Sponsor 1

forum.majelisrasulullah.org

gimana pendapat habib tentang hadits umat islam yang terpecah menjadi 72 golongan dan hanya 1 yang selamat.

Tentang Islam – 2006/06/20 00:10Assalamu'alaikum. 

Semoga habib dan keluarga selalu dalam limpahan rahmatNYA.
Saya mau tanya nih bib, gimana pendapat habib tentang hadits umat islam yang terpecah menjadi 72 golongan dan hanya 1 yang selamat. 
Karena dengan hadits ini ada suatu kelompok islam yang menyatakan bahwa hanya kelompok nya yang selamat. Begitu juga kita, entah suni, syiah, tasawuf, sufi dan lain-lain tentunya juga nggak mau kalah mengaku juga "kita yang selamat". 
Sekarang banyak kelompok yang menyesatkan kelompok yang lain, contohnya baru-baru ini di kampung di Lombok, orang-orang salafiah diusir dari kampung tersebut. 
Padahal kalau yang saya tahu orang-orang salafiah, sholatnya, puasanya dan amalan-amalan sehari-harinya, katanya yang paling sesuai dengan Rasul SAW. 
Orang-orang tasawuf/sufi di hadramaut juga disesatkan oleh kelompok salafi.
Orang-orang syiah disesatkan oleh kelompok suni.
Dan masih banyak lagi. 
Fenomena yang terjadi akhir-akhir ini saya kira menunjukkan betapa rapuhnya Islam ini, sehingga musuh-musuh Islam akan semakin leluasa untuk menyerang kita.
Menurut habib gimana?

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Tentang Islam – 2006/06/21 18:12Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Kemegahan Nya semoga selalu menerangi hari hari anda dan membuka segala kesulitan dunia dan akhirat seraya menerbitkan cahaya kebahagiaan yg berkesinambungan hingga akhir zaman atas anda dan keluarga,

sabda Rasul saw : "Sungguh Bani Israil itu terpecah menjadi 71 golongan, dan akan terpecah ummatku menjadi 73 golongan, kesemuanya di neraka kecuali satu", maka ditanyakan pd beliau : siapa yg satu golongan itu ?, maka beliau menjawab : "yg aku saat ini dan sahabatku".(Mustadrak Alaa Shahihain, hadits no.4444 Juz 1 hal 218).
dalam kitab yg sama dikatakan hadits bahwa Kaum nashrani terpecah menjadi 72 golongan.
juga diriwayatkan bahwa ummat muhammad saw terpecah dalam 72 golongan, kesemuanya di neraka kecuali satu saja, dan itulah jama'ah mayoritas,. (hadits shahih Ahaditsilmukhtarah hadits no.2500 Juz 7 hal.90)

demikian pula dibahas dengan jelas dalam Tafsir Imam Qurtubi Juz 4, bahwa ada pendapat ulama yg mengatakan bahwa 72 golongan lain itu dalam ummat ini adalah Ya'juj dan Ma'juj beserta kelompoknya serta dajjal, adapula yg mengatakan bahwa itu adalah kelompok Yahudi dan Nasrani yg menyelusup dalam islam dg syahadat namun mereka merubah syariah islam dan Alqur'an,

yg jelas bahwa pendapat Jumhur, bahwa satu yg selamat adalah yg Jama'ah, yaitu kelompok yg terbanyak, yaitu ahlussunnah waljama'ah, walaupun mereka masih terpecah dg madzhab, namun mereka tidak saling melaknat dan menyalahkan, sebagaimana munculnya salafiah yg mengkafirkan dan mengatakan musyrik pada ahlussunnah waljamaah, 
Ahlussunnah waljamaah adalah kelompok terbesar dimuka bumi sejak Rasul saw dibangkitkan dan akan berkesinambungan hingga akhir zaman, dan Rasul saw telah menjelaskan bahwa kelompok yg selamat itu, adalah yg Jamaah, yaitu yg terbanyak diantara mereka.

dan yg celaka adalah kelompok yg memisahkan diri dan mengatakan sesat atas kelompok yg induknya, kelompok baru yg memecah diri, itulah yg sesat, karena mereka sebelumnya tdk ada, lalu berpisah dan membuat kelompok sendiri dan meyalahkan kelompok asalnya, padahal kelompok asal itulah yg menjadi curahan Bimbingan Rasul saw dari para sahabatnya, bukan mereka kelompok baru yg hanya menukil dan menakwil dari buku2 bekas bekas peninggalan yg sudah segelintir saja dari seluruh bimbingan yg tidak lagi teriwayatlkan dibuku.

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/gimana-pendapat-habib-tentang-hadits-umat-islam-yang-terpecah-menjadi-72-golongan-dan-hanya-1-yang-selamat

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker