Homeforum.majelisrasulullah.orgpuasa senin kamis adalah sunnah hukumnya, bila kita tidak melakukannya atau batal setelah berpuasa dihari itu maka tak wajib bagi kita meng qadha nya

puasa senin kamis adalah sunnah hukumnya, bila kita tidak melakukannya atau batal setelah berpuasa dihari itu maka tak wajib bagi kita meng qadha nya

forum.majelisrasulullah.org 1 0 likes 144 views share

Qodho puasa sunnah – 2007/02/22 01:13Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokatuh,

 

Alhamdulillahirobbil'alamiin, segala puji bagi Alloh serta sholawat & salam semoga senantiasa terlimpahkan keharibaan Baginda Rosululloh Muhammad Sholallohu 'alaihi wasallam.
Semoga rahmat Alloh senantiasa menaungi Al habib Munzir beserta keluarga juga seluruh team majelis rasulullah.

Langsung saja ya bib, saya mau bertanya perihal puasa sunnah. Apakah seseorang yg membatalkan puasa sunnahnya (senin-kamis, mis.) dikarenakan keadaan fisik ataupun kejiwaannya yg memaksanya untuk membatalkan puasa sunnahnya, wajib menngganti puasa sunnahnya di hari yg lain?

Atas jawaban yg habib berikan saya ucapkan banyak trima kasih.
Jazakalloh khoir

Wassalam

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Qodho puasa sunnah – 2007/02/22 09:26Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

 

Cahaya kebahagiaan dari Nya semoga selalu menyinari hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
puasa senin kamis adalah sunnah hukumnya, bila kita tidak melakukannya atau batal setelah berpuasa dihari itu maka tak wajib bagi kita meng qadha nya, yg wajib adalah bila anda nadzar untuk berpuasa pada hari senin kamis, maka wajiblah berpuasa padanya, bila tdk berpuasa maka wajib meng qadha nya.

Nadzar adalah sumpah utk melakukan sesuatu, misalnya : Bila hajatku terkabul maka aku akan umroh, atau aku akan puasa 100 hari, atau aku akan sedekah 20 juta, atau semacamnya, nah.. hal hal sunnah diatas akan menjadi wajib bila hal itu terkabul, karena diserta nadzar, demikian puasa senin kamis, sunnah hukumnya, namun bila anda menyertainya dg nadzar maka wajib hukumnya dan bila ditinggalkan maka wajib di qadha.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/puasa-senin-kamis-adalah-sunnah-hukumnya-bila-kita-tidak-melakukannya-atau-batal-setelah-berpuasa-dihari-itu-maka-tak-wajib-bagi-kita-meng-qadha-nya

Sponsor 2

1 Comment

maruf

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

segala puji bagi allah & rasul nya serta para pengikut pengikut nya hingga akhir jaman. amin…

langsung saja ya bib.. sewaktu saya sedang puasa senin kamis, ada seorang teman saya yang menawarkan makanan, tanpa tidak di sengaja teman saya ini tidak tau kalo saya sedang puasa senin kamis.
nah ada teman saya satu lagi yang mengetahui bahwa saya berpusa , seketika dia berbicara kepada saya ” teman, kalo kamu di di tawarin makanan sama temen yang ga tau bahwa kamu itu puasa ambil saja, karna rasul waktu itu seperti itu. takut timbul rasa tak menghargai nanti nya ”

nah saya binggung habib ..mohon masukan nya . terimakasih

wassalam

Leave a Reply