Homeforum.majelisrasulullah.orgDalam berdzikir kadang ana lihat ada yang dikeraskan suaranya sambil menggeleng-gelengkan kepala, ada juga yang tidak bersuara dan tertunduk ? Mana yang benar Bib ?
AL Maghfurlah Habibana Munzir AL Musawa

Dalam berdzikir kadang ana lihat ada yang dikeraskan suaranya sambil menggeleng-gelengkan kepala, ada juga yang tidak bersuara dan tertunduk ? Mana yang benar Bib ?

forum.majelisrasulullah.org 0 0 likes 311 views share

Dzikir – 2007/10/08 19:14Assalamulaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,
Semoga cahaya dan keberkahan bulan suci Ramadhan selalu dilimpahkan kepada Habib.
Habib, ana mau tanya :
1. Dalam berdzikir kadang ana lihat ada yang dikeraskan suaranya sambil menggeleng-gelengkan kepala, ada juga yang tidak bersuara dan tertunduk ? Mana yang benar Bib ?
Kalau tidak salah dalilnya adalah ketika Rasululloh melihat sekelompok orang yang sedang berdzikir dengan suara keras maka Rasululloh menegurnya dan berkata bahwa sesungguhnya kalian memuji kepada Dzat yang maha mendengar dan melihat dan sesungguhnya Allah SWT sangat dekat dengan kalian maka pelankanlah suara kalian.
2. Bib, ana biasa sholat duha sebelum berangkat kerja yaitu jam 6.30 – 7.00, sedangkan dalam buku-buku fiqih disebutkan waktunya sholat duha adalah sekitar jam.9.00 – 11.00
Apakah sholat duha ana dibenarkan oleh syariat ?
3. Apa betul do'a dalam sholat Duha setelah Al-Fatihah kita disarankan untuk membaca ayat kursi 10 kali pada rakaat pertama dan suratul Al-Ikhlas 10 kali pada rakaat kedua ?
Demikian pertanyaan dari ana.
Wassalamualaikum,

Bram (Bambang)

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Dzikir – 2007/10/09 02:25Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya agung malam malam terakhir ramadhan semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. ada juga dalilnya berdzikir dg suara keras, sebagaimana hadits hadits dibawah ini :
Hadist Qudsiy Allah swt berfirman : BILA IA (HAMBAKU) MENYEBUT NAMAKU DALAM DIRINYA, MAKA AKU MENGINGATNYA DALAM DIRIKU, BILA MEREKA MENYEBUT NAMAKAU DALAM KELOMPOK BESAR, MAKA AKUPUN MENYEBUT (membanggakan) NAMA MEREKA DALAM KELOMPOK YG LEBIH BESAR DAN LEBIH MULIA. (HR Bukhari Muslim).

Firman Allah swt : SABARKANLAH DIRIMU BERSAMA KELOMPOK ORANG ORANG YG BERDOA PADA TUHAN MEREKA SIANG DAN MALAM SEMATA MATA MENGINGINKAN KERIDHOAN NYA, DAN JANGANLAH KAU JAUHKAN PANDANGANMU (dari mereka), UNTUK MENGINGINKAN KEDUNIAWIAN?? (QS Alkahfi 28)
Ayat ini turun ketika Salman Alfarisi ra berdzikir bersama para sahabat, maka Allah memerintahkan Rasul saw dan seluruh ummatnya duduk untuk menghormati orang2 yg berdzikir.

para sahabat berdoa bersama Rasul saw dengan melantunkan syair (Qasidah/Nasyidah) di saat menggali khandaq (parit) Rasul saw dan sahabat2 radhiyallhu;anhum bersenandung bersama sama dengan ucapan : HAAMIIIM LAA YUNSHARUUN… (Kitab Sirah Ibn Hisyam Bab Ghazwat Khandaq). Perlu diketahui bahwa sirah Ibn Hisyam adalah buku sejarah yg pertama ada dari seluruh buku sejarah, yaitu buku sejarah tertua. Karena ia adalah Tabi?in.

saat membangun Masjidirrasul saw : mereka bersemangat sambil bersenandung : ?Laa Iesy illa Iesyul akhirah, Allahummarham Al Anshar wal Muhaajirah setelah mendengar ini maka Rasul saw pun segera mengikuti ucapan mereka seraya bersenandung dengan semangat : Laa Iesy illa Iesyul akhirah, Allahummarham Al Anshar wal Muhajirah (Sirah Ibn Hisyam Bab Hijraturrasul saw- bina masjidissyarif hal 116, Shahih Bukhari wa muslim), 

dan banyak lagi riwayat shahih lainnya.

2. memang waktu dhuha adalah setelah matahari sepenggalah, namun ada shalat di waktu yg anda lakukan itu, yaitu shalat Isyraq, shalat Isyraq waktunya adalah 1.45 menit dari adzan subuh. maka saran saya anda melakukan shalat Isyraq di waktu itu, pahalanya agung.

3. tidak disyaratkan demikian, mengenai saran itu saya belum menemukan riwayatnya yg shahih demikian. 

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Dzikir – 2007/10/19 22:42Assalamu'alaikum Wr, Wb

Dzikir apa saja yang membuat hati kita tenang dan selalu ingat kepada ALLAH SWT agar dzikir kita diterima ALLAH SWT…

apakah dzikir selalu didahulukan dengan berwudhu dahulu? kalau tidak ada Wudhunya bagaimana apakah dzikir yang kita baca diterima Oleh ALLAH SWT. 

Waktu memegang tasbih untuk berdzikir apakah kita harus punya Wudhu dahulu baru kita berdzikir??misalkan kita ingin berdzikir kepada ALLAH dengan memegang tasbih tetapi kita tidak mempunyai Wudhu apakah Sah… dzikir kita. tanpa didahulukan Wudhu???

ijazahkan Beti Satu Dzikir agar hati Beti tenang dan dijauhkan dari kesusahan

Wassalam…..

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Dzikir – 2007/10/29 23:58Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kebahagiaan semoga selalu menyelimuti hari hari anda

Saudariku yg kumuliakan,
beribu maaf selama 10 hari saya tidak online hingga tak bisa menjawab pertanyaan anda

mengenai dzikir adalah mengingat Allah, boleh dengan lafadh, boleh dengan hati saja, dzikir tak mesti dalam keadaan wudhu, dan afdhalnya adalah dalam keadaan wudhu.

saya ijazahkan tuk saudari dzikir : Subhanallahi wabihamdih, 100X setiap harinya, dzikir ini menenangkan jiwa dan menyingkirkan musibah dan membuka kemudahan.

Demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/dalam-berdzikir-kadang-ana-lihat-ada-yang-dikeraskan-suaranya-sambil-menggeleng-gelengkan-kepala-ada-juga-yang-tidak-bersuara-dan-tertunduk-mana-yang-benar-bib

Sponsor 2

Leave a Reply