forum.majelisrasulullah.org

apa adab/sunnah2 ketika akan mandi, makan, tidur, memakai siwak?

 

adab/sunnah2 – 2011/07/12 17:24assalamualaikum warrahmah

1.bgaimana adab2/sunnah2 ktka akn mandi, baik mandi biasa ataupun mandi janabah,
2. bgaimana adab/sunah ktika akn makan, tidur ?
3. memelihra kucing, namun ana ga tau, apkh ada bulu kcing tsb yg menempel di pkaian shalat atau sjadah, terkdang suka nemuin, kdg sulit dicari untk dibersihkan, jd klo ga tau/ga terlihat, gmna bib ?
4. mmkai siwak adlah sunnah, namun ana minta cara/adab menggunakanya, nhon penjelasan….
5. bgaimana mnurut habib, tentang ada habib yg majedub, mhn pnjelasanya
mohon nasehat habib bwt alfaqir ini
jazakumullah khairan jazza

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:adab/sunnah2 – 2011/07/13 02:04Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

kebahagiaan dan Kesejukan Rahmat Nya semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
selamat datang di web para pecinta Rasul saw, kita bersaudara dalam kemuliaan
1. sunnah2 mandi banyak, diantaranya : Berdiri, menghadap kiblat, wudhu, basmalah, menjelajahi lipatan2 tubuh dg air, dan mengurut2 bagian2 tubuh (yg dirisaukan tak tersentuh air seperti belakang tubuh, belakang telinga dll), dan membasuh kesemua anggota tubuh 3X, dan tertib / berurutan, yaitu membasuh kedua tangan (dengan niat mandi besar jika junub), lalu membasuh kemaluan dan yg sekitarnya, lalu berkumur, lalu memasukkan air ke kehidung, lalu membasahi lipatan lipatan tubuh, lalu membasuh tubuh kekepala, lalu membasuh bagian kanan depan tubuh yg depan, lalu membasuh bagian tubuh kanan belakang, lalu membasuh bagian tubuh yg kiri bagian depan, lalu membasuh bagian tubuh yg kiri bagian belakang.(Yaquutunnafiis ala madzhab ibn Idris Assyafii).
juga disunnahkan bersiwak sebelumnya, menutup aurat dg sarung, dan menggunakan air tidak berlebihan, sunnahnya 1 shaa' (shaa = 3,5 liter). 

2. sunnah makan adalah tidak sendiri, dan tidak banyak, lama mengunyah, tidak meniup niup makananan yg panas, tidak berdiri (duduk), tidak mengambil lauk yg jauh posisinya darinya, basmalah sebelumnya, dan hamdalah sesudahnya.

sunnah sunnah saat tidur adalah berwudhu/dalam keadaan suci, membaca istighfar : Astaghfirullahal a'dhiim alladziy laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilayh 3X, lalu subhanallah 33X, lalu Alhamdulilllah 3X, lalu Allahu Akbar 33X, lalu diakhiri dg 1X Laa ilaala illallah wahdahu Laa syariika lahu, lahul mulku walahulhamd, yuhyi wa yumiit, wa huwa ala kulli syay'in qadiir. yg membacanya sebelum tidur maka ia akan bangun dengan segar tanpa malas dan lelah.
juga teriwayatkan membaca ayat alkursiy 1 X sebelum tidur,

juga teriwayatkan membaca surat Al Mulk

juga teriwayatkan membaca Al ikhlas 3X, Al Falaq 3X dan Annaas 3X lalu disunnahkan pula meniupkannya ke anggota kedua telapak tangan dan mengusapkannya keseluruh tubuh yg terjangkau/sebisanya 3X.

lalu tidur menghadap kekanan, dg tangan kanan dipelipis kanan, dan tangan kiri di lambung.

juga disunnahkan memadamkan lampu.

jika sulit tidur dg posisi kekanan karena belum terbiasa, paling tidak awal kali rebah tubuh kita, kita perbuat demikian, setelah itu jika tubuh tak nyaman ingin telentang atau menghadap kekiri jangan paksakan tubuh hingga membuat kita tak bisa tidur, yg jelas kita sudah mengamalkan sunnah tidur, 

demikian pula dalam keadaan bersuci, jika sudah selesai dg dzikir dan doa doanya, dan caranya, lalu kemudian istri menyentuh kita, jangan memaksakan diri untuk bangun berwudhu kembali jika itu menyusahkan kita, teruskan usaha tidur anda karena jika dipaksakan bisa mengganggu waktu tidur, mengeluh pada istri, atau hingga membuat istri tak nyaman pula tidur bersama dan menyebabkan percekcokan 

3. jika sudah ada usaha membersihkannya makanya jika masih ada yg tersisa dan sulit dihindari maka dimaafkan, khusus sajadah, sebaiknya sajadah dilipat dan tidak dibiarkan menghampar sebagaimana di musholla atau masjid, sebab dirisaukan najis dari anak anak atau kucing atau kotoran cicak atau hewan lainnya mengotorinya dan menajiskannya.
juga jika memungkinkan, gunakan pakaian khusus untuk shalat, yg tidak dipakai kecuali untuk shalat, maka ia lebih terjaga kesuciannya daripada pakaian yg kita pakai dalam beraktifitas, namun selama hal itu tidak menyulitkan kita.

4. untuk memakai siwak sudah sering saya tampilkan, admin II akan membantu anda menampilkannya.

5. mereka yg digelari majdub adalah orang shalih namun perbuatannya seperti orang yg tidak waras, jika sekilas tak bisa dibedakan antara orang tidak waras dengannya, namun jika dipertajam dan diperhatikan, tingkah lakunya banyak menyerupai shalihin, maka para guru guru kita menyarankan untuk jangan menghina mereka namun jangan pula mendekati dan bergaul dg mereka. 

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494
  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:adab/sunnah2 – 2011/07/13 02:204. mmkai siwak adlah sunnah, namun ana minta cara/adab menggunakanya, nhon penjelasan….

Berikut Jawaban Habibana yang sudah ada di forum dengan pembahasan yang sama :

Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Rahmat dan Kebahagiaan Nya semoga selalu menerangi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
1. dijelaskan oleh Imam Ghazali bahwa disunnahkan bersiwak memulai dari tengah jajaran gigi atas, lalu menggosokkan siwak kekanan sampai ujung barisan gigi kanan atas, lalu turun ke barisan gigi kanan bawah, lalu digosokkan pada barisan gigi bawah ketengah, lalu naik lagi ke barisan gigi atas dan digosokkan ke kiri sampai ujung barisan gigi kiri atas, lalu turun ke ujung barisan gigi kiri bawah, lalu digosokkan ketengah barisan gigi bawah.

demikian diulang 3X.

2. hendaknya melontarkannya keluar jika potongan besar, jika kecil maka dimaafkan

3. Rasul saw bersiwak sebelum tidur, dan sebelum memulai hal hal lainnya, dan disunnahkan bersiwak dalam memulai segala hal.

cara tidur yg disunnahkan Rasul saw adalah berwudhu, memadamkan lampu, merebahkan diri menghadap ke kanan, dan ia jadikan kanannya itu adalah arah kiblat, lalu berdzikir, banyak riwayatnya dzikis sebelum tidur, diantaranya membaca subhanallah 33X, Hamdalah 33X, Takbir 34 X.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Berikut Linknya :
http://majelisrasulullah.org/index.php?option=com_simpleboard&Itemid=&func=view&catid=9&id=20289#20289

sumber

© http://carauntuk.com/apa-adabsunnah2-ketika-akan-mandi-makan-tidur-memakai-siwak

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close