Aug
7
2013

mengenai surat – surat al-qur’an yang dibaca setelah surat Al- Fatihah dalam sholat fardu.

surat setelah al-fatihah - 2006/07/23 07:01Assalamu'alaikum wr.wb

semoga Habib Munzir selalu sehat wal afiat beserta keluarga Habib dan selalu membangkitkan semangat kami untuk selalu beridolakan Nabi Muhammad SAW.

Yaa Habib ane mau tanya tentang surat – surat al-qur'an yang dibaca setelah surat Al- Fatihah dalam sholat fardu. Selama ini ane selalu membaca surat al-qur'an pada dua raka'at pertama dengan membaca mundur. maksudnya pada raka'at pertama ane baca surat al-kafirun dan pada raka'at kedua misalnya surat al-ikhlas. Namun ane terkejut ketika ane bermam'mum kepada salah seorang teman kuliah ane dan ane juga pernah berma'mum pada seorang ustadz di masjid dan keduanya ini membaca surat al-qur'annya maju misalnya pada raka'at pertama mereka membaca surat an-anas dan pada raka'at kedua misalnya mereka membaca surat al-falaq. menurut Habib bagaimana? karena selama ini dari ane ngaji sejak kecil ustadz ane mengajarkan membacanya mundur dan ane juga mau tanya kenapa demikian ya Habib? 

wassalamu'alaikum wr. wb

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:surat setelah al-fatihah - 2006/07/23 14:01Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Keluhuran Nya semoga selalu menaungi anda dengan kebahagiaan,

mengenai pembacaan surat dalam surat tersebut memang disunnahkan mengikuti aturannya, sebagaimana Rasul saw melakukan demikian, mendahulukan Al Baqarah dari Ali Imran, mendahulukan Al A'la dari Al Ghasyiah, mendahulukan Al Ikhlas Alfalaq dari Annaas, demikian sebagian besar riwayat.

namun tak adapula larangan yg mengharamkan untuk membaliknya.

mengenai panjangnya ayat, itu teriwayatkan, bahwa pada urutannya Al A'la lebih dahulu dari Al Ghasyiah, namun Al A'la lebih pendek dari Al Ghasyiah, tetapi Rasul saw membaca Al A'la terlebih dahulu.

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/mengenai-surat-surat-al-quran-yang-dibaca-setelah-surat-al-fatihah-dalam-sholat-fardu

wahai Allah limpahkan shalawat pada Ruh Sayyidina Muhammad di alam arwah, dan limpahkan pula pada Jasadnya di alam Jasad, dan pada kuburnya di alam kubur


dan jangan Lupa membaca Al-qur'an, jangan lewatkan seharipun tanpa membaca Al-qur'an jadikan bacaan yg paling anda senangi, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Cinta Allah besar pada pecinta Alqur'an, dengan memahamainya atau tidak dg memahaminya.

Related Posts

About the Author:

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

1 Comment + Add Comment

  • jawaban yang sangat bermanfaat sekali,,jazakillahkhairan

Leave a comment

alternatif pencarian

Radio Majelis Rasulullah

Otomatis play sengaja tidak dapat distop, perindah telinga mu dan hati mu dengan menyempatkan mendegarkan Dzikir kepada ALLAH dan sholawat kepada RasulNya. Allahumma sholli 'ala sayyidina, wahabibina, wasyafiina, wazuhrina, wamaulana Muhammadin wa alihi wa shohbihi wasallim salam rindu kami padamu ya Rasulullah :( :(

Posts Tags

Categories

Arsip Bulanan

Blogroll

PARTNERSHIP





CU Traffic Alhamdulillah

Free counters!

Web Reputation and Safety

Rating for carauntuk.com

PENGAMATAN IKLIM

Untitled Document