jump to navigation

Bagaimana hukumnya kita makan sahur untuk puasa sunnah (misal puasa senin-kamis), apakah sunnah layaknya puasa romadhon ataukah mubah?
January 6, 2013

Posted by cu.admin in : forum.majelisrasulullah.org , trackback

 

Sahur Puasa Sunnah – 2008/10/15 05:49Assalamualaikum ya habibana

Semoga ALLAH selalu melimpahkan kesehatan serta keselamatan kepada habibana, sehingga kami dapat terus mendapatkan ilmu dari habibana

Habibana yang saya mulyakan.

Saya pernah dengar dari beberapa ustadz bahwa Rasulullah ketika dipagi hari tidak ada makanan dirumah maka saat itu rosul niatkan untuk berpuasa yang secara otomatis beliau tidak makan sahur pada malam harinya,

– Bagaimana hukumnya kita makan sahur untk puasa sunnah (misal puasa senin-kamis), apakah sunnah layaknya puasa romadhon ataukah mubah?
Jika tujuan sahur (untuk puasa sunnah) adalah untuk menambah kekuatan dalam berpuasa, bagaimana jika kita merasa sanggup berpuasa walau tanpa sahur?
Karena terus terang saya sangat malas untuk bangun sahur puasa sunnah, lain halnya jika di bulan romadlon 
jika memang sahur puasa sunnah hukumnya sunnah juga, insya ALLAH saya akan perjuangkan untuk makan sahur

-Mengenai puasa senin kamis, mengapa ALLAH memilih hari senin dan kamis, apakah dipilih hari senin itu dikarenakan kelahiran Sayyidina Muhammad? Dan bagaimana untuk hari kamis.

Terimkasih atas jawabanya bib

Wassalam

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:Sahur Puasa Sunnah – 2008/10/16 23:48Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda dg kesejahteraan,

saudaraku yg kumuliakan, 
sahur adalah sunnah hukumnya, sebagaimana sabda beliau saw : "Bersahurlah kalian, karena pada sahur itu terdapat keberkahan" (Shahih Bukhari).

maka jelaslah bahwa bukan hanya menguatkan saja, tapi membawa keberkahan [ada hari tsb, namun jika anda merasa keberatan, maka tak perlu sahur, karena tanpa sahur pun sunnah,

mengenai puasa senin kamis, Rasul saw bersabda, bahwa Naiknya amal pada Allah adalah pada hari senin dan hari kamis, maka aku ingin saat amalku naik pada Allah aku dalam keadaan puasa" (HR Tirmidzi dg sanad hasan), dan banyak lagi hadits yg merujuk pada puasa senin kamis.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu, 

Wallahu a'lam

sumber

© http://carauntuk.com/bagaimana-hukumnya-kita-makan-sahur-untuk-puasa-sunnah-misal-puasa-senin-kamis-apakah-sunnah-layaknya-puasa-romadhon-ataukah-mubah

Sponsor 2