forum.majelisrasulullah.org

Di forum ini saya ingin menanyakan mengenai Syarat Sah, Rukun, dan Tata Cara Memandikan Jenazah baik mayyit pria maupun wanita serta syarat apakah yang harus dipenuhi oleh seseorang jika ingin memandikan mayyit tersebut.

  • Author
    Posts
  • #78336519


    Helmi Harris

    Participant

    Ass wr wb Bib,

    Semoga Allah selalu memberikan kasih dan cintanya selalu kepada HAbib.
    Di forum ini saya ingin menanyakan mengenai Syarat Sah, Rukun, dan Tata Cara Memandikan Jenazah baik mayyit pria maupun wanita serta syarat apakah yang harus dipenuhi oleh seseorang jika ingin memandikan mayyit tersebut.
    Demikian pertanyaan saya semoga jawaban habib dapat bermanfaat bagi saya khusunya dan umumnya bagi seluruh pembaca.
    Terimakasih banyak semoga Allah selalu memberikan curahan rahmatnya kepada Habib, guru kami tercinta.

    Wassalam//

    #78336561


    Munzir Almusawa

    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan Cahaya keridhoan Nya swt semoga selalu mengiringi hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    syarat sah nya adalah mayyit seorang muslim, belum dimandikan, dan wafat bukan dalam perang fi sabilillah sebagai syuhada.

    Rukunnya adalah menyeluruhkan air suci kepada segenap tubuhnya.

    Tatacaranya secara sunnah adalah memulai dengan mewudhukannya, lalu memulai dengan bagian kanan dari tubuhnya, dan kemudian kiri tubuhnya, air untuk memandikan dicampur dengan daun sidir (bidara), setelah selesai maka diulang demikian hingga 3X, atau 5X atau 7X, dan pada kali yg terakhir dicampur dengan kafur. (shahih Bukhari hadits no.1196)
    Para fuqaha menambahkan, adalah mengurut dada dan perutnya kebawah, untuk berusaha pelahan lahan mengeluarkan kotoran yg masih tersimpan di perutnya, lalu membersihkan tubuhnya dan Qubul dan Dubur dengan kain basah, lalu membersihkan giginya, menyiwakinya, lalu mebersihkan hidungnya dan telinganya, lalu baru mewudhukannya, lalu memandikannya.

    sunnah menggunakan wewangian pada mayyit bila selesai dimandikan sebelum dikafani

    Bagi yg memandikantak ada syarat tertentu, boleh bahkan dimandikan oleh anak anak dibawah umur dewasa, bahkan dijelaskan oleh Imam Arramly diperbolehkan dimandikan oleh Jin pun sah, namun disunnahkan adalah keluarga terdekat, dan hukum memandikan jenazah muslim adalah fardhu kifayah.

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    posisi saya di pulau Bengkalis, mohon doa,

    wallahu a\’lam

    #78336564


    Helmi Harris

    Participant

    Ass wr wb,

    Semoga Habib selalu disinari cinta Allah karena keluasan ilmu yang habib miliki,

    Kami pun insyaallah akan selalu mendoakan habib agar selalu diberikan kesehatan untuk berdakwah, dan terimakasih atas jawabannya.

    Wassalam

    Helmi

    #78336590


    Munzir Almusawa

    Participant

    hayyakumullah.. semoga Allah menyambut anda dengan segala Anugerah Nya swt.

© http://carauntuk.com/di-forum-ini-saya-ingin-menanyakan-mengenai-syarat-sah-rukun-dan-tata-cara-memandikan-jenazah-baik-mayyit-pria-maupun-wanita-serta-syarat-apakah-yang-harus-dipenuhi-oleh-seseorang-jika-ingin-memandi

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close