Sponsor 1

forum.majelisrasulullah.org

pada bulan ramadhan terdapat 3 fase pensucian

 

Keutamaan Ramadhan – 2007/10/07 00:40Assalamualaikum wr.wb…

Semoga habibana sekeluarga selalu dlm lindungan Allah swt.

bib, pada bulan suci ini kan trdpt 3 fase pensucian dari Allah swt (rahmah, maghfirah, itkun minnannar) plus lailatul qadr.
Pertanyaan ana, bisa gak seseorg itu mengetahui bahwa dia berhasil mendapatkannya dan adakah tanda2nya kdtgn lailatul qadr?

jazzakumullah….

wassalamualaikum wr.wb,

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:Keutamaan Ramadhan – 2007/10/07 12:19Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya agung malam malam terakhir ramadhan semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
mengenai tanda tandanya tidak jelas diketahui, namun mereka yg diampuni Allah san dihapus dosa dosanya mereka merasa ringan langkah, berjiwa sejuk dan tenang, demikian pula jika tobat yg diterima Allah.

banyak riwayat penjelasan mengenai malam mulia ini sbgbr saya sebutkan beberapa riwayat :
Malam lailatulqadar adalah malam 27 ramadhan, yg mana keesokan harinya matahari terbit namun tidak bersinar(tertutup awan tipis). (Shahih Muslim hadits no.762).

Malam lailatulgadar adalah 7 malam terakhir di bulan ramadhan (Shahih Muslim hadits no.1165).

malam lailatulqadar adalah sepuluh hari terakhir di malam ganjilnya (Shahih Muslim hadits no.1165)

dan masih banyak lagi riwayat lainnya yg menyifatkan malam mulia ini, siapapun Ummat Muhammad saw bisa mendapatkannya, namun kembali kepada diri mereka sendiri maukah mereka mendapatkannya dengan banyak berdzikir di malam hari, mneinggalkan televisinya dan kesibukan dunianya di malam malam mulia itu.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

ref: http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=8333&catid=9

 

Hadist tentang ramadhon – 2006/09/24 23:24Assalamualaikum Wr. Wb
Semoga Habib dan keluarga di limaphi sehat wa afiat

Banyak para ulama beceramah mengeluarkan hadist tentang ramadhon, terutama tentang fase ramadho, 10 pertama rahmah, 10 kedua magfiroh dan sepuluh ketiga ifkum minannar. tetapai saya baca di suatu surat kabar ada seoarang fakar hadist mengatakan bahwa umat islam jangan tertipu dengan hadist yang menyesatkan terutama tentang hadist fase raomadhon tsb. ada juga dia mengatakan hadist bukhari yang di riwayatkan oleh Siti Aisyah RA, bahwa Rasul SAW mebagi romadhon dengan dua yaitu 20 hari pertama, dan 10 hari terakhir . dimana beliau meninngkat kan amal ibadahnya pada sepuluh hari terakhir. jadi manakah yang benar ?…. juga mengenai tradisi menjelang awal romadhon yaitu Ziarah ke Makam dan bersih -bersih benarkah menurut syariat Nabi ?…Mohon jawaban habib Agar saya tidak bingung.. dan terimasih atas jawabannya.

wasssalam

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:Hadist tentang ramadhon – 2006/09/25 03:45

Alaikumsalam warahmatullah wr wb,

Cahaya kemuliaan Ramadhan semoga melimpah kepada anda dn keluarga,

mengenai hadits tersebut, dan diingkari oleh seorang pakar hadits, maka jelaslah bahwa ia bukan pakar hadits, hanya da'i sempalan yg dielu elukan sebagai pakar hadits, maaf kalau saya bicara kasar pada orang itu karena ia tak bisa menjaga akhlaqnya atas hadits Rasulullah saw, dan menghina apalagi mendustakan hadits Rasul saw hukumnya kufur.

hadits yg anda tanyakan itu adalah dengan riwayat dibawah ini : 
– Shahih Imam Ibn Khuzaimah hadits no.1887 dengan sanad shahih
– Musnad alharits Imam Al Hafidh Nuruddin Al Haitsamiy hadits no.321
– Attarghiib wattarhiib hadist no.1483
– Faidhulqadiir Juz 3 hal.107

walaupun anda pendapat yg mengatakan hadits ini dhoif namun merupakan ucapan kufur yg mengatakan hadits ini dusta, karena orang yg mendustakan apa apa yg diucapkan Rasul saw maka dia kufur.
tak ada seorang muhaddits besar yg berani menafikan hadits dhoif menjadi hadits munkar atau hadits dusta, barulah para dajal yg berkedok ulama hadits yg bermunculan di akhir zaman ini yg berani menafikan hadits Rasul saw, mereka bukan pakar hadits, seorang pakar hadits adalah yg hafal 10 ribu hadits dengan sanad dan hukum matannya, kalau 1 hadis itu dua kalimat saja, bisa jadi dua halaman kalau dengan sanad dan matannya, maka bagaimana dengan 10 ribu hadits?, sedangkan ulama muhaddits terdahulu mereka melebihi itu, Imam Ahmad bin hanbal hafal 1 juta hadits dengan sanad dan matan, dan ia adalah murid Imam Syafii, dimana para ulama sempalan ini ingin memberi pandangan atas para Muhadditsin terdahulu?

mengenai ziarah kubur di bulan sya'ban, Wahai saudaraku, ziarah kubur adalah Sunnah Nabi saw, (Shahih Muslim hadits no.974) dan masih banyak hadits hadits lainnya yg mengacu kepada sunnah nya ziarah kubur, mengenai ketentuan waktu, maka kiranya apa pendapat anda pada suatu kaum yg melarang orang membiasakan sunnah?,

ketika suatu kaum mempunyai waktu khusus untuk mengamalkan sunnah lalu apakah hal itu disebut munkar dan Bid'ah?, kebiasaan untuk melakukan sunnah ini merupakan hal yg mulia, sya'ban kah, ramadhan kah atau kapanpun mereka sempat, maka tak menjadi larangan karena memang tak ada larangannya,

adakah dalil mereka melarang?, mereka melarang tanpa dalil?, adakah dalil melarang ziarah kubur di bulan sya'ban?

Hadits pada Shahih Muslim no.1017 menunjukkan kebolehannya kita melakukan Bid'ah hasanah. (anda dpt meruujuk pertanyaan di forum ini telah saya jelaskan sejelas2nya mengenai Bid'ah.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

 

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494


ref : http://www.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=1185&catid=9

© http://carauntuk.com/pada-bulan-ramadhan-terdapat-3-fase-pensucian

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker