forum.majelisrasulullah.org

Hukum Puasa Diseparuh Kedua Bulan Sya’ban?

 

Hukum Puasa Diseparuh Kedua Bulan Sya'ban – 2009/08/07 03:48Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh,

Semoga kesehatan dan kekuatan lahir batin senantiasa dianugerahi oleh Allah swt buat Habibana dan keluarga beserta Keluarga besar Majelis Rasulullah.

Alhamdulillah, setelah menunggu sekian lama akhirnya ananda menemukan quota dalam keadaan penuh, dan insya Allah ananda bisa kembali bertanya kepada Habibana tentang beberapa hal.

Ijinkanlah kali ini ananda memohon penjelasan Habibana terkait beberapa pertanyaan berikut;

1. Bagaimanakah hukumnya dalam mazhab Syafi'i orang yang berpuasa sunnah setelah paruh ke 2 bulan Sya'ban? Adakah dihukumi haram?

2. Mohon do'a dari Habibana buat ananda sekeluarga menjelang Romadhon ini semoga direzqikan dan dapat mengisinya dengan amal ibadah yang baik dan istiqomah.

Demikian hal yang ingin ananda sampaikan, dan tak lupa pula ananda menyampaikan rasa terima kasih yang tiada hingga karena Habibana telah sudi memberi pilihan nama bagi anak kami yang ke 2 (Alhamdulillah ya Habibana, anak ke 2 ananda adalah perempuan) dimana ananda akhirnya memberi namanya dengan "Aisyah Zahratunnisa" sebagaimana Habibana pernah menyarankan lewat orang terdekat Habibana.

Semoga Allah swt membalas segala kebaikan Habibana Munzir dengan balasan yang berlipat dan Allah swt sampaikan cita-cita Habibana tuk menjadikan Jakarta sebagai Serambi Madinah..aamiin Allahumma aamiin.

Teriring Salam Takdhim dan Rindu dari ananda,

Fakhrurrozy – Batam

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:Hukum Puasa Diseparuh Kedua Bulan Sya'ban – 2009/08/10 12:34Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
salam rindu selalu tuk anda dan terimakasih atas perjuangannya bersama sama mendukung pergerakan dakwah mulia ini.

1. mengenai berpuasa di bulan sya'ban setelah 15 sya'ban maka hal itu tetap sunnah, sebagian ulama mengatakannya makruh, namun itu adalah untuk masa lalu, dimana orang orang menghindari puasa di waktu yg sudah dekat dg ramadhan agar lelah dan susah lebih terasa di bulan ramadhan dalam berpuasa, agar mendapat pahala yg lebih besar, berbeda dg masa kini, barangkali seseorang tidak terpanggil melakukan puasa sunnah seumur hidupnya, namun ketika melewati nisfu sya'ban justru ia ingin melakukannya, maka bagaimana dijatuhkan hukum makruh untuknya?

padahal barangkali puasa ramadhan pun belum tentu dijalankan dg penuh, dan bisa saja ia batalkan jika kepayahan, maka puasa sunnah sebelum ramadhan justru afdhal baginya, agar latihan membiasakan tubuhnya untuk berpuasa, hingga saat menemui ramadhan ia sudah terbiasa dan tidak lagi membatalkan puasanya karena kehausan atau lapar.

namun dimasa lalu semua orang sudah terdidik dari kecilnya untuk puasa ramadhan dan puasa sunnah, maka ulama memakruhkan puasa didekat ramadhan agar lebih terasa lelah puasanya.

maka dimasa kini kita kembali pada Nash Shahih dalam shahih Bukhari bahwa Rasul saw berpuasa sebulan penuh di bulan sya'ban, tentunya bukan di hari terakhir di bulan sya'ban, demi terjaganya niat karena sudah akan masuk 1 ramadhan.

semoga limpahan keluasan dan kemudahan dan keberkahan tercurah pada hari hari anda, 

semoga putri mulia menjadi kebanggaan ayah bundanya dunia dan akhirat

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/hukum-puasa-diseparuh-kedua-bulan-syaban

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close