Sponsor 1

forum.majelisrasulullah.org

Bagaimana hukumnya menahan kecing saat mau menunaikan shalat

Menahan buang air – 2006/09/07 19:53Assalamu'alaikum Wr Wb.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas jawaban habib dalam pertanyaan terdahulu, sekarang saya ingin bertanya lagi pada habib, saya sangat senang sekali dengan adanya forum ini.

Begini : 

1. Bagaimana hukumnya menahan kecing saat mau menunaikan shalat, karena saya kalau mau shalat kencing dulu nanti pada saat sedang shalat terasa sisanya keluar lagi, padahal sudah saya cuci dengan bersih ?

2. Apa saja yang dilarang ketika wanita sedang haid, selain memedang Al-Quran ? 

3. Bagaimana hukumnya wanita sedang haid memotong kuku, mencukur rambut atau memotong salah satu anggota tubuh ?

Terima kasih, semoga Allah melimpahkan rahmat dan ridhonya kepada Habib.

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Menahan buang air – 2006/09/10 16:48Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya keberkahan semoga melimpah kepada anda dan keluarga,

1. menahan buang air kecil hukumnya makruh syiddatil karaahah (sangat makruh) adapula pendapat y mengatakannya haram, sebab menghilangkan sebgian besar konsentrasi kita ketika shalat.
didalam fiqih dibahas mengenai hal ini agar orang yg buang air kecil dan merasa sering menetes setelahnya adalah dg mengurut bagian bagian alat kelamin agar sisa sisa air tidak lagi tersisa padanya, dan dengan Tanahnuh (berdehem) yg dg itu sisa sisa yg ada di saluran kencing akan terdorong.
juga dengan banyak minum air hingga membantu kelancaran buang air kecil. dan bila segala usaha telah dilakukan maka hal ini pernah terjadi pd Umar ra, maka beliau membasahi sarungnya di bagian itu hingga bila syaitan membisikkan bahwa ada tetesan maka ia akan berkata bahwa itu adalah basahan dari air yg telah ia kenai pd sarungnya dengan ir tersebut.

2. yang diharamkan ketika wanita sedang haid adalah 11 macam : Shalat, Thawaf, Menyentuh Mushaf Alqur'an, membawa Alqur'an, membaca Alqur'an, berpuasa, talak, diam / tinggal di masjid, lewat di masjid bila ditakutkan akan menetes di masjid (tdk mengapa bila sekadar lewat dan diseertai pengaman hingga tak dirisaukan menetes dan mengotori masjid, ber Istimta' (perbuatan yg mengarah kepada Jimak, termasuk jimak) diantara pusar hingga lutut, nerwudhu dg Niat ibadah.

3. menggunting kuku dll bagi wanita yg haid, nifas, atau lelaki yg junub adalah makruh

demikian wahai saudaraku yg kumuliakan

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/bagaimana-hukumnya-menahan-kecing-saat-mau-menunaikan-shalat

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker