jump to navigation

ada orang yang tidak sholat tetapi ia ngaku bahwa didalam dirinya itu selalu ada tuhan ?
October 12, 2013

Posted by cu.admin in : forum.majelisrasulullah.org , trackback
ma'rifat – 2006/11/08 16:44Assalamu'alaikum. wr.wb

Semoga limpahan rahmat Allah selalu menaungi Habib dan keluarga berikut umat Rasul di akhir zaman ini. sebelum ana bertanya ana ingin mengucapkan MOHON MAAF LAHIR BATIN.
ana ingin bertanya 

1. bagaimana pendapat habib kalau ada orang yg tdk sholat ttp ia ngaku bahwa ddlm dirinya itu selalu ada tuhan ? apakah mungkin !!

2. dan apa yang dimaksud syariat, tarekat dan ma'rifat, karna ada yang bilang kalau kita sudah ada pada di ma'rifat kita tidak perlu menjalankan syariat dan tarekat lagi, oleh karena itu ana minta penjelasan habib apa yang dimaksud syariat, tarekat dan ma'rifat!!!

  | | Silahkan login terlebih dahulu untuk bertanya

Re:ma'rifat – 2006/11/10 23:20Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Cahaya Rahmat Nya semoga selalu menerangi anda dengan kebahagiaan,

1. mengenai aqidah yg mengaku muslim namun tidak shalat maka tentunya bukan akidah islam, walaupun ia mengaku dihatinya ada Allah, namun dalam hatinya ada banyak syaitan pula, karena Iman kepada Allah mestilah mengakui hukum Allah swt.

namun mengenai aliran kepercayaan yg datang dari ajaran wali songo itu memang mempunyai sejarah yg benar, sebagaimana dijelaskan bahwa para walisongo itu terjun ke pulau jawa mereka tidak mengajari shalat, mereka itu datang memang untuk mengenalkan tauhid, setelah masyarakat suatu wilayah mengenal islam maka mereka pindah pada kampung lainnya dan terus demikian hingga rata seluruh pulau jawa, lalu mereka mendidik murid murid tertentu untuk diajari shalat, zakat dan syariah, lalu ditebarkan lagi di pelosok2 tersebut untuk mengajari lagi syariah pada masyarakat muslimin yg belum mengenal shalat dan syariah lainnya,
namun ada satu dua wilayah yg memang tidak sempat terjamah dengan Da'i kloter kedua ini hingga berabad abad lamanya.

maka ketika da'i da'i dan kyai masa kini mengunjungi mereka, mereka menolak syariat, karena tetap berhukum dengan ajaran wali songo yg memang tak pernah mengajarkan mereka untuk shalat.
padahal sudah ada murid2 wali songo yg mestinya sudah sampai ke wilayah mereka.
entah terbunuh, entah wafat sebelum sampai, entah kejadian lainnya.

yg jelas para walisongo itu membawa tauhid, lalu baru syariah.
dan kelompok aliran kepercayaan itulah dari kelompok yg belum disentuh ajaran syariah dimasa itu.

2. syariah : ajaran Hukum hukum Allah berupa perintah dan larangan yg dibawa oleh nabi Muhammad saw.
tarekat : suatu cara / metode untuk mencapai kekhusyuan dalam dzikir dan mencapai keridhoan Allah swt 
Makrifat : suatu pemahaman / pengetahuan tentang Allah swt.
semakin luas pemahaman seseorang tentang Allah swt maka diakatakan : semakin luas ilmu makrifatnya, ahli makrifat adalah orang yg luas pemahamannya tentang Allah swt, dan gelar utk orang yg sangat dekat dg Allah.

saudaraku, seorang ahli syariah (ahli hukum islam) yg tidak mempunyai ilmu makrifat (mengenal kedekatan dg Allah) maka ia mestilah orang fasiq, ia akan menggunakan ilmunya untuk bermaksiat, menjual ayat, berkhianat dg hukum syariat itu sendiri.
demikian pula tidak bisa memperdalam makrifat bila ia tidak mengamalkan syariah, ini adalah kejahilan pula.

sebagaimana Rasul saw Imam tertinggi dalam ketakwaan dan beliau masih mengamalkan syariat ini bahkan beliau saw lah yg paling gigih mengamalkannya, maka semakin tinggi derajat seseorang akan semakin gigih pengamalannya dalam syariah.

wallahu a'lam

sumber

© http://carauntuk.com/ada-orang-yang-tidak-sholat-tetapi-ia-ngaku-bahwa-didalam-dirinya-itu-selalu-ada-tuhan

Sponsor 2