cara sholat Rosululloh

cara sholat Rosululloh - 2007/11/05 06:47Assalamualaikum..wr.wb
semoga kebahagiaan dan keridhaan selalu bersama habib dan keluarga.

Habib yang mulia, mohon dengan sangat dijelaskan tentang tata cara sholat Rosululloh mulai dari niat hingga salam menurut madzhab ahlussunnah wal jamaah,

syukron..wass..

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/05 16:06Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya keagungan Nama Nya swt semoga selalu menerbitkan kemudahan pada hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
duh.. saya mohon maaf tak bisa menuliskan satu persatu, saya sangat sibuk sekali karena Madzhab Ahlussunnah waljamaah adalah 4 madzhab besar, maka ada 4 cara yg sedikit berbeda, namun bila anda berdomisili di Indonesia, maka cara shalat yg telah dilakukan oleh imam imam kita dan kyai kita sudah memenuhi syarat dalam Madzhab Syafii, itu sesuai dg riwayat yg Tsigah.

jika anda berdomisili di wilayah yg bermadzhabkan dg salah satu Madzhab dari madzhab Ahlussunnah waljamaah maka ikutilah cara shalat Imam mereka, dan selayaknya dimanapun kita berada maka kita mengikuti cara shalat madzhab setempat,

namun tentunya bukan mengikuti kelompok yg memisahkan diri dari 4 madzhab ini, maka walaupun di wilayah anda mereka mayoritas, sebaiknya jangan mengikutinya,

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/06 07:10ass..habib yang mulia,

sblmnya maap klo pertanyaan saya menyita waktu habib.saya bermadzhab Syafi,i sebagaimana orangtua saya dari kecil saya diajarin sholat tp saya tidak tahu hadits dasarnya,dengan ini mohon kiranya habib memberi hadits yang menjadi rujukan imam syafi'i dan ulama yang bermadzhab syafi'i dalam melaksanakan sholat.

syukron…wass

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/06 22:51Assalamu'alaikum wr wb.

Salam sejahtera semoga selalu tercurah kepada Habib Munzir yang saya muliakan, para ulama, kyai, habaib dan seluruh kaum muslimin dan muslimat yang teguh berpegang pada ahlussunnah wal jama'ah.

Mohon maaf habib, karena habib sangat sibuk saya hanya minta izin ingin berbagi pengetahuan sekaligus mengasah ulang ilmu yang saya dapatkan dari guru-guru saya yang mengikuti mazhab Imam Syafi'i mengenai shalat.

Dalam mazhab Imam Syafi'i shalat dirumuskan menjadi 13 rukun. Perumusan ini bersifat ilmiah dan memudahkan bagi kaum muslimin untuk mempelajari dan mengamalkannya. Hal yang perlu saya tekankan disini adalah, Imam Syafi'i adalah imam mujtahid yang ilmunya sangat luas dan tidak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan murid-muridnya yang mengikuti mazhab Imam Syafi'i adalah imam-imam besar yang luas pula ilmunya.

Rukun shalat yang wajib itu ada 13 :

1. Niat
2. Berdiri tegak
3. Takbiratul ihram
4. Fatihah
5. Ruku'
6. I'tidal
7. Sujud
8. Duduk antara dua sujud
9. Duduk tahiyat
10. Membaca tahiyat
11. Membaca shalawat
12. Salam
13. Tertib

Pertama : Niat dilakukan dalam hati, untuk menjaga hati niat dapat dilafazhkan.

Kedua : Berdiri tegak hanya bagi yang mampu. Bagi yang tidak mampu boleh duduk atau tidur.

Ketiga : Takbiratul Ihram yaitu mengucapkan Allahu Akbar dengan keras (pada saat takbiratul ihram disinilah niat dalam hati dilakukan).

Keempat : Membaca Surat Al-Fatihah adalah wajib (hal yang sunnah dilakukan sebelum membaca fatihah adalah membaca do'a iftitah, sedangkan hal yang sunnah sesudah membaca fatihah adalah membaca surat pendek yang lain).

