N900

N900 Corrupted Partition From A Bad Superblock

Yup sesuai judul agak aneh memang namun itulah yang terjadi pada sebuah handphone type Nokia N900 dimana Memory internal corupt, karena  masalah ini  2x saya sudah format Memory internal dan juga reinstall kernel tapi tetap saja masih tidak bisa. dan sudah kehilangkan data – data penting termasuk aplikasi yang sudah banyak terinstall.

dan ini adalah history percobaan gagal dan berhasil yang sudah dilakukan adalah :

1. Format Memory Internal baik dengan type NTFC atau dengan FAT pada komputer windows hasilnya gagal.

2. Format Memory internal dengan image yang sama dengan image yang digunakan saat ini juga gagal

* saya gunakan image MMC yang mengalokasi partisi 8Gb untuk install aplikasi karena defaultnya hanya 2/4Gb.

3. Melakukan FSCK system baik melalui komputer linux atau dari N900 sendiri seperti pada artikel ini hasilnya gagal karena ini masalah partisi yang mengalami Bad Superblock

4. Setelah membaca artikel ini mengenai kasus partisi Bad SuperBlock dilinux. walapun gagal hehe tapi dapat cluenya.

 Find out superblock location for /dev/sda2:
# dumpe2fs /dev/mmcblk0p2 | grep superblock

Now check and repair a Linux file system using alternate superblock # 32768:
# fsck -b 32768 /dev/mmcblk0p2

Cluenya : diketahui  bermasalah bukan pada partisi Internal memory/MyDOC/mmcblk0p1 tetapi bermasalah adalah partisi system yaitu mmcblk0p2 ini yang menjadi racun, tapi setelah mejalankan solusi diatas belum bisa terpecahkan karena Bad Sectorenya masih tetap ada pada mmcblk0p2.

5. Sepertinya memang harus diubah susunan alokasi cluster yang ada saat ini dengan alokasi baru. Untuk solusi kita kembali ke cara tahap 2 yaitu dengan format secara "hard" bisa baca disinih  sudah saya update tuh artikelnya biar lebih enak :D, nah yang menjadi pembeda dengan cara tahap ke 2 adalah pemilihan image MMC yang lain, saat terjadi error superblock  saya gunakan image custome ini RX-51_2009SE_10.2010.13-2.VANILLA_PR_EMMC_MR0_ARM_mido.fayad  nah saya ganti dengan image parbrikan dimana untuk alokasi yang berbeda pastinya,  seperti yang saya jelaskan sebelumnya, logika saya harusnya clusternya akan berubah setidaknya akan bergeser sehingga block hardisk yang tadinya error menjadi fix dan setelah selesai dengan ubah hardsik dengan image lain lalu cek dengan dmesg waw hasilnya  Bad Superblock sudah lenyap wkawkaa rasa mamam tuh.

6. heheh koq masih ada ke 6 yak? hehe tambahan lah karena saya suka install banyak  game dan aplikasi lain maka saya perlu image ini RX-51_2009SE_10.2010.13-2.VANILLA_PR_EMMC_MR0_ARM_mido.fayad untuk memperbesar alokasi installer jadi saya ulangi lagi hard resetnya baru deh semua kembali normal, superblock fix dan insaller tetep gede :D.

kenapa ini saya jabarkan dengan cukup detail (bagi saya yah :D) karena banyak masalah yang timbul dari sinih.

1. Kinerja handphone jadi tergangu, sebabnya adalah file gagal tersimpan,

2. file manager tidak mengenali internal memory karena partisi gagal ter-mount dengan baik,

3. jika memory sudah corupt dalam handphone perlu dilakukan proses FSCK dan masalahnya adalah FSCK merubah data yang ada menjadi .FCK lalu mengambil data yang tersimpan pada backup suck banget kan harus filter2 mana data yang perlu. karena jadi banyak duplicate.

4. Camera gagal terbuka.

5. dan masih banyak deh masalah yang lain ditimbulkan dari sinih kepikiran sih untuk ganti hardware tapi karena masalah alokasi dana (jiaah lebay) ahkirnya gais2 deh pake cara diatas.

 

By: carauntuk.com

© http://carauntuk.com/n900-corrupted-partition-from-a-bad-superblock

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close