bagaimana cara membayar hutang puasa wajib tahun2 yg telah lalu

 

qodo puasa ramadhan - 2010/06/25 19:00assalamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.. salam dan sejahtera mudahmudahan dilimpahkan kpada habib dan keluarga..
bib sy mau bertanya perihal qada puasa,
ada teman saya perempuan menanyakan bagaimana cara membayar hutang puasa wajib tahun2 yg telah lalu( 2008 ke belakang), apakah hanya dengan puasa saja, ataukah dtambah bayar fidyah/kafarat.. 
trus jk lupa/ragu berapa jumlah pasti hari uzurnya puasa, bgaimana pengambilan jumlah harinya, apakah cukup dengan keyakinan atas perkiraan kita. . misalnya, kita lupa/ragu brapa jumlah harì puasa yg kita tinggalkan, tapi kita memperkirakan 6 atau 7 hari, tp kita merasa yakin dg yg 6 hari dan ragu dg yg 7 hari. apakah kita cukup mengambil 6 hari saja, ataukah ditambah 1 hari sbagaimana ragu jumlah rakaat dalam shalat,.?
mohon penjelasanya..
terimakasih sbelumnya..wasalamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh..
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:qodo puasa ramadhan - 2010/06/27 11:52Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
jika hanya beberapa hari saja sebagaimana anda sebutkan, maka wajib qadha, dan ketika telat satu tahun maka sebagaimana anda katakan yakinnya 6 hari maka qadha puasa 6 hari tidak harus berturut turut, namun ditambah 1 Mudd setiap harinya jika terlambat 1 tahun, misalnya kini 2010, maka sebelum ramadhab tahun ini, ia meng qadha 6 hari puasa itu ditambah 6 mudd, karena terlewatkan 1 kali ramadhan, yaitu ramadhan 2009.

1 mudd sedekah dengan makanan pokok wilayah setempat, dan untuk kita adalah beras.
perhitungan 1 mudd adalah kurang dari 1 liter (12 mudd adalah 10 liter).

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

ref : http://www.majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=5&func=view&id=25472&catid=8

© http://carauntuk.com/bagaimana-cara-membayar-hutang-puasa-wajib-tahun2-yg-telah-lalu

wahai Allah limpahkan shalawat pada Ruh Sayyidina Muhammad di alam arwah, dan limpahkan pula pada Jasadnya di alam Jasad, dan pada kuburnya di alam kubur


dan jangan Lupa membaca Al-qur'an, jangan lewatkan seharipun tanpa membaca Al-qur'an jadikan bacaan yg paling anda senangi, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Cinta Allah besar pada pecinta Alqur'an, dengan memahamainya atau tidak dg memahaminya.

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Posted in forum.majelisrasulullah.org Tagged with: ,
2 comments on “bagaimana cara membayar hutang puasa wajib tahun2 yg telah lalu
  1. Mahisya Umaniza says:

    Assalamu alaikum wr.wb

    Pak ustadz,, bagaimana kalo puasa tahun lalu sampai belum di qada ? padahal memasuki buloan ramadhan ?

  2. Arie Ibrahim says:

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Terimakasih atas pertanyaannya, Mohon maaf sebelumnya saya bukan ustadz dan tidak pernah mengakui saya sebagai ustadz, saya hanya sebagai makmum

    untuk pertanyaan dari saudari @Mahisya Umaniza, bisa coba merujuk ke sumber ini http://carauntuk.com/qadha-puasa-tahun-ke-1-istri-sedang-hamil-tahun-ke-2-istri-sedang-menyusui-tahun-ke-3-istri-masih-menyusunajwa030408-qadha-puasa-yg-tertunda-20090908-1627-asalammualaikum-wr-wb-semoga-limpaha

    disanah ada sedikit gambaran dari Habibana Munzir Al Musawa dengan contoh kasus dengan perhitungannya, dan tambahan dari saya niat qada puasa tidak dapat dipadu dengan niat puasa wajib jadi dilakukan diluar puasa wajib(bulan ramadhan)

    Wallahu a’lam

Leave a Reply