AL Maghfurlah Habibana Munzir AL Musawa

qobliyah ashar

forum.majelisrasulullah.org 0 0 likes 258 views share

qobliyah ashar – 2007/02/23 03:41assalamualaikum ya habib.
nama saya ahmad rivai. saya ingin menanyakan tentang sholat sunah rawatib ghoiru mua'kad qobliyah ashar yang berjumlah 4 rokaat. saya ragu ragu menjalankan sholat sunah tersebut karena kurang mengerti bagaimana melaksanakan nya yang benar :

1.apakah sholat tersebut dikerjakan dengan 2 rakaat salam ditambah 2 rokaat lagi dan salam atau…
2.apakah sholat tersebut dikerjakan dengan 4 rokaat langsung dan ditutup dengan salam akhir atau…
3. apakah sholat tersebut dikerjakan dengan dengan 4 rokaat langsung dan di setiap dua rokaatnya dengan tasyahud awal, dan dilanjutkan sampai 4 rokaat..

terima kasih atas jawabannya. mudah mudahan tidak ada keraguan lagi untuk saya dalam mengerjakan sholat sunah ini.

wassalmualaikum ya habib

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/02/23 04:57Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan kebahagiaan semoga selalu menerangi hari hari anda dan keluarga,

saudaraku yg kumuliakan,

cara yg benar adalah dua diantara tiga cara yg anda sampaikan, yaitu boleh dengan satu salam, dan boleh dg dua salam, dan yg lebih shahih riwayatnya adalah yg lebih banyak dipilih oleh para Ulama kita adalah dg dua salam

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/02/25 19:10syukron atas jawabannya. ya habib
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/02/26 19:26Baarakallahufiikum.. Limpahan keberkahan atas anda dan keluarga.

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 04:11Assalamualaikum..afwan ya habibana, ana pernah mendapat keterangan bahwa yang disebut sholat qobliyah itu harus ada badiyahnya, begitu juga sebaliknya. Seperti qobliyah dan badiyahnya zhuhur, maghrib dan isya. Sedangkan subuh karena tidak ada badiyahnya maka sholat sunat sebelum subuh disebut sholat fajr, dan begitu pula ashar, karena tidak ada badiyahnya maka sholat sunat sebelum ashar disebut sholat sunat ashar. Jadi niatnya "usholli sunnatal ashri". Apakah benar keterangan2 yang saya dapat tsb ya habibana? Jazakumullahu khairal jaza
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 05:58Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan keridhoan Nya swt semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
tidak demikian, tidak semua shalat fardhu mesti ada qabliyah dan ba'diyah nya, dan mengenai shalat fajar itu adalah shalat subuh, dan qabliyah subuh adalah qabliyah fajar,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dala kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 07:16Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh….

Habib yang saya mulyakan….

Menyambung saudara Ipung, lalu bagaimana seharusnya lafal niat dalam mengerjakan shalat sunah sebelum ashar dan sebelum shubuh, memang saya sendiri dapat dari guru saya seperti apa yang disampaikan saudara ipung.

Bila sholat sunah sebelum Ashar lafadznya " Usholli Sunnatal Ashri rak'ataini lillahi ta'ala "

Bila sholat sunah sebelum shubuh lafadznya " Usholli Sunnatas Shubhi rak'ataini lillahi ta'ala"

menurut guru saya setiap sholat yang tidak ada ba'diyahnya maka tak ada qobliyahnya, maksud dari perkataan ini bukan tidak ada sholatnya tapi dari lafal niatnya tidak di dzohirkan seperti pelaksanaan sholat sunah yang lainnya ( Maghrib,Isya,Dzuhur).

Demikian bib, 
terima kasih atas perhatiannya, dan mohon maaf bila ada kata² yang kurang berkenan.