Kelima : Ruku' yaitu membungkuk dengan punggung lurus. Dilakukan dengan tuma'ninah yaitu diam sebentar sambil membaca tasbih (subhaana rabbiyal 'azhim wabihamdihi).

Keenam: I'tidal yaitu bangkit dan berdiri tegak dari ruku' dengan tuma'ninah sambil membaca sami'allahu liman hamidah dst.

Ketujuh : Sujud 2 kali yaitu meletakkan tujuh anggota badan ke tanah (kepala, 2 telapak tangan, 2 lutut, 2 telapak kaki). Dahi dan hidung menyentuh tanah, seluruh jari tangan dan kaki menghadap kiblat (jika mampu). Dengan tuma'ninah sambil membaca tasbih (subhaana rabbiyal a'la wabihamdihi).

Kedelapan : Duduk diantara 2 sujud yaitu seperti duduk tahiyat dengan tuma'ninah sambil membaca rabbighfirli warhamni dst.

Kesembilan : Duduk tahiyat yaitu duduk dengan bertumpu pada kaki kiri, sedangkan kaki kanan berdiri dengan jari menghadap ke kiblat (jika mampu).

Kesepuluh : Pada saat duduk tahiyat sambil membaca attahiyatul mubarakatush shalawatut thayyibaatulillah dst sampai dengan syahadat.

Kesebelas : Membaca shalawat pada nabi Muhammad SAW (allahumma shalli 'ala sayyidina muhammad wa 'ala aali sayyidina muhammad dst sampai dengan fil 'alamina innaka hamiidun majid). Boleh dilanjutkan dengan membaca do'a allahumma inni a'udzubika min adzabi jahannam, wa min adzabil qabri, wa min fitnatil mahya wal mamaat, wa min fitnatil masiihid dajjal, ya muqallibal qulub tsabbit quluubana 'ala diinika, wa 'ala tho'atika.

Kedua belas : Mengucapkan salam 2 kali sambil menoleh ke kanan dan ke kiri.

Ketiga belas : Tertib yaitu semua rukun shalat ini tidak boleh ada yang tertinggal dan harus sesuai pula urutannya.

Hal yang harus pula diperhatikan bahwa setiap kali mendapatkan sujud yang dua kali (sujud-duduk-sujud) maka hal itu berarti telah mendapatkan 1 raka'at.

Dan pada tiap-tiap 2 raka'at maka dilakukan duduk tahiyat.

Duduk tahiyat yang terakhir dilakukan dengan cara bertumpu ke tanah sambil kaki kiri menyelinap di bawah kaki kanan, sedang kaki kanan berdiri tegak dengan jari menghadap ke kiblat (jika mampu).

Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga berguna. Dan mohon maaf habib, jika saya lancang melakukan hal ini dan jika ada kesalahan mohon diperbaiki.

Wassalamu'alaikum wr. wb

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/08 10:12terimakasih saudaraku atas tanggapannya, hal yg anda jelaskan sudah sangat terang dan terperinci, 
namun saudara kita menginginkan adalah hadits hadits rujukannya, saya sangat sibuk tuk merincinya satu persatu, 
sungguh sebenarnya hal itu sangat penting untuk dirinci dan dijelaskan di web ini, 
hal itu tertulis dengan lengkap pada Kitab Bulughul Maram oleh Al Hafidh Ibn Hajar Al Asqalaniy atau lebih lengkapnya pada kitab syarahnya, yaitu Ibanatul Ahkam Syarh Bulughul Maram oleh Al Musnid Al Allamah Sayyid Muhammad bin Alwi Almalikiy Juz 1. atau banyak pada kitab lainnya.

Insya Allah Admin II akan menuliskannya.

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/09 04:48Assalamualaikum wr..wb..

Habibuna munzir al musawa yang mulia..

syukron..atas penjelasannya, dan kami akan selalu mengharapkan tuntunan dan pencerahan dari habib dan rekan-rekan MR melalaui forum ini.

kalau habib sudah ada waktu kami mohon untuk menuliskan hadits dasar mengenai sholat menurut madzhab Syafi'i di forum ini.

sebelumnya terimakasih.

kang Salamuns terimakasih banyak atas penjelasannya itu sangat membantu kami dan insy4JJI ilmu yang anda miliki menjadi ilmu yang bermanfaat.

