forum.majelisrasulullah.org

ada perbedaan pendapat mengenai Asuransi, namun asuransi syariah adalah halal karena mengumpulkan uang dg dasar tolong menolong.

  • Author
    Posts
  • #112064414


    hendra

    Participant

    ASSALAMU\’ALAIKUM WR.WB

    HABIB MUNZIR YANG SAYA HORMATI DAN SAYA CINTAI
    PERKENANKAN SAYA UNTUK BERTANYA KEPADA HABIB, MOHON KIRANYA HABIB DAPAT MENJAWAB PERTANYAN DARI SAYA.
    APAKAH HUKUMNYA IKUT DALAM ASURANSI, SEPERTI ASURANSI JIWA DLL. KARENA SEKARANG INI SAYA SERING DITAWARI UNTUK MASUK ASURANSI OLEH TEMAN SAYA, YANG KATANYA ASURANSI TSB PENGHITUNGANNYA TIDAK BERDASARKAN BUNGA TAPI PEMBAGIAN HASIL…
    SEBELUMNYA SAYA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS JAWABAN HABIB.
    WASSALAM

    HENDRA

    #112064421


    Munzir Almusawa

    Participant

    alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Ketenangan dan kesejukan hati semoga selalu menerangi hari hari anda

    saudaraku yg kumuliakan,
    ada perbedaan pendapat mengenai Asuransi, namun asuransi syariah adalah halal karena mengumpulkan uang dg dasar tolong menolong.

    namun asuransi yg umum, sebagian ulama menjelaskan bahwa hal itu merupakan hal yg diharamkan, sebagaimana Hadits Rasul saw yg diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nasa\’i dan Ibn Maajah, bahwa Rasul saw melarang perdagangan yg tidak pasti keuntungannya, (Fiqh Islami wa adillatuhu Li wahbah Azzuhaili Juz 5 hal 3415-3429)

    sebagaimana asuransi, yg membayar tak dapat dipastikan akan mendapatkannya, dan yg belum memenuhi target dalam pembayaran bisa saja mendapat keuntungan yg berlimpah.

    namun ada pendapat bahwa mereka yg membayar asuransi yg berniat turut membantu saudaranya yg terkena musibah maka halal, namun tentunya sebagian besar pembayar asuransi adalah bukan untuk menyelamatkan / membantu saudaranya, namun untuk mendapatkan uang saat musibah, walaupun uangnya belum seberapa, ia akan menuntut hak asuransinya.

    dan hal itu sangat merugikan sebagian lainnya yg tak terkena musibah, demikian sebab pelarangannya,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dalam semua cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dg segala cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a\’lam

© http://carauntuk.com/ada-perbedaan-pendapat-mengenai-asuransi-namun-asuransi-syariah-adalah-halal-karena-mengumpulkan-uang-dg-dasar-tolong-menolong

Sponsor 2

Show More

cu.admin

Nama: Arie Ibrahim | Lahir : 16 january 1987 | Lulus : SMA 28 Oktober 1928 jakarta Selatan Tahun 2005 | Keahlian : dibidang komputer. | Ketertarikan: ilmu komputer, ilmu Quran, dan Ilmu Fisika. | Kontak : arie@carauntuk.com adpit31@gmail.com | Pesan : semoga artikel diatas bermanfaat bagi saya pribadi dan yang membutuhkannya, Terimakasih

Related Articles

Close