forum.majelisrasulullah.org

Mengapa pada saat memasuki rakaat ketiga dan keempat didalam shalat Maghrib dan Isya harus disembunyikan bacaannya dan kenapa hanya Surahtul Fatiha saja yang dibaca , mohon penjelasaannya yaa Bib ?

Beberapa buah Pertanyaan – 2007/02/19 19:04Assalamu ' alaikum Wr. Wb.

Merhaba yaa, Habibana ,Gunaydin !!! Nasilsiniz, Semoga Habibana dan Sekeluarga Sehat wal afiat, serta selalu dilindungi 4JJI SWT ( Amiin yaa Robbal' alamin ).

Begini Bib langsung saja pertanyaan dari Ana :

1) Apakah bacaan Basmalah itu wajib diucapkan atau kah bisa hanya didalam hati saja diucapkan ketika Imam membacakan Suratul Fatiha pada saat mengimami shalat ???

2) Mengapa pada saat memasuki rakaat ketiga dan keempat didalam shalat Maghrib dan Isya harus disembunyikan bacaannya dan kenapa hanya Surahtul Fatiha saja yang dibaca , mohon penjelasaannya yaa Bib ???

3) Apakah sah shalatnya ketika kita shalat tiba-tiba ada seekor tikus lewat di sajadahnya Imam ???

4) Khusus untuk pertanyaan ini Bib ana mau sedikit protes nih , kok pertanyaan ana yang ada "diforum iseng dalam keluhuran" tidak dijawab Bib , memang sih ana juga sempat salah alamat seharusnya pertanyaan itu ana ketik dibagian "forum umum" tapi maklumlah Bib masalahnya itu adalah pertanyaan ana yang perdana , ana mohon untuk Habib agar menjawabnya, Pertanyaan ana adalah yang berjudul "Antara agama dan keluarga " .

Sekian pertanyaan ana yaa, Bib kalau ada kata yang menyinggung ana mohon maaf yang sebesar besarnya, Tesyekur Ederim, Memnun oldum, gule-gule!!!

Wabillahit taufiq wal hidayah wassalamu ' alaikum Wr. Wb.

Adi utomo

Alfaqir

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Beberapa buah Pertanyaan – 2007/02/21 19:29Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

limpahan kasih sayang Nya semoga selalu tercurah pada anda dan keluarga,

duh.. ini bahasa langit saya jadi tidak mengerti, he..he..he..

saudaraku saya mohon maaf bila ada pertanyaan pada kolom "iseng dalam keluhuran" yg anda tulis dan belum saya jawab, insya Allah saya akan segera menjawabnya.

saudaraku,
1. mengenai hukumnya membaca jahran adalah sunnah dan tidak wajib, namun wajib basmalah dan seluruh ayat fatihah lainnya diucapkan dengan sirran, bukan dalam hati, tapi sirran, yaitu pelahan sebatas didengar sendiri, dan tidak sah bila hanya didalam hati.

2. hikmahnya banyak sekali, diantaranya bahwa Imam menuntun khusyu'nya makmum dengan suaranya, agar makmum terbawa kepada Khusyu dan konsentrasi pada rakaat pertama dan kedua, sisanya makmum mencapai kekhusyuannya sendiri sendiri tanpa bantuan suara imam.

hanya surat fatihah yg dibaca karena para ulama mengatakan bahwa saat saat rakaat ketiga dan empat orang orang yg sibuk bisasanya cenderung untuk segera meneruskan kesibukannya, maka shalat dipersingkat agar mereka lebih bisa konsen dan tak sempat terganggu pikiran2 kesibukannya, dan ada pula yg menakwilkan bahwa pada rakaat ketiga dan selanjutnya kita lebih ditekankan untuk mendalami makna tasbih, tahmid, takbir, fatihah, rukuk sujud ketimbang makna ayat ayat alqur'an lainnya.

masih banyak takwil tentang hal ini namun itu semua bukanlah hakikat permasalahn, karena hakikat permasalahan adalah amrun ubudiyah, yaitu penyembahan kepada Allah swt yg tak perlu dipertanyakan lagi keagungan dan hikmahnya, yg tentunya setiap gerakan dan aktifitas dalam shalat itu mengandung berlian berlian agung berupa keridhoan Allah swt.

3. lewatnya hewan didepan kita atau didepan imam tidak membatalkan shalat.

demikian suadaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/mengapa-pada-saat-memasuki-rakaat-ketiga-dan-keempat-didalam-shalat-maghrib-dan-isya-harus-disembunyikan-bacaannya-dan-kenapa-hanya-surahtul-fatiha-saja-yang-dibaca-mohon-penjelasaannya-yaa-bib

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close