batas awal sholat dhuha,kalau di lihat dari jam dimulainya jam berapa?

 

dhuha – 2006/03/08 01:26Assalamu'alaikum 
Habib, saya mau nanya: batas awal sholat dhuha,kalau di lihat dari jam dimulainya jam berapa? dan ber akhirnya jam berapa. sebelumnya terima kasih banyak atas jawaban dan penjelasannya

 

Re:dhuha – 2006/03/08 19:46Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Semoga Hembusan Kelembutan ilahi selalu melindungi anda setiap saat,

Mengenai waktu shalat Dhuha, dimulai sejak terangkatnya cahaya matahari sebatas tombak,

atau lebih mudahnya anda mengambil pertengahan antara adzan subuh dan adzan dhuhur. 
kira kira 8.15 hingga 8.30.
itulah awal wkt dhuha, walaupun ada ikhtilaf ulama mengenai kapan dimulainya waktu dhuha.

waktu dhuha berakhir saat zawal, yaitu saat matahari tepat dipuncakknya, yaitu sekitar 10 menit sebelum adzan dhuhur,

maka saat matahari pada tengahnya (90 derajat), itulah wkt zawal, wkt yg diharamkan padanya shalat sunnat,. maka bila ia tergelincir sedikit saja, maka saat itulah adzan dhuhur.

wallahu a'lam.

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=34&func=view&id=455&catid=9

© http://carauntuk.com/batas-awal-sholat-dhuhakalau-di-lihat-dari-jam-dimulainya-jam-berapa

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Posted in forum.majelisrasulullah.org Tagged with:
6 comments on “batas awal sholat dhuha,kalau di lihat dari jam dimulainya jam berapa?
  1. Lika Hanizon says:

    assalamu’alaikum
    habib.saya mau bertanya;saya melakukan sholat dhuha sekitar jam 6.30 sebelum saya mulai masuk bekerja.yg saya mau tanyakan apakah jam 6.30 sudah masuk waktu dhuha apa blm?

  2. Arie Ibrahim says:

    Assalamualaikum wr wb @Lika Hanizon Mohon sangat beribu maaf saya hanya salah satu fans dari Al Maghfurlah Al Habib Munzir Bin Fuad Al Musawwa dan saya bukan ustad atau pun kiyai dan Habib sudah lama wafat.

    mengenai pertanyaan anda ada pertanyaan sejenis yang telah dijawab oleh Al Maghfurlah Al Habib Munzir Bin Fuad Al Musawwa:
    pen : Bib, ana biasa sholat duha sebelum berangkat kerja yaitu jam 6.30 – 7.00, sedangkan dalam buku-buku fiqih disebutkan waktunya sholat duha adalah sekitar jam.9.00 – 11.00
    Apakah sholat duha ana dibenarkan oleh syariat ?

    jawb: memang waktu dhuha adalah setelah matahari sepenggalah, namun ada shalat di waktu yg anda lakukan itu, yaitu shalat Isyraq, shalat Isyraq waktunya adalah 1.45 menit dari adzan subuh. maka saran saya anda melakukan shalat Isyraq di waktu itu, pahalanya agung.

    semoga membantu

  3. aries says:

    Asalamualaikum
    Habib, sya mw tanya? Jam brapakah mulai shalat itiqarah
    Sblumnya terimaksih

  4. Arie Ibrahim says:

    Assalamualaikum wr wb @aries saya hanya salah satu fans dari Al Maghfurlah Al Habib Munzir Bin Fuad Al Musawwa dan saya bukan ustad atau pun kiyai.

    Jika yang anda maksudkan adalah shalat istikharah 2 rakaat, maka tidak ada batas waktu dalam melakukannya

    wallahualam bissawab

  5. vania says:

    Assalamualaikum …
    saya biasa mengerjakan sholat Dhuha sekitar jam 07.00-07.15 pagi karena harus segera berangkat kantor.Apa waktu tersebut sudah masuk Waktu Duha??
    Salam

  6. Arie Ibrahim says:

    Assalamualaikum wr wb @vania saya menemukan jawaban dari Al Maghfurlah Al Habib Munzir Bin Fuad Al Musawwa  yang berkaitan dengan pertanyan anda semoga kita dapat mengambil pelajaran dari jawaban beliau dengan dilema kerja dan sholat dhuha:
     

    saudaraku, ikhtilaf para Imam, ada yg mengatakan bahwa shalat Isyraq adalah shalat dhuha, dengan landasan beberapa hadits, namun ada pendapat lain bahwa shalat Isyraq adalah saat waktu Isyraq dan bukan shalat Dhuha.

    saran saya anda lakukanlah keduanya, yaitu shalat Isyraq di waktu Isyraq (110 menit / 1 jam 50 menit) setelah adzan subuh kira kira 06.30 wib pagi bila hari hari sekarang ini, shalat isyraq sebanyak 4 rakaat,

    lalu anda shalat dhuha lagi yg waktu terbaiknya adalah pertengahan antara adzan subuh dan adzan dhuhur. waktu dhuha berlanjut hingga waktu zawal (zawal beberapa menit sblm dhuhur).

    perlu diketahui bahwa shalat dhuha dan shalat sunnah lainnya bisa dilakukan diatas mobil, tak perlu menghadap kiblat, sebagaimana diriwayatkan dalam shahih Bukhari bahwa Rasul saw sering melakukan shalat sunnah diatas tunggangannya dalam perjalanan, dan bila bila hendak melakukan shalat fardhu barulah beliau turun dari tunggangannya dan menghadap kiblat.

    sayapun sering melakukan shalat ba\’diyah, qabliyah, isyraq, dhuha, witir, bahkan tahajjud dimobil, mengingat kesibukan yg demikian padat, menunda dua menit saja bisa memotong perjalanan beberapa kilometer, maka bila saya sudah ditunggu di majelis berikutnya dan waktu sudah sangat sempit apalagi sudah terlambat maka saya shalat sunnah di mobil, bahkan meng qadha shalat sunnah yg lalu lalu,

    sembari macet di jalanan, orang saling mencaci dan klakson tak henti2 berbunyi, kita asyik dg dzikir, tasbih, ruku, sujud dalam shalat sunnah, walaupun sambil duduk.

     

Leave a Reply