pertanyaan seputar puasa ramadhan

 

seputar puasa ramadhan - 2007/09/16 10:32Assalamu'alaikum wr wb…
Semoga Allah SWT senantiasa selalu mencurahkan ni'mat sehat wal afiat untuk habibana munzir.

bib ana punya beberapa pertanyaan tentang puasa di bulan ramadhan:

1. Bib kalau lagi puasa kan beberapa ulama mengatakan bersyiwak di siang hari tidak apa2 
tapi bagaimana dengan menggosok gigi di siang hari ketika sedang berpuasa di bulan 
ramadhan? apakah puasanya batal atau tidak?

2. bib sebagai seorang mahasiswa apabila sedang berpuasa pada saat sekarang ini, 
terkadang ana harus melihat aurat teman wanita ana karena pada saat sedang kuliah 
teman wanita ana duduk didepan ana dan bagian tubuh suka terlihat oleh ana secara
tidak sengaja, apa puasa ana batal? bagaimana cara menyikapi hal ini?

3. sebenarnya apa sich tujuan puasa yang sesungguhnya bib,sudah
mengerti namun hanya untuk menyakinkan diri bahwa makna puasa ramadhan sesung
guhnya apa? 

4. kalau puasa boleh main game ga bib, seperti playstation tanpa lupa waktu sholat 
fardu hanya sekedar mengisi waktu saja tapi sich sebelumnya ana sudah baca alqu'ran sehabis sholat fardu shubuh, dzuhur, ataupun ashar?

5. ini diluar ramadhan: bib kemarin ana diminta bantuan oleh kakak dari perempuan yang dulunya pernah ana sukai dan ana akhirnya mau membantu kakaknya lantaran ana memang ingin membantu dan memang ana ingin sekali bertemu dengannya lagi karena sudah lama tak jumpa. setelah ana bantu kemudian keesokannya perempuan yang pernah ana sukai ini sms ana dan katanya ada hadiah dari ibunya lantaran kemarin ana dah membantu dia dan ana disuruh datang kerumahnya untuk mengambilnya. namun ana menolak lantaran ana sudah ga mau bertemu dengan perempuan yg pernah ana sukai lagi karena ana takut kembali suka lagi sedangkan ana sudah berulang kali selalu menerima penolakan darinya. salahkah ana menolak perberian dari ibunya itu bib? coz ana takut kalo ana ketemu ana bakal jatuh hati lagi padanya tapi dia tidak menerima ana dan akibatnya berpengaruh terhadap aktivitas ana. ana selalu sedih setiap kali ana selalu ditolak olehnya, maka dari itu ana ga berani buat bertemu dengannya lagi. tapi sekarang ana dah menolak untuk datang kerumahnya guna memenuhi panggilan ibunya yang ingin memberikan hadiah karena ana dah telah membantunya kemarin, bagaimanakah seharusnya ana mesti bersikap bib? salahkan ana menolak panggilan dari ibunya yg ingin memberi ana hadiah? saran habib gimana?

mohon bantuan dan penjelasannya.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:seputar puasa ramadhan - 2007/09/17 12:41Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

semoga kemuliaan ramadhan, keagungan shiyaam, kesucian Qiyaam, keberkahan Alqur;an, dan cahaya Lailatul Qadr selalu terlimpah dan menghiasi hari hari anda dan keluarga.

Saudaraku yg kumuliakan,
1. sikat gigi tak membatalkan puasa.

2. melihat aurat tidak membatalkan puasa kecuali jika keluar mani, namun melihatnya dengan sengaja menghapuskan pahala puasa kita, saran saya anda pindah kursi, atau menegur wanita teman anda itu agar menutup auratnya dan berpakian sopan khususnya di bulan ramadhan, barangkali saja membuatnya bertobat dan mau berpakaian sopan.

3. tujuan puasa dan seluruh syariah adalah mendekatkan diri kepada Allah swt, sutau tuntutan dari yg menciptakan kita untuk mendekat pada Nya swt dengan amal amal tersebut, yg dengan itu kita akan diberi Nya kebahagiaan yg abadi.

4. main game/play station tidak membatalkan pahala puasa dan membatalkan puasa, kecuali jika terdapat hal hal yg porno padanya.

5. jika anda tak datang padanya anda tidak dosa, karena tujuan anda menghindari berpacaran dg wanita yg mempermainkan anda,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dalam semua cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a’lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

ref: http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=28&func=view&catid=8&id=7329

© http://carauntuk.com/pertanyaan-seputar-puasa-ramadhan

wahai Allah limpahkan shalawat pada Ruh Sayyidina Muhammad di alam arwah, dan limpahkan pula pada Jasadnya di alam Jasad, dan pada kuburnya di alam kubur


dan jangan Lupa membaca Al-qur'an, jangan lewatkan seharipun tanpa membaca Al-qur'an jadikan bacaan yg paling anda senangi, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Cinta Allah besar pada pecinta Alqur'an, dengan memahamainya atau tidak dg memahaminya.

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Posted in forum.majelisrasulullah.org Tagged with: ,

Leave a Reply