Wassalam

Hartono – Mangga Besar XIII

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/06 18:25Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Kebahagiaan dan Kelembutan Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Mengenai lafadh niat ini anda boleh menggunakan Qabliyyat Ashr, boleh sunnatal Ashr, boleh Qablal Ashr, dan pada subuh boleh Qabliyyatal Fajr, boleh Qablal fajr, boleh sunnatalfajr, 

Kesemuanya sah, dan bila anda lihat di segenap hadits yg meriwayatkan shalat sunnah rawatib tak satupun yg mengatakan kalimat “Qabliyyah” atau “Ba’diyah”, lafadh itu muncul dari Ijtihad ulama saja

Dan sayapun bingung darimana munculnya pemahaman fajar dan subuh itu berbeda?, sayapun dulunya seperti itu, tapi ketika saya ke Yaman dan berhadapan dengan puluhan para Ulama besar dan para mufti disana, dimana guru guru fiqih di negeri kita ini sampai kesana ketika di test ternyata hanya mendapatkan kelas terendah dalam ilmu fiqih, bahkan seorang teman saya yg sudah mengajar kitab Mughnil Muhtaj dan Al Iqna’, sampai disana ketika di test dengan pertanyaan sebutkan rukun shalat?, kapan diwajibkannya shalat?, apa arti kalimat shalat?, ia bungkam saja, maka Guru guru mulia itu hanya tersenyum dan maka teman saya itu mesti mulai dari kelas terendah bersama anak anak usia 7-10 tahun.. 

Dan disana shalat subuh adalah shalat fajr, sunnah subuh/qabliyah subuh adalah sunnat fajr/qabliyat fajr, demikian pula di Makkah dan Madinah, lalu saya bingung dari fatwa mana pula subuh dan fajar itu berbeda?, coba anda tanyakan pada guru anda, darimana sumber yg mengatakan subuh dan fajar itu berbeda.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/08 09:54Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

keberkahan solawat semoga selalu mengiringi habib

bib mau tanya nih —–> selain solat sunnah asar dan subuh, tanpa lafad qobliyah dan ba'diyahpun berarti tetap sah? 

"satu niat" di kerjakan sebelum dan sesudah niatnya sama

usolli sunnatal zduhri rok'ataini lillahita'ala—–> "buat sebelum ma sesudah"

gpp kan bib?

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/08 23:44munzir tulis:
Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Kebahagiaan dan Kelembutan Nya swt semoga selalu menerangi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
Mengenai lafadh niat ini anda boleh menggunakan Qabliyyat Ashr, boleh sunnatal Ashr, boleh Qablal Ashr, dan pada subuh boleh Qabliyyatal Fajr, boleh Qablal fajr, boleh sunnatalfajr, 

Kesemuanya sah, dan bila anda lihat di segenap hadits yg meriwayatkan shalat sunnah rawatib tak satupun yg mengatakan kalimat “Qabliyyah” atau “Ba’diyah”, lafadh itu muncul dari Ijtihad ulama saja

Dan sayapun bingung darimana munculnya pemahaman fajar dan subuh itu berbeda?, sayapun dulunya seperti itu, tapi ketika saya ke Yaman dan berhadapan dengan puluhan para Ulama besar dan para mufti disana, dimana guru guru fiqih di negeri kita ini sampai kesana ketika di test ternyata hanya mendapatkan kelas terendah dalam ilmu fiqih, bahkan seorang teman saya yg sudah mengajar kitab Mughnil Muhtaj dan Al Iqna’, sampai disana ketika di test dengan pertanyaan sebutkan rukun shalat?, kapan diwajibkannya shalat?, apa arti kalimat shalat?, ia bungkam saja, maka Guru guru mulia itu hanya tersenyum dan maka teman saya itu mesti mulai dari kelas terendah bersama anak anak usia 7-10 tahun.. 

Dan disana shalat subuh adalah shalat fajr, sunnah subuh/qabliyah subuh adalah sunnat fajr/qabliyat fajr, demikian pula di Makkah dan Madinah, lalu saya bingung dari fatwa mana pula subuh dan fajar itu berbeda?, coba anda tanyakan pada guru anda, darimana sumber yg mengatakan subuh dan fajar itu berbeda.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh….

Habib Munzir yang saya mulyakan, semoga habib senantiasa diberikan kesehatan oleh Alloh Subhanahu Wata'ala

Saya sependapat dengan jawaban habib bahwa sholat shubuh itu sama dengan sholat fajr, yang saya tanyakan kemarin adalah lafal niatnya saja, dan menurut saya habib telah menjelaskannya secara jelas.

lalu yang menjadi pertanyaan saya apakah semua guru² kita di Indonesia ini selalu semuanya seperti itu bila belajar di yaman (red: Selalu mendapat kelas terendah dalam hal belajarnya) seperti yang habib sampaikan?

