sub gratis!

sub gratis!

hosting mantap!

ardianz hukum adzan dan qamat di kuburan mayyit setelah je – 2007/08/17
08:46 Assalamu^alaikum

ya habibana. semoga habib sekeluarga. dalam keadaan sehat selalu.
amiin.

bib, begini. saya menemukan link situs baru, mereka mengaku
ahlussunnah. namun kok agak melenceng [menurut saya]
kalau sempat, habib bisa mengunjunginya, walaupun hanya 5 menit.
dan melihat2 artikel yang mereka miliki.
ini linknya
http://www.ahlussunnah-jakarta.com

ini salah satu artikel mereka:

Pertanyaan: Apa hukum adzan dan qamat di kuburan mayyit setelah
jenazah diletakkan?

Jawab: Tidak diragukan lagi bahwa perbuatan tersebut adalah bid
ah, tidak ada keterangan dari Allah Subhanahu Wa Ta aala? Karena
perbuatan tersebut tidak pernah dinukil dari Rasulullah
Shallallahu ^Alaihi Wasallam dan tidak pula dari para shahabatnya
Radhiyallahu Anhu. Dan kebaikan seluruhnya terdapat pada
mengikuti ajaran mereka dan meniti jejak mereka. Seperti yang
Allah Subhanahu Wa Ta aala firmankan,

وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di
antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang
mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan Allah
menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di
dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah
kemenangan yang besar. (QS. 9:100)

Dan Nabi Shallallahu ^Alaihi Wasallam bersabda, Barangsiapa
membuat-buat di dalam ajaran ini perkara-perkara yang bukan
darinya maka ia tertolak Muttafaqun Alaihi.

Dan pada lafal yang lain, Rasulullah Shallallahu ^Alaihi Wasallam
bersabda, Barangsiapa mengerjakan amalan yang tidak ada
keterangannya dari kami maka ia tertolak . Dan dahulu Rasulullah
Shallallahu ^Alaihi Wasallam mengatakan di dalam khutbah Jum
atnya, Amma ba du: Sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah
Kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad
Shallallahu ^Alaihi Wasallam dan seburuk-buruknya perkara adalah
yang diada-adakan dan setiap bid ah adalah kesesatan . HR Muslim
di dalam Shahihnya dari Jabir Radhiyallahu Anhu.

———————————————————–
bib, itu bener bid^ah?
klo di tempat saya memang dilakuakn adzan dan qomat pada saat
dikubur.

bib, saya cuma takut, mereka mengatasnamakan ahlussunnah, tapi
agak melenceng dengan para habaib, dan ulama2 yang saya kenal. di
salah satu artikel yang saya baca, mereka menganggap tawassul itu
Syirik.Bagaimana ini bib??

bib, sebelumnya saya mohon maaf klo pertanyaan saya agak
merepotkan, karena saya memang masih dangkal dalam ilmu agama.,

wassalam,

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

munzir Re:hukum adzan dan qamat di kuburan mayyit setelah je – 2007/08/18
22:52 Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Bulan Rasulullah saw ini semoga selalu menerangi
hari hari anda dalam kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
hal semacam itu merupakan Bid^;ah hasanah, hal yg baik dan tak
bisa dinafikan atau dilarang, karena adzan di kuburan adalah salah
satu dari tadzkir (peringatan bagi yg hidup), hal serupa itu
merupakan hal yg mustahab fiih (baik dan berguna dilakukan),

mengenai semua hal yg baru itu Bid^ah, lalu bagaimana Alqur^an yg
dijilid menjadi satu buku itu?,l itupun merupakan hal baru yg tak
pernah diperintah oleh Nabi saw?,

bahkan Abubakar shiddiq ra jelas jelas menunjukkan bahwa
penjilidan Alqur^an adalah Bid^ah, sebagaimana ucapannya :
“Bagaimana aku berbuat hal yg tidak dilakukan oleh Rasulullah..??,
lalu umar terus menjelaskanku bhw hal itu merupakan kebaikan,
hingga tenanglah hatiku untuk menerimanya”

demikian riwayat Imam Bukhari dalam shahihnya, disini jelaslah
sudah bahwa khalifah Abubakar shiddiq ra menerima bid^ah hasanah
selama hal itu bermanfaat,

dan mengenai Adzan itu merupakan bukan hal yg baru, namun hal yg
asal hukumnya adalah sunnah, maka tak bisa dimunculkan pelarangan
padanya kecuali ada Nash yg jelas dari hadits yg melarangnya,

sebagaimana ucapan Imam Nawawi bahwa hal yg asal hukumnya adalah
sunnah maka tak bisa dilarang kecuali ada nash yg jelas
melarangnya, dibawah ini ucapan Imam Nawawi mengenai puasa Rajab :
telah berkata Al hafidh Al Muhaddits Imam Nawawi rahimahullah :

ولم يثبت في صوم رجب نهى ولا ندب لعينه ولكن أصل الصوم مندوب إليه
وفي سنن أبي داود أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ندب الى الصوم من
الأشهر الحرم ورجب أحدها

tak ada ketentuan jelas yg menguatkan pelarangan puasa pada bulan
rajab, tidak pula keterangan sunnah melakukannya, akan tetapi asal
hukum dari ibadah puasa adalah sunnah, dan pada riwayat sunan Abu
Dawud baha Rasulullah saw mensunnahkan puasa di bulan haram, dan
Rajab adalah salah satu dari bulan haram.

dari ucapan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa setiap hal yg
hukum asalnya sunnah, maka tak bisa diharamkan kecuali ada dalil
nash yg melarangnya,

adzan adalah tadzkir (peringatan) bagi muslimin, bukan hanya saat
shalat saja, tapi saat panggilan perang, atau panggilan Rasul saw
bila ada berita berita penting, saat safar, dll,

dilihat dari isinya pun adzan jelas jelas mengajak pada perbuatan
baik dan tobat, maka sangat baik bila saat dipekuburan dibacakan
adzan, utk demi para hadirin lebih khusyu memikirkan kematian dan
keinginan tuk bertobat,

bila pelarangan muncul, maka mana dalil yg mengharamkan adzan di
pemakaman?,

munculkan satu saja hadits shahih yg melarang adzan saat
pemakaman?,

tidak ada.

dan Rasul saw bersabda :

إن أعظم المسلمين في المسلمين جرما من سأل عن شيء لم يحرم على
المسلمين فحرم عليهم من أجل مسألته

Sabda Rasulullah saw : Sungguh sebesar besar kejahatan muslimin
pada muslimin lainnya, adalah yg bertanya tentang hal yg tidak
diharamkan atas muslimin, menjadi diharamkan atas mereka karena
pertanyaannya (shahih Muslim hadits no.2358)

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a lam

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

kacung Re:hukum adzan dan qamat di kuburan mayyit setelah je – 2007/08/22
14:56 Assalamualaikum war web
Saya pernah mendengar kalau hukum adzan dan iqomat saat mengubur
mayyit itu pakai hukum qiyas.Sebagaimana ketika seseorang lahir
dan datang ke dunia ini disunahkan di adzani dan di iqomati maka
ketika seseorang meninggalkan dunia ini maka di adzani dan di
iqomati pula.
Wassalamualaikum war wab

↓ =ARSIP-nickname=topick=date→importby:carauntuk.com→for-educational-purpose= ↓

sumber
http://arsip.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=6331

© http://carauntuk.com/hukum-adzan-dan-qamat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here