forum.majelisrasulullah.org

ahlus-sunnah wal jamaah landasannya adalah hadits Rasul saw : “Barangsiapa yg memisahkan diri dari kelompok muslimin sejengkal lalu ia wafat, maka wafatnya adalah dalam keadaan matinya orang jahiliyah” (Shahih Bukhari hadits no.6724).

 

ahlus-sunnah wal jamaah.. – 2007/01/07 20:45Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh,

Shalawat serta salam semoga tercurah pada Rasulullah SAW beserta keluarganya, sahabat2nya dan pada umat seluruhnya.dan habib,semoga Allah SWT selalu membalas kebaikan habib..

"Wainna hadihil millah sataftariku ala tsalasin wasab'in, tsintani wasab'in finnar wawahidatun fil jannah wahiyal jamaah ".

Apakah ini hadits dhaif ? berhubung bahwa umat Rasulullah SAW akan terbagi menjadi 73 kelompok ? seperti juga hadits dibawah ini :

1. Dari Muawiyah bin Abi Sufyan bahwa Rasulullah SAW bersabda,Umat sebelummu dari ahli kitab terpecah menjadi 72 millah (aliran). Dan agama ini (Islam) terpecah menjadi 73. 72 diantaranya di neraka dan satu di surga. Yaitu Al-Jamaah. (HR. Abu Daud) 

2. Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,Yahudi terpecah menjadi 71 firqah, nasrani terpecah seperti itu juga. Sedangkan umatku terpecah menjadi 73 firqah. (HR. At-Tirmizy, nomor 2564 – Kitabul iman bab Ma Ja`a fi iftiraqi hazdhihil ummat. Abu Isa mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih). 

Trus yang disebut Ahlus-sunnah wal jamaah itu siapa..? apakah ia seorang yang ahli ibadah, ahli qur'an atau ahli ilmu..?

Mohon bantuan habib, maaf jika ada kata-kata yang salah diucapkan. karena kebenaran hanya milik Allah SWT..dan kesalahan datangnya dari manusia..Jazakallah

Wa'alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya
Re:ahlus-sunnah wal jamaah.. – 2007/01/09 12:16Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya keridhoan Nya semoga selalu menuntun saudari dalam kebahagiaan,

saudariku, banyak hadits yg meriwayatkan ucapan itu, ada diantaranya yg shahih, ada yg hasan dan dhoif, haditd itu sebagai tandzir (peringatan) dari rasul saw, agar muslimin tetap dalam kelompok terbanyak dan menghindari permusuhan, dan agar muslimin terus dalam kelompom terbesar dan tidak membuat kelompok baru, ahlussunnah waljamaah adalah mereka yg menjalankan sunnah dan dalam kelompok terbanyak, yaitu keempat madzhab, karena keempat madzhab inilah yg ratusan Imam dan Muhadditsin mengikutinya sebagai penerus syariah yg benar, dan bermunculannya kalangan madzhab dan ajaran yg bertentangan dg mereka maka mereka inilah yg keluar dari ahlussunnah waljamaah. 

landasannya adalah hadits Rasul saw : "Barangsiapa yg memisahkan diri dari kelompok muslimin sejengkal lalu ia wafat, maka wafatnya adalah dalam keadaan matinya orang jahiliyah" (Shahih Bukhari hadits no.6724).

keempat madzhab itu kesemuanya tidak berpecah belah, karena Imam Ahmad bin Hanbal adalah murid Imam Syafii, mereka hidup rukun dan tak bermusuhan, Imam Ahmad bermakmum kepada Imam Syafii dan Imam Syafii memuliakan muridnya itu, 
Imam Syafii adalah murid Imam Malik, dan Imam Malik bersama Imam Hanafi hidup sezaman dan saling bersahabat dan bertukar pendapat, dan keduanya berjumpa dengan sahabat dan Tabi'in, langsung mengambil dari generasi generasi pertama, dan kemudian ratusan Imam dan Muhadditsin dizamannya dalam satu rumpun.

lalu muncullah syiah yg padanya tediri lebih dari 70 golongan, mereka mengkafirkan sahabat Rasulullah saw, lalu muncul khawarij, qadariyah, jabariyah, yg masing masing adalah sesat dan keluar dari ajaran syariah, namun Ahlussunnah waljamaah tetap berdiri dengan tegak, mereka sejalan dg sunnah dan Qiyas para Imam dan muhadditsin.

hingga kini ahlussunnah waljamaah tetap kelompok terbanyak, walaupun sudah sangat banyak kelompok sesat yg muncul dan memisahkan diri dari ahlussunnahwaljamaah dg menyalahkan pendapat para Imam dan Muhadditsin, dg pemahaman yg dangkal mereka menusuk fatwa Imam Imam besar yg hafal jutaan hadits dan pakar pakar syariah di masa lalu.

demikian saudariku,

wallahu a'lam

sumber

© http://carauntuk.com/ahlus-sunnah-wal-jamaah-landasannya-adalah-hadits-rasul-saw-barangsiapa-yg-memisahkan-diri-dari-kelompok-muslimin-sejengkal-lalu-ia-wafat-maka-wafatnya-adalah-dalam-keadaan-matinya-orang-jahiliya

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close