forum.majelisrasulullah.org

ana mau tanya misalkan ada seorang imam yang salah rukun dalam sholatnya batal tidak sholatnya?

 

Imam salah rukun – 2009/08/31 06:34Assalaamualaikum Wr. Wb,

Yg Mulia Habib Munzir Al Musawa semoga antum selalu dalam keadaan sehat walafiat.

Ya Habibana ana mau tanya misalkan ada seorang imam yg salah rukun dalam sholatnya misalnya seharusnya tahiyyat awal tp si Imam langsung berdiri lagi untuk rakaat ketiga. kemudian makmum mengingatkan dengan membaca Subhanallah. Tapi Imam tidak menghiraukan (mungkin mantap dengan hatinya/tidak mendengar) sehingga Imam pun meneruskan shalatnya. Apa yg Harus dilakukan oleh makmum bib? apakah mengikuti imam atau keluar dari shalatnya?

Demikian Terimakasih atas jawaban Antu,

Wassalaamualaikum Wr. Wb

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:Imam salah rukun – 2009/08/31 10:52Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kemuliaan Ramadhan, Kesucian Nuzulul Qur'an, Cahaya Keagungan Lailatul Qadr, Keluhuran Badr Alkubra, dan Ijabah pada hari hari shiyam dan qiyam semoga selalu menaungi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,
tahiyat awal bukan rukun shalat, jika ditinggalkan dg sengaja hukumnya makruh dan tidak batal shalatnya, jika ditinggalkan dg sengaja dg niat meremehkan sunnah maka haram hukumnya dan menjadi dosa besar.

jika ditinggalkan tidak sengaja, dan imam sudah tegak berdiri, maka memang seharusnya ia tidak kembali duduk untuk tahiyat awal, justru jika ia telah tegak berdiri lalu diingatkan makmum lalu ia kembali duduk untuk tahiyat maka shalatnya batal, karena berdiri adalah fardhu, dan tahiyat awal adalah sunnah muakkadah.

maka imam anda telah mendalami hal tsb, dan ia tidak kembali duduk, namun jika imam tidak mengerti lalu duduk lagi, maka dimaafkan atas ketidak tahuannya dan shalatnya tetap sah, namun ia berdosa karena tidak mempelajari rukun shalat jika di wilayah yg banyak para fuqaha dan ulamanya, dan dimaafkan / tidak berdosa jika muallaf atau di wilayah yg jarang atau tidak ada ulamanya.

dan disunnahkan jika ia lupa tahiyat awal tsb, sunnah sujud sahwi, dan jika tidak sujud sahwi pun shalatnya sah karena sujud sahwi hukumnya sunnah.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

Wallahu a'lam

Forum silahturahmi jama'ah Majelis Rasulullah, klik disinihttp://groups.yahoo.com/group/majelisrasulullah


Peduli Perjuangan Majelis Rasulullah saw
No rekening Majelis Rasulullah saw:
Bank Syariah Mandiri
Atas nama : MUNZIR ALMUSAWA
No rek : 061-7121-494

sumber

© http://carauntuk.com/ana-mau-tanya-misalkan-ada-seorang-imam-yang-salah-rukun-dalam-sholatnya-batal-tidak-sholatnya

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Check Also

Close
Close