Homeforum.majelisrasulullah.orgbagaimana sebenarnya pengucapan Basmallah dalam Al Fatihah, baik didalam maupun di luar sholat? apakah di Jahrkan atau sebaliknya?
AL Maghfurlah Habibana Munzir AL Musawa

bagaimana sebenarnya pengucapan Basmallah dalam Al Fatihah, baik didalam maupun di luar sholat? apakah di Jahrkan atau sebaliknya?

forum.majelisrasulullah.org 0 0 likes 334 views share

  • Author
    Posts
  • #82806444


    Ahmad Fudlola

    Participant

    Assalamualaikum Wr Wb, Bada Tahmid Wa Shalawat…
    Smoga kesehatan dan segenap curahan rahmat dilimpahkan kepada Habibana, keluarga, dan Jamaah sekalian..
    Afwan Bib, mohon dijelaskan bagaimana sebenarnya pengucapan Basmallah dalam Al Fatihah, baik didalam maupun di luar sholat? apakah di Jahrkan atau sebaliknya? dan apakah lafadz Basmallah tersebut termasuk ayat dalam Al Fatihah?. Terima kasih yang sedalam-dalamnya saya haturkan kepada Habibana dan jamaah sekalian… Wasallamualaikum Wr Wb….

    #82806475


    Munzir Almusawa

    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

    Cahaya keindahan Nya swt semoga selalu menerangi jiwa dan hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    menurut Madzhab Syafii tidak sah shalat tanpa membaca basmalah, dan tidak sah bermakmum pada Imam yg tidak membaca Basmalah.

    namun bila Imamnya membaca sirr (basmalah dibaca dg suara tidak jahran) maka tetap sah bermakmum padanya.

    dan merupakan Ijma 4 madzhab bahwa tidak ada yg melarang basmalah dalam fatihah.

    setahu saya, bahkan Imam Masjidil haram pun membaca basmalah, walau sirran, tidak menafikannya,

    bila anda bermakmum pada imam yg tidak baca basmalah, maka anggaplah ia membaca basmalah sirran, maka shalat anda sah, kecuali bila anda tahu betul dari ucapannya atau kejelasan dari kesaksian lainnya bahwa imam itu tak membaca basmalah dalam fatihahnya, maka hindarilah sebisanya.

    pendapat Muttafaq dalam Madzhab Syafii bahwa Basmalah merupakan bagian dari AL fatihah, setahu saya pendapat ini juga merupakan mayoritas dari 4 madzhab.

    demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    wallahu a\’lam

    #82806518


    agus afiantoro

    Participant

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    semoga habib diberikan kesehatan selalu dan semoga kita mendapatkan malam lailatul qadar

    bib langsung saja saya mau tanya bagaimana hukumnya membaca basmalah di tengah-tengah surat menurut mahzab syafi\’i dan mahzab lainnya

    saya pernah diberitahu kalau membaca basmalah ditengah surat berarti memotong surat tsb dan berganti ke surat yang lain. klo tidak boleh sebaikny apa yang kita baca/lafazkan pada saat awal membaca al quran

    mohon pencerahan

    terima kasih
    wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    #82806523


    Salamun

    Participant

    Assalamu \’alaikum wr. wb.

    Wahai Habib Munzir yang saya muliakan, semoga keselamatan dan keberkahan selalu menyertai habib dan keluarga, serta seluruh kaum muslimin yang mencintai dan menghormati kyai, ulama dan habaib dari ahlussunnah wal jamaah.

    Mohon maaf bertanya mengenai basmallah bib, saya telah mahfum dan mengetahui sejak lama mengenai basmallah yang merupakan bagian dari surat Al Fatihah. Dan sepanjang yang saya ketahui dan pelajari bacaan dan tajwid basmallah dari kecil sampai sekarang belum pernah mendengar lafaz basmallah selain

    BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIIM.

    Saya yang faqir ini ingin mengetahui adakah lafazh basmallah dalam bacaan qiraah sab\’ah yang lafazhnya

    BISMILLAHIRRAHMAANURRAHIIM.

    Menggunakan dhammah pada kata Rahmanu. Karena kebetulan ditempat saya seorang teman yang menjadi imam tarawihnya masih baru (ramadhan pertama di lokasi baru belum ada masjid/mushola). Dan kebetulan hanya dia yang umurnya lebih tua, suaranya bagus, hafalannya cukup. Terus terang saya bukannya ingin sombong bib, saya akui saya ini faqir dan banyak kealpaan, dosa pun buanyaaakk (astaghfirullahalazhim). Tapi alhamdulillah waktu kecil saya pernah belajar tajwid dan sedikit kenal nahwu jadi saya bisa menilai beberapa bacaannya ada yang salah tajwidnya. Saya kurang sreg diimami olehnya karena setiap kali dia menyebut ARRAHMAANURRAHIIM dan bukan ARRAHMAANIRRAHIIM. Saya juga telah faham kewajiban membaca Al Fatihah dengan baik bagi imam, kalau bacaan selain fatihah yang salah saya masih bisa memaklumi. Saya ingin menegurnya takut tersinggung, nanti dia tidak mau jadi imam lagi padahal banyak warga yang setuju dia menjadi imamnya (dan mungkin sbg pengurus masjid yg akan dibangun). Saya lihat sepertinya dia beraqidah ahlussunnah wal jamaah (membaca qunut), pernah mengetahui mengenai wahabi, tapi saya belum tahu apa pendapatnya mengenai wahabi. Dan saya juga tidak tahu apakah dia bermazhab dan jika bermazhab apa yang dipakainya. Sedangkan saya sendiri Insya Allah akan mengikuti pendapat Imam Syafi\’i seperti guru-guru saya. Bagaimana saya menghadapinya hal ini bib.

    Terima kasih atas kesediaan Habib Munzir yang selalu menyempatkan diri untuk membalas pertanyaan2 yang banyak. Dan juga terima kasih atas ijazah Ratib Al Haddadnya. Semoga Allah memuliakan habib dengan surga yang tinggi.

    Wassalamu\’alaikum wr. wb.

    #82806556


    Munzir Almusawa

    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Malam malam sujud di akhir bulan mulia ini semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    dalam hukum Nahwu bacaan itu benar, yaitu khobar Mubtada mahdzuf, namun tak satupun dari 7 qira\’ah membaca demikian, tak pula satu madzhabpun yg membaca demikian, sebaiknya anda bertanya kepadanya,

    polos saja, saya ingin belajar, karena saya tidak tahu, adakah riwayat membaca basmalah seperti itu pak kyai?, nah.. anda akan mendapat jawabannya Insya Allah, barangkali merupakan tambahan ilmu bagi kita

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

    #82806555


    Munzir Almusawa

    Participant

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya Malam malam sujud di akhir bulan mulia ini semoga selalu menerangi hari hari anda dengan kebahagiaan,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    mengenai membaca basmalah ditengah surat diperbolehkan dalam madzhab syafii, bahkan Imam Syafii mengajurkannya, namun sebagian besar ulama madzhab syafii menyarankan Ta\’awwudz tanpa basmalah jika membaca ditengah surat, hujjahnya adalah bahwa Rasul saw telah menempatkan basmalah pada setiap awal surat, maka sebaiknya tak menaruhnya ditengah surat.

    demikian madzhab lainnya berpendapat \"khuyira lahu\" (boleh memilih) antara membaca basmalah ditengah surat atau tidak.

    namun yg jelas jelas dilarang adalah pada awal surat Attaubah

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

Viewing 6 posts – 1 through 6 (of 6 total)
© http://carauntuk.com/bagaimana-sebenarnya-pengucapan-basmallah-dalam-al-fatihah-baik-didalam-maupun-di-luar-sholat-apakah-di-jahrkan-atau-sebaliknya

Leave a Reply

-->