Sponsor 1

forum.majelisrasulullah.org

bagaimana hukum nya bila kita brceramah dngn cara brhadapan lngsung dengan jama’ah kaum ibu?bgaimana tuntunan rosul SAW tentang hal ini?

Ceramah di hadapan jama'ah kaum ibu – 2007/06/15 18:22Assalamu'alaikum.wr.wb.smga habib sntiasa dlm naungan ridho dn rahmat dr ALLAH.SWT.habib munzir yg ana cintai.ana mau tnya.bgaimana hukum nya bila kita brceramah dngn cara brhadapan lngsung dngn jama'ah kaum ibu?bgaimana tntunan rosul SAW tntng hal ini?
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Ceramah di hadapan jama'ah kaum ibu – 2007/06/16 01:47Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan kebahagiaan semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan,
mengenai ceramah dihadapan Nisa tentunya merupakan hal yg tidak diperbolehkan oleh syariah khususnya madzhab syafii, 

namun nabi saw pernah melakukannya sebagaimana dijelaskan dalam shahih Bukhari bahwa Rasul saw selepas mengimami shalat Ied beliau saw menuju kaum Nisa dan memberi wasiat pada kaum nisa untuk bersedekah, dan Bilal bersama beliau saw seraya membawa wadah dari kain, dan kaum nisa memenuhi wadah kain yg dibawa Bilal itu dg perhiasan mereka. (shahih bukhari).

namun sebagian ulama hadits menjelaskan bahwa ini adalah sebelum turunnya ayat hijab, namun sebagian lain mengatakan bahwa hal itu adalah kehususan bagi nabi saw.

ringkasnya, kita yg hidup dimasa kini dan bagi yg perduli akan rusaknya ummat ini, kita fahami bahwa jumlah Nisa lebih banyak dari Rijal (pria), maka arah kompas dakwah mesti tertuju lebih tajam kepada kaum Nisa, dan sebagaimana kita lihat bahwa sebagian kaum nisa malas untuk hadir ke majelis taklim, dan mereka yg mau hadirpun banyak yg tak suka bila ditutup dg hijab antara mereka dg ustaznya.

maka ketika banyak wanita yg belum mengenal syariah secara sempurna, masih beridolakan orang orang fasiq, masih mencintai artis2 dlsb, maka kaum Nisa yg seperti ini mestilah diselamatkan, dan para ustaz mesti terjun dan membuka hijab demi kehadiran mereka, karena pelahan lahan secara bertahap barulah nanti dikenalkan hijab.

kesimpulannya, kita tetap memakai hijab untuk mengajari kaum nisa yg sudah bisa menerima hijab, dan membuka hijab bagi mereka yg belum bisa menerima hijab, 

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Ceramah di hadapan jama'ah kaum ibu – 2007/06/16 02:19Assalamu'alaikum.wr.wb.syukron habib ats jwban nya.ada lg yg ingn ana tnyakn.skrng ini ada slh seorng ustd yg mrasa khdiran ana sbgai saingan nya.bkn sbgai fathner dkwahnya.bgaimana ana mnsikapi hal ini?mhn do'anya smga ana bsa mnjlani amanah dkwah ini.
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Ceramah di hadapan jama'ah kaum ibu – 2007/06/17 03:50Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Inayah dan kelembutan Nya swt semoga selalu menaungi anda dan keluarga,

saudaraku yg kumuliakan,
ketika majelis anda mulai merangkak maju dg pesat, maka itulah kendalanya, bahwa oran orang dari para ulama setempat akan merasa tersaingi, hal ini selalu terjadi dalam setiap kemajuan, nah.. bisa bisanya lah anda berbudi baik padanya agar meringankan gesekan perselisihan dan perasaan tersaingi oleh anda.

kunjungilah dan puji dia di majelis majelis, maka hal itu akan berubah menjadi dukungan bagi anda.

namun berhati hatilah dg murid murid anda dan murid muridnya, karena biasanya guru dg guru telah bersahabat namun murid dg murid saling menebar fitnah, ini sering terjadi.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/bagaimana-hukum-nya-bila-kita-brceramah-dngn-cara-brhadapan-lngsung-dengan-jamaah-kaum-ibubgaimana-tuntunan-rosul-saw-tentang-hal-ini

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker