forum.majelisrasulullah.org

apakah sedekah yang baik itu banyak tapi jarang atau sedikit sering?

sedekah – 2006/10/04 21:12assalamualaikum.Wr Wb

habibana Mundzir yang saya hormati saya ingin bertanya. apakah sedekah yang baik itu banyak tapi jarang atau sedikit sering begitulah hal yang ingin saya tanyakan semoga habib dapat menjelaskannya.

wasalamualaikum Wr Wb

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:sedekah – 2006/10/05 02:19Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Keluhuran Nya semoga selalu menerangi hari hari anda.

mengenai sedekah yg afdhal tidak tergantung pada banyak atau seringnya, namun tergantung daripada keikhlasan niat kita, semakin tulus niat kita semakin besar pahalanya, juga tergantung kepada kesucian harta yg kita sedekahkan, semakin suci harta itu maka makin besar pahalanya, dan tergantung pada yg diberi sedekah, bagaimana keadaannya, semakin shalih si fakir maka semakin besar pahalanya, juga semakin fakir ia maka makin besar pahalanya,
mengenai banyak dan sedikitnya maka bisa dikaitkan dengan kebutuhan para fuqara, misalnya kita punya uang 10 juta, kita memilih menyedekahkan dg membagi bagikannya atau menyerahkannya pada satu orang, maka baiknya adalah menjadikan uang itu modal untuk keuntungannya terus berkesinambungan untuk fuqara, maka itu lebih afdhal, karena 10 jutanya akan menjadi ratusan juta yg tak henti hentinya mengalir pada fuqara.

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:sedekah – 2006/10/06 17:10Assalamualaikum, ada pertanyaan tambahan habib

mengenai saat memberikan sedekah, terkadang ada rasa berat.. dan kata guru saya itu nafsu yang harus dilawan. Dan saya juga pernah mendengar saat yang baik untuk memberikan sedekah, yaitu(maaf bila tidak salah)
1. ketika rasa kikir/pelit itu tiba
2. ketika ingin menjadi kaya
3. ketika takut miskin

Lalu apa yang baik dilakukan bila rasa itu/nafsu itu datang, segera melawanya dengan sedekah, tapi saya takut sedekah dengan rasa yang mengganjal sehingga nanti menjadi tidak ikhlas… dan apa harus menunggu saat tenang/tidak ada pergolakan dihati baru bersedekah sengga rasa ikhlas lebih mudah didapat? Yang manakah yang menurut Habib lebih baik…
Jazakallah habib, moga sehat selalu..amiiin

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:sedekah – 2006/10/08 12:46Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya keagungan Nuzululqur'an semoga selalu melimpah kepada anda dan keluarga,

mengenai sedekah ini, asal awalnya adalah ibadah kepada Allah swt dengan membantu saudara saudara muslim kita yg faqir dan miskin, atau yg membutuhkan.
dua hal yg menjadikan sedekah itu lebih mulia/lebih banyak pahalanya, yaitu dari diri kita dengan melawan hawa nafsu misalnya sebagaimana anda jelaskan, atau dari diri oran yg disedekahi, walau misalnya niat kita biasa biasa saja, namun karena yg menerima misalnya seorang yatim yg kehausan, kelaparan, atau orang yg dikejar2 hutang, maka tentunya pahalanya akan lebih besar, sebagaimana Rasul saw bercerita tentang seorang wanita pendosa yg melihat seekor anjing yg kehausan dan ia memberinya minum dengan mengambil air dari sumur dengan sepatunya dan anjing itupu diberinya minum, maka Allah mengampuni seluruh dosa wanita itu (Shahih Bukhari). 
nah.. kalau menolong seekor anjing demikian besarnya pahalanya hingga bukan hanya pahala bahkan membuat seorang pelacur diampuni dosanya oleh Allah, apalagi seorang manusia yg kehausan misalnya, atau sudah hampir gila karena dikejar kejar hutang, atau tak mampu membayar kontrak rumahnya, atau listriknya, atau uang sekolah anaknya, (maaf) orang yg seperti ini walau disuruh mencium sepatu kita sekalipun ia akan melakukannya karena sangat teramat butuh.., nah.. ini pahalanya sangat lebih agung, demikian saudaraku.

wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/apakah-sedekah-yang-baik-itu-banyak-tapi-jarang-atau-sedikit-sering

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close