Syukron..Assalamualaikum wr..wb..

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/12 00:27Hadits 1
Sebagaimana yang diambil dari hadits Rasul saw yang diriwayatkan oleh Aby Hurairoh ra sengguhnya Rasullulah saw berkata : “ Apabila engkau berdiri untuk melakukan shalat maka berwudhulah dengan sempurna, kemudian menghadap kiblat, kemudian engkau bertakbir kemudian bacalah yang termudah bagimu dari AlQur’an, kemudian engkau berrukuk hingga tuma’ninah dalam berukuk kemudian angkatlah kepalamu sampai engkau meluruskan badanmu berdiri (I’tidal), kemudin bersujut hingga engkau bertuma’ninah dalam bersujut, kemudin angkat kepalamu (duduk antara 2 sujud) hingga engkau bertuma’ninah dalam dudukmu kemudian engkau sujud kedua kalinya hingga bertuma’ninah dalam sujut, kemudian lakukanlah seperti yang tadi diseluruh shalatmu” (HR. Imam Bukhari dan Muslim) 
dalam Riwayat Muslim Rasullulah saw berkata : “Hingga engkau bertuma’ninah dalam berdirimu”

Hadits 2
Riwayat An Ibn Umar ra Rasulullah saw berkata : “ketika duduk untuk berTasyahud menaruh tangan kiri diatas lutut sebelah kiri dan tangan kanannya diatas lutut sebelah kanan, dan memajukan jari telunjuk, dalam Riwayat Muslim (mengumpulkan semua jarinya dan menunjuk dengan jari yang setelah jari jempol).

Hadits 3
Riwayat An Aby Mashud ra shabat Basyir bin Syaid “Kita diperintah untuk bershalat.. maka bagaimana kami bershalawat keatasmu, kemudian Rasul saw terdiam lalu Rasulullah saw menjawab “ katakanlah, Allahumma Shali’alla Muhammadin wa’alla ali Muhammad kama shalaita ala Ibrahimma…” sampai dengan akhir shalawat Ibrahimiyah. (HR. Muslim). (Ditambahkan oleh Ibn khuzaimah bagaimana kami bershalawat atasmu jika kami dalam shalat). 

Hadits 4
Sabda Rasulullah saw “sesungguhnya Rasulullah saw menutup shalatnya dengan salam” (HR.Imam Bukhari dan Muslim) dan dari Wail bin Hujr ra “aku shalat bersama Rasul saw dan beliau salam awal sebelah kanan (Assalamu’alaikum warohmatullahhi wabarokatu) dan salam akhir sebelah kiri (Assalamu’alaikum warohmatullahhi wabarokatu)”.( HR. Abu daut dengan sanad sahih )