Sebab saya sangat kagum dengan salah seorang ulama di Jakarta yang walaupun beliau tidak mengenyam pendidikan di timur tengah tapi mengenai ilmunya diakui oleh para ulama di Jakarta, Beliau adalah Al-Maghfurlah Hadratu Syaikh Buya Kh Muhammad Syafii Hadzami.

Sebelumnya maaf apabila pertanyaan saya kurang berkenan, disini saya hanya ingin mengetahui apakah setiap guru dari Indonesia itu selalu seperti itu keadaannya bila menuntut ilmu di Timur Tengah ?

Wassalam

Hartono – Mangga Besar XIII

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/10 14:31Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kebahagiaan Abadi dan kesejukan jiwa semoga selalu terlimpah pada anda dan keluarga,

Saudaraku yg kumuliakan,
saya kira anda salah faham, yg saya maksud adalah guru guru fiqih, bukan Guru besar sekelas KH Syafii hadzamiy,

agar lebih jelas adalah seperti ini, metode belajar disana adalah dihafal, bila anda sudah mengkhatamkan kitab safinah berarti difahami disana bahwa anda telah hafal kitab safinah, bila anda telah khatam zubad berarti telah hafal zubad, bila telah khatam Minhaj berarti telah mentahqiq setiap kalimat2nya dg Tahqiq yg matang,

inilah kelebihan para fuqaha mereka, lain di wilayah kita yg bila khatam suatu kitab maka ditanya tentang salah satu pembahasannya ia telah lupa.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

mohon maaf jawaban terlambat, posisi saya di Tarim, Yaman

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/12 19:08Terima kasih atas jawaban habib atas pertanyaan saya
Dan maafkan saya apabila tidak memahami pernyataan habib sebelumnya, itu dikarenakan karena pemahaman saya yang kurang.

Sekali lagi Terima kasih…..Alhamdulillahirobbila'lamiin.

dan mengenai Al-Maghfurlah KH Muhammad Syafi'i Hadzami apakah habib pernah bertemu beliau semasa beliau ada dan bagaimana menurut habib kepribadian beliau?

Saya sempat menyesal sebab waktu bertemu langsung dengan beliau pada waktu jadwal Majelis Ta'lim beliau di Mesjid Al Ma'mur di Tanah Abang, saya tidak sempat cium tangannya, sebab waktu itu memang ngajinya sedang berjalan dan saya tidak mengikutinya hingga akhir karena saya disitu hanya mengantar guru saya untuk ngaji, beberapa hari kemudian saya dengar beliau telah pulang ke rahmatullah, tapi setidaknya saya bisa berbahagia karena sudah bertemu langsung dengan beliau.

Wassalamu'alaikum

Hartono – Mangga Besar XIII

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/08/13 23:37Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Bulan Rasulullah saw ini semoga selalu menerangi hari hari anda dalam kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
saya beberapa kali jumpa beliau sebelum wafatnya, dan Guru Mulia Alhafidh Al Musnid Alhabib Umar bin Hafidh pun pernah kunjung silaturahmi pd beliau,

dan hingga kini kita ada majelis bulanan di pesantren beliau di Gandaria,

Demikian saudaraku yg kumuliakan,

Wallahu a’lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/10/03 16:05Afwan ya habibi.. Kalau yang dimaksud sholat fajar itu sholat subuh, maka maksud hadits: "rak'ataa alfajri khairun minad dunya wa maa fiihaa" itu sholat subuh atawa qabliyah subuh? Sekali lagi ana mohon maaf dan terima kasih atas jawaban antum. Wassalamualaikum..
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:qobliyah ashar – 2007/10/04 09:48Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Keberkahan Lailatul Qadr semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
yg dimaksud Rak'atal fajar adalah Qabliyyah subuh. demikian dijelaskan pada oleh Al Hafidh Imam Ibn Batthal rahimahullah dan para muhaddits lainnya. 

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/qobliyah-ashar

Leave a Reply