forum.majelisrasulullah.org

apa hukumnya bila rambut dicat, seperti untuk menutupi beberapa helai rambut yg putih (uban).

Fiqih – 2007/06/10 01:28Assalamu'alaikum…
Semoga Habib dan keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT
Afwan bib ane mau bertanya
1.apa hukumnya bila rambut dicat, seperti untuk menutupi beberapa helai rambut yg putih (uban).
dan warna apa saja yg dilarang ataupun yang diperbolehkan sebagai mana rasulullah pernah mengecat rambutnya yang sudah mulai tumbuh beberapa uban.
2. Apa hukumnya membuka tabungan di bank konfensional (selain Bank syari'ah), setahu saya menurut MUI haram hukumnya. saya minta dalilnya mengenai hal tersebut.
atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Assalamu'alaikum…
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:Fiqih – 2007/06/10 23:57Saudaraku yg kumuliakan,

1. mewarnai rambut diperbolehkan dg warna apapun kecuali hitam, ada pengecualian untuk wanita, ada pendapat yg membolehkannya bila seizin suaminya.

Rasul saw mewarnai rambutnya dg pacar, dan yg tidak diperbolehkan adalah mewarnai rambut dg cat pewarna, karena itu menghalangi sampainya air ke rambut, beda dg mewarnai rambut masa kini, obat itu merubah warna rambut dan bukan melapisinya.

2. mengenai tabungan di bank yg tentunya berbunga, dan kesemua perdagangan yg mengandung bunga hukumnya riba, sebagaimana firman Nya swt : 
“Allah swt mencabut keberkahan Riba (transaksi bunga), dan Allah melipat gandakan pahala shadaqah, dan Allah tidak menyukai semua pengingkaran (menghalalkan bunga) dan dosa (mengambil bunga)” (QS AL Baqarah 276)
“Wahai orang orang yg beriman bertakwalah kepada Allah, dan tinggalkanlah perdagangan yg berbunga bila kalian benar benar beriman” (QS Al Baqarah 278)
“Wahai wahai orang yg beriman, janganlah kau memakan (mengambil keuntungan) dengan Bunga (riba) yg berlipat lipat, dan bertakwalah kepada Allah (dengan meninggalkannya) agar kalian mendapat keuntungan” (QS Ali Imran 130)
dan banyak lagi dalil dari hadits hadits shahih.

Demikian saudaraku yg kumuliakan,

Wallahu a’lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah

 

Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/apa-hukumnya-bila-rambut-dicat-seperti-untuk-menutupi-beberapa-helai-rambut-yg-putih-uban

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close