembutan Allah swt semoga selalu menerbitkan
kebahagiaan pd hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
beliau itu barangkali belum memahami saja, riwayat tentang Taqdim
dan Ta;khir adalah jelas berlandaskan hadits shahih, diriwayatkan
berkata Salim ra aku bersama Ibn Umar ra dan ketika waktu shalat
magrib maka aku berkata : “Shalat..?”, beliau (Ibn Umar ra)
berkata : “jalan terus”, tak lama aku berkata lagi : “Shalat..??”,
beliau berkata : “Jalan terus”, aku diam dan terus lagi setelah
beberapa waktu kukatakan : “Shalat..???!!”, beliau berkata :
“Jalan Terus..!”, sampai perjalanan lama (sudah keluar waktu
magrib), lalu beliau berhenti dan berkata : “Beginilah perbuatan
Rasulullah saw jika sedang ingin bersegera dalam perjalanan,beliau
mengakhirkan magrib pada Isya” (Shahih Bukhari Bab ALjum^at pasal
: Yushalli 3 rakaat fissafar).

berkata Abi Jahiifah ra : Rasul saw shalat di Bath ha (nama
wilayah yaitu saat beliau saw dalam perjalanan) dhuhur dan Ashar
(Shahih Bukhari Bab Shalat, pasal shalat Ilaa ^anzah)

dan hadits nya banyak sekali riwayat shahih Bukhari, shahih Muslim
dll.

hal inipun diakui oleh seluruh Madzhab

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita
cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

aboued Re:jama taqdim – 2008/05/03 18:10 salam rahmat Allah atas habib
sehingga bisa terus menyiar Islam d tanah air ini

iya habib, sy jg sudah baca buku fiqih 5 mahzab Muhammad Jawab
Mughniyah…biasanya selalu ada perbedaan, tp soal jama malah
tidak ada pembahasan, satu suara…jadi sy lebih yakin atas
penjelasanan habib

sedangkan yg d jadikan hujjah dalam buku panduan shalat terbitan
yayasan misi islam kaffah, adalagh Q.s 4:103…Sesungguhnya salat
itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang
yang beriman. awal baca sy sendiri pun merasa ayat ini gak
nyambung dgn hal jama^…walau mereka menggunakan analogi “tidak
bisa membayar hutang bila belum berhutang”

hanya yg bikin sy penasaran adalah karena tidak ada bahasan dalam
kitab fiqih 5 mahzab dan hadist yg d usung dalam buku teman sy itu
cuma sy, hadist y mereka anggap dhoif

nah dengan habib memberi tahu sy hadist shohih bukhari ini sy akan
coba jelaskan k bapak tadi…

namun sy bukan sx ini sj bertemu oragn yg mempertentangkan matan
hadist sekalipun shahih dengan ayat alquran…nanti akan sy bahas
d topik lain…

selebihnya…Alhamdulillah atas ilmu yg habib sampaikan kepada
sy…InsyaAllah sy bisa ikut menyampaikan pada orang lain.

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:jama taqdim – 2008/05/04 05:25 Hayyakumullah.. semoga Allah
menyambut anda dengan segala anugerah Nya swt..

mengenai : tidak bisa membayar hutang sebelum ada hutang, maka
jawabannya bahwa Jamak bukanlah Qadha, hal ini tak bisa disamakan,
antara keringanan dengan pembayaran,

hal ini logikanya dimiripkan keringanan tugas dari atasan karena
melihat kesibukan pribadi kita maka atasan memberi keringanan jam
kerja hanya setengah hari,

berbeda dengan kelalaian pegawai hingga atasan menugasinya tetap
bekerja di hari minggu / hari libur dengan jam kerja setengah hari
demi membayar kelalaiannya.

lalu seseorang berkata : jadwal kerja setengah hari tak bisa
didapatkan selain di hari minggu.

tentunya berbeda antara penebusan kesalahan dengan keringanan,
walaupun sama sama bekerja setengah hari.

demikian kira kira letak kekeliruan logika mereka.

lalu bagaimana dengan Qashr, jumlah rakaat yg dari 4 menjadi dua
rakaat?, lalu bagaimana dengan perintah zakat bagi orang yg
fuqara?, tentunya tak wajib zakat, dan masih banyak lagi perintah
Alqur^an yg umum namun ada pengecualiannya dan hal itu dijelaskan
oleh hadits Nabi saw.

karena cara shalatpun tak ada di Alqur^an,dan hanya ada di hadits
Nabi saw.

wallahu a^lam

Forum silahturahmi jama^ah Majelis Rasulullah, klik disini http://
groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=14049

© http://carauntuk.com/riwayat-tentang-taqdim-dan-takhir-adalah-jelas-berlandaskan-hadits-shahih

Leave a Reply

-->