Rukun shalat ada 17
1. Niat, 
sebagaimana hadits 1 diatas “Apabila engkau berdiri untuk melakukan shalat,,,” dan Hadits Rasul saw “sesungguhnya amal itu dengan niat”
2. Menghadap kiblat dan berdiri dalam shalat Fardhu, 
dari susunan hadist 1 diatas bahwa hendaknya menghadap kiblat sebelum bertakbir (syarah dari Imam alwi abbas al Maliki kitab Ibanatul ahkam)
3. Bertakbir, 
yaitu membuka shalat dalam takbirratul ikhram (pendapat terbanyak dari Imam Syafi’I, Imam Hambali dan Imam Maliki bahwa takbiratul ikhram wajib dengan lafdz ‘Allahhu Akbar’) 
4. Membaca Alfatihah, 
para ulama sepakat Imam Syafi’I, Imam Hambali dan Imam Maliki wajibnya membaca Alfatihah disetiap rakaatnya. sebagaimana Hadits Rasulullah saw : “ Tidak sempurna shalat seseorang bila tidak membaca biummil Qur’an (Al Fatihah)” (HR. Bukhari dan Muslim)
5. Rukuk, 
diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah saw Ubbayd assaa’idi ra berkata : “bahwasannya melihat Rasulullah saw jika bertakbir kedua tangannya sejajar dengan bahunya, jika berukuk kedua tangannnya memegang kedua lututnya, sampai dengan akhir…..” ( HR. Imam Bukhari dan Muslim)
6. Tuma’ninah dalam berrukuk, 
sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudian engkau berrukuk hingga tuma’ninah dalam berukuk…” 
7. I’tidal, 
sebagaimana hadits 1 diatas “… kemudian angkatlah kepalamu sampai engkau meluruskan badanmu berdiri (I’tidal)…” 
8. Tuma’ninah dalam I’tidal, 
sebagaimana hadits 1 diatas “…Hingga engkau bertuma’ninah dalam berdirimu…”
9. Sujud pertama dan Sujud kedua, 
sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudin bersujut hingga engkau bertuma’ninah dalam bersujut…” dan Hadits Rasulullah saw : “aku diperintah untuk bersujud dengan 7 anggota tubuh (atas dahi, kedua tangan, kedua lutut dan jari-jari kaki)” ( HR. Mutafaqul’alayh). Sabda Rasul saw : “Bahwa engkau sujud maka taruhlah kedua telapak tanganmu dan angkatlah kedua sikumu” (HR. Muslim) 
10. Tuma’ninah dalam sujud pertama dan tuma’ninah dalam sujud kedua, sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudin bersujud hingga engkau bertuma’ninah dalam bersujud…”
11. Duduk diantara dua sujud, 
sebagaimana hadits 1 diatas “…kemudin angkat kepalamu (duduk antara 2 sujud) …” 
12. Tuma'ninah diantara dua sujud,
sebagaimana hadits 1 diatas “…hingga engkau bertuma’ninah dalam dudukmu…”
13. Tasyahud akhir, 
Riwayat Muslim dari Ibn Abbas berkata Rasul saw mengajari kami tasyahud “Attahiyatul mubaarakatus shalawatutthoybatulillah…” sampai dengan akhir. 
14. Duduk diTasyahud akhir, 
sebagaimana hadits 2 diatas “ ketika duduk untuk berTasyahud…”
15. Bershalawat kepada Rasul saw, 
sebagaimana hadits 3 diatas “ Kita diperintah untuk bershalat.. maka bagaimana kami bershalawat keatasmu…”. Imam Syafi’I berpendapat bahwa beshalawat atas Rasul saw dan keluarganya dalam shalat adalah Wajib bagi kita, sebagaimana hadits 3 diatas. 
16. Salam, 
sebagaimana hadits 4 diatas “sesungguhnya Rasulullah saw menutup shalatnya dengan salam” (HR. Imam Bukhari dan Muslim). Sebagaimana hadits 4 maka para Imam beritifak bahwa salam awal wajib bagi seorang imam atau ma’mum atau sendiri dan salam kedua sunah, dan paling sedikitnya salam (Assalamu’alaikum) dikarnakan penduduk madinah melakukannya. (Kitab Ibbanatul Ahkam: Imam Alwi bin Abbas al maliki)
17. Tertib, 
Sebagaimana urutan rukun – rukun hadits diatas.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:cara sholat Rosululloh - 2007/11/12 22:34aku punya tata cara shalat sesuai sunnah rasulullah bukanya pake ms.power point ada dirumah nanti aku kirim deh ke e-mail kamu. E-mail kamu apa? nanti balas aja ke e-mail aku akan aku kirim ke kamu supaya kamu tau. Disitu ada bacaannya sama hadits plus gambar. Kalau kamu mau balas ke email aku fresh_mymind@yahoo.com namaku haspriatno

sumber

© http://carauntuk.com/cara-sholat-rosululloh

wahai Allah limpahkan shalawat pada Ruh Sayyidina Muhammad di alam arwah, dan limpahkan pula pada Jasadnya di alam Jasad, dan pada kuburnya di alam kubur


dan jangan Lupa membaca Al-qur'an, jangan lewatkan seharipun tanpa membaca Al-qur'an jadikan bacaan yg paling anda senangi, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Cinta Allah besar pada pecinta Alqur'an, dengan memahamainya atau tidak dg memahaminya.

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Posted in forum.majelisrasulullah.org Tagged with:

Leave a Reply