forum.majelisrasulullah.org

bagaimana hukumnya orang yang meninggalkan Shalat jum’at karena tugas kerjanya dan menggantinya dengan shalat dzuhur biasa

Kerja Vs Waktu Shalat Jum'at – 2006/11/02 18:41Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Semoga cahaya Islam terus berjaya hingga Yaumul Qiyamah.

Habibana yang saya muliakan. bagaimana hukumnya orang yang meninggalkan Shalat jum'at karena tugas kerjanya dan menggantinya dengan shalat dzuhur biasa. seperti security, messenger, pramuniaga, pramusaji dan lain-lain? yang saya tahu mereka itu shalat jum'atnya bergilir (jum'at ini mendapat bagian shalat, jum'at depan mungkin tidak). dengan alasan perusahaan. apabila shalat jum'at semua maka akan mengganggu stabilitas keamanan suatu perusahaan tersebut.

Terima kasih 

wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Kerja Vs Waktu Shalat Jum'at – 2006/11/03 11:02Alaikumsalam warahmtullah wabarakatuh,

Cahay kemuliaan Nya semoga selalu menuntun anda dan keluarga dalam kebahagiaan,

mengenai hal ini Allah swt telah menjelaskan dalam firman Nya : WAHAI ORANG ORANG YG BERIMAN, BILA TELAH TERDENGAR PANGGILAN UNTUK SHALAT JUMAT MAKA BERDATANGANLAH KEPADA DZIKRULLAH DAN TINGGALKAN PERDAGANGAN, ITU LEBIH BAIK BAGI KALIAN BILA KALIAN MENGETAHUI, BILA KALIAN SELESAI MELAKUKAN SHALAT MAKA BERTEBARANLAH DIMUKA BUMI MENCARI ANUGERAH ALLAH DAN BANYAKLAH MENGINGAT ALLAH AGARA KALIAN TERMULIAKAN" (QS Al Jumu'ah 9-10).

ayat diatas dengan Lembut Allah swt menyeru kita untuk meninggalkan segala kesibukan dan pekerjaan demi shalat jumat.

namun ada udzur syar'i (kebebasan dari syariah) diantaranya menjaga orang sakit, atau berkhidmat untuk kebutuhan muslimin, maka mengenai penjagaan gedung jumat/masjid yg bila tak dijaga maka ditakutkan terjkadi gangguan, pencurian dll maka hal itu boleh boleh saja, atau menjaga kantor dengan memberi kesempatan teman2nya berjumat, maka ia bukan mengorbankan jumat untuk pekerjaannya atau perdsagangannya, namun mengorbankan jumat demi orang yg shalat jumat, maka ini merupakan salah satu udzur syar'i dala pelaksanaan shalat jumat.

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Kerja Vs Waktu Shalat Jum'at – 2006/11/03 21:17Berarti mereka (orang-orang yang saya sebutkan di pertanyaan) termasuk orang yang mendapatkan udzur Syar'i dong Bib. kalau mereka sampai melewati tiga kali jum'at bagaimana? apakah masih tetap termasuk dalam uzur syar'i?
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Kerja Vs Waktu Shalat Jum'at – 2006/11/04 22:16Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya kemuliaan Nya semoga selalu melimpah kepada anda dan keluarga,

mengenai shalat jumat yg ditinggalkan tentunya merupakan dosa besar, karena merupakan fardhu 'ain, namun segala hal yg ada udzur syar'inya maka tak berdosa bila ditinggalkan, selama udzur nya itu tidak dibuat buat, 

berikhtilaf ulama bagi mereka yg meninggalkan jumat 3X berturut turut, sebagaimana sabda Rasul saw : "Barangsiapa yg meninggalkan jumat 3X karena darurat, maka Allah mengunci hatinya" (shahih Ibn Khuzaimah hadits no.1856), namun adapula sebagian ulama yg berpendapat bahwa hal ini adalah bagi yg sengaja dan mencari cari alasan belaka untuk meninggalkan jumat, sebagaimana sabda Nabi saw : "Barangsiapa yg meninggalkan jumat 3X karena meremehkannya, maka Allah mengunci hatinya" (shahih Ibn Khuzaimah hadits no.1858).

namun sebagian besar ulama mengambil pendapat yg pertama, bahwa ketidak sengajaan bila terulang 3X maka ia terkena kegelapan hati.

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber 

© http://carauntuk.com/bagaimana-hukumnya-orang-yang-meninggalkan-shalat-jumat-karena-tugas-kerjanya-dan-menggantinya-dengan-shalat-dzuhur-biasa